Menjadi seorang blogger bukanlah perkara mudah jika langsung berorientasi kepada uang, banyak hal yang harus dipelajari jika inging menghasilkan uang lewat blog. Namun jika kamu menjadi blogger dengan tujuan menuangkan ide penulisan dan tidak terlalu peduli tentang mencari pendapatan lewat tulisanmu tersebut, ya itu perkara mudah.

Apa itu blogger? Blogger adalah sebutan bagi ereka yang menjalankan blog atau website. Sedangkan aktivitas mengelola website dinamakan blogging.

Apabila kamu ingin mendapatkan uang dari menulis, maka kamu harus tahu bagaimana caranya dan apa saja tahapannya. Pertama kamu harus tahu bahwa mendapatkan uang dari bidang kepenulisan ini ada banyak macamnya, seperti:

  • Penulis buku
  • Penulis novel
  • Penulis artikel
  • Penulis naskah
  • Dll.

Nah, selanjutnya tentukan salah satu yang sekiranya cocok denganmu, pada artikel ini penulis akan menceritakan pengalamannya menjadi blogger yang bisa menghasilkan uang.

Darimana Blogger Mendapatkan Uang?

Jawaban singkatnya adalah dari iklan yang tayang di dalam website mereka, jika kamu menemukan iklan di situs rubuh.com maka penghasilan penulis didapat dari tayangan dan klik iklan di dalam website tersebut.

Sebetulnya jasa pengiklan yang bisa ditayangkan di dalam website ini ada banyak macamnya, namun kebanyakan blogger memilih untuk memakai pengiklan dari Google AdSense.

Seperti namanya, AdSense adalah layanan milik Google yang mempertemukan pengiklan dan publisher dalam satu ekosistem yang saling berkaitan.

Bagaimana Blogger Mendapatkan Uang?

Seperti yang dijelaskan di atas, blogger menghasilkan uang lewat tayangan dan juga klik iklan. Sistem pendapatannya pun bervariasi, misalnya ada satu orang yang mengklik iklan dalam situs tersebut sehingga menghasilkan Rp 1.000 rupiah dalam sekali klik.

Selanjutnya, ada orang kedua yang mengklik iklan dan menghasilkan Rp 1.500. Meskipun iklan tersebut tayang di dalam website yang sama, namun mempunyai nilai klik yang berbeda karena setiap iklan yang tayang mempunyai bayaran yang berbeda. Misalnya iklan tokopedia tidak akan sama nilainya dengan iklan shopee.

Selain dari klik iklan, seorang blogger juga menghasilkan uang dari jumlah tayangan iklan per seribu tayang. Misalnya iklan tokopedia muncul 1000 kali dalam sehari tanpa diklik (hanya tayang) maka iklan tersebut akan menghasilkan uang senilai Rp 100.000, lagi-lagi nominalnya bervariasi dan tidak bisa dipastikan.

Lantas, bagaimana jika website saya mempunya banyak pembaca namun tidak di dalam website tersebut tidak dipasangi iklan, apakah bisa menghasilkan uang?

Jawabannya adalah tidak, lagi-lagi blogger menghasilkan uang dari iklan yang tayang dalam situs mereka dan tidak ada pilihan lain. Kecuali kamu mempunyai sistem kerjasama dimana kamu mempromosikan sesuatu di dalam websitemu kemudian dibayar, sistem seperti ini bisa dibilang sebagai endorsment yang umum ditemui di sosial media.

Bagaimana Cara Membuat Blog?

Sangat mudah, kamu hanya perlu menggunakan alamat email kemudian mendaftar di situs Blogspot yang saat ini namanya sudah berganti nama menjadi Blogger. Blogger menggratiskan layanannya kepada setiap orang, jadi kamu tidak perlu mengeluarkan modal.

Blogger ini sangat cocok untuk pemula yang sedang belajar cara menghasilkan uang lewat website. Namun, seperti platform gratisan lainnya, layanan di dalam Blogger masih terbatas dan sistem pengelolaannya kebanyakan masih menggunakan kode HTML.

Namun, jika kamu sudah lumayan paham tentang dunia penulisan, khususnya blogger, kamu bisa menggunakan platform WordPress yang didalamnya lebih mudah dijalankan dan dioptimasi. Tidak seperti Blogspot yang masih berupa kode HTML, WordPress lebih memanjakan pengguna dimana mereka menyediakan layanan yang seba praktis.

WordPress ini berbayar, dimana kamu perlu yang namanya hosting. Apa yang dimaksud hosting? Hosting itu semacam server (cloud) yang berfungsi menyimpan semua data-data yang ada di dalam website, seperti foto, postingan, tema, plugin, dan lain-lain.

Bagaimana Cara Membangun Blog Sampai Bisa Menghasilkan Uang?

Jawabannya akan panjang dan ribet, jika sudah berhubungan dengan uang maka kamu tidak boleh main-main lagi, harus fokus dan serius dalam mengelolanya.

Sesuai dengan pengalaman penulis sebagai blogger untuk menghasikan uang maka prosesnya bisa sangat panjang dan ribet. Pertama, website yang kamu kelola sudah layak untuk dimenetisasi (menayangkan iklan) AdSense. Nah, proses monetisasi ini bisa lama, bisa cepat tergantung skil yang kamu miliki.

Syarat Blog Diterima AdSense

  • Tema

Tema itu paling dasar, pada intinya google akan melihat kecepatan template dalam memuat konten di blog tersebut. Semakin cepat, semakin bagus. Lupakan dulu masalah estetik, pernak pernik yang gak perlu, yang penting loadingnya cepet dan ketrima adsense barulah ganti template yang estetik/menarik.

*Sekarang sudah banyak template cantik tapi juga cepet, silahkan cari sendiri.

  • Outbound link

Apa itu? Link yang mengarah ke luar dari sebuah situs (dari situs A ke situs B). Sebaiknya tidak ada outbound link sebelum keterima adsense. Entah valid atau tidak tapi saya lakuin dan berhasil.

  • Page/laman

Halaman itu beda sama postingan ya. Pastikan di blogmu sudah ada halaman Tentang Kami, Privacy Policy, Disclaimer, dan sejenisnya. Adanya halaman tersebut akan menaikan citra sebuah blog di mata google.

  • Kualitas artikel

Artikel itu gak bisa asal tulis, asal posting, kamu harus tau yang namanya SEO (Search Engine Optimization). Perlu yang namanya riset kata kunci, riset persaingan, dan riset cpc.

Untuk website rintisan, sebaiknya buat artikel secara manual jangan copas dan esensi pembahasan dari kata kunci yang kamu pilih harus tersampaikan dengan detaip pada artikel tersebut.

Sebab, algoritma google itu ribet! Gak bisa asal tulis jebret posting, kalau gak pakai riset ya hasilnya cuma hoki-hokian aja berharap ada trafik organik nyasar ke situ.

Kualitas itu dinilai dari panjang tulisan, informasinya tersampaikan atau tidak, keywordnya merata atau tidak, meta deskripsi, permalink, optimasi image. Kalau gak berkualitas biasanya ditolak adsense dengan alasan low value content.

Mau artikelnya nge-rank? Silahkan belajar sendiri SEO on page.

  • Backlink

Backlink itu link ke situs (mu) yang berasal dari web lain. Misal saya nulis di Quora terus saya kasih link blog saya, itu jadi backlink. Tapi saya cek link dari quora gak masuk itungan backlink sih.

Makin banyak backlinkmu, makin bagus. Tapi jangan spam, kena semprot nanti.

  • Jumlah visitor

Kalau poin-poin di atas terpenuhi maka visitor akan datang sendiri, dijamin deh. Paling gak sehari 100 organik trafik. Kalau blog mu sudah ada visitornya ya berarti udah layak buat nayangin iklan.

Logika aja deh, blog mu ga ada visitor, terus yang mau nonton iklan siapa, buat apa juga pengiklan masang produk mereka di tempat sepi. Penghasilan juga berbanding lurus sama visitor.

Penutup:

Kebetulan penulis dalam setahun terakhir memang fokus belajar bagaimana caranya  menghasilkan uang dari bidang kepenulisan khususnya blogger. Seperti yang sudah sering kamu dengar, perlu konsistensi dan ketekunan dalam belajar.

 

Write A Comment