Indriver merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi dengan berbasis internet/dairing yang berdiri sejak tahun 2012. Namun perusahaan ini baru beroperasi di Indonesia mulai tahun 2021. Pada awal mulanya, Indriver hanya menyediakan layanan transportasi dengan jenis kendaraan roda empat.

Demi melakukan perkembangan dan mengikuti tren pasar ojek online di Indoensia yang lebih banyak menginginkan  jasa transportasi online dengan jenis kendaraan sepeda motor, Indriver pun mulai menyediakan layanan transportasi ojek online roda dua/motor. Bagi kalian yang berminat ingin mendaftar menjadi driver ojek online sebagai mitra Indriver, berikut langkah-langkahnya.

Apa itu inDrive?

Apa itu inDrive?

inDrive (sebelumnya dikenal sebagai inDriver) merupakan layanan transportasi online internasional asal Rusia yang beroperasi di lebih dari 700 kota di 47 negara, dengan jumlah pengguna mencapai lebih dari 150 juta. Kantor pusat perusahaan ini terletak di Mountain View, California, Amerika Serikat. Dengan jumlah unduhan yang tinggi, inDrive berhasil menjadi aplikasi berbagi tumpangan dan taksi terbesar kedua di dunia. Peluncurannya secara resmi dilaksanakan pada tahun 2013.

Perhatian khusus terhadap inDrive muncul di industri ride-hailing Indonesia. PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO), sebagai emiten teknologi, tidak menganggap inDrive sebagai pesaing sejati dalam kelasnya. Walaupun Gojek tetap mendominasi pasar, inDrive berhasil memikat perhatian pengguna dengan menerapkan model bisnis yang unik. inDrive mengusung konsep “tarif adil,” memungkinkan pengguna untuk menentukan harga perjalanan mereka sendiri.

inDrive sukses menjadi salah satu layanan transportasi penumpang internasional dengan pertumbuhan tercepat, mengadopsi model Peer-to-Peer (P2P). Di platform inDrive, semua syarat perjalanan ditentukan melalui kesepakatan antara penumpang dan pengemudi.

inDrive tidak hanya beroperasi di kota-kota besar dengan tingkat persaingan tinggi, tetapi juga di kota-kota kecil dengan populasi sekitar 10 ribu jiwa. Kebanyakan kota kecil ini memiliki akses internet yang terbatas dan tidak dilengkapi dengan peta pemukiman. Menurut laporan dari OZY, biaya yang dikenakan pada penghasilan pengemudi inDrive hanya sekitar 5-8% dari tarif, jumlah yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan layanan transportasi online besar lainnya.

Syarat Daftar Menjadi Driver Motor Di Indriver

Daftar Menjadi Driver Motor Di Indriver

Sebelum mengetahui bagaimana cara daftar menjadi driver ojek online motor di InDriver, ada beberapa syarat yang telah ditetapkan dan wajib hukumnya untuk dipenuhi bagi calon pelamar. Beberapa syarat tersebut antara lain:

  1. Memiliki Smartphone.
  2. Memiliki motor dengan status aktif pajak dengan minimal keluaran tahun 2009.
  3. Foto STNK dan surat pajak.
  4. Swafoto dengan pakain rapi dan sopan.
  5. Foto kendaraan yang dimiliki lengkap dengan plat nomor yang terlihat jelas.
  6. Foto SIM yang masih aktif.
  7. Swafoto memegang SIM.
  8. Foto SKCk aktif.

Selain tentang berbagai persyaratn pendaftaran yang telah disebutkan di atas, InDriver juga menetapkan perturan bagi para mitranya untuk melakukan pengisian ulang saldo aplikasi sebesar Rp 9.000,00. Besarnya minimal pengisan ulang ini mengalami pengurangan dibandingankan dengan penetapan pertaman yang mewajibkan para mitra driver di InDriver harus melakukan isi ulang saldo dengan jumlah minimal Rp 50.000,0o

Kewajiban pengisian ulang saldo ini bertujuan agar pengemudi memastikan adanya kredit yang cukup untuk dapat menerima permintaan jalan.

Cara Daftar InDriver Motor

Setelah merasa dapat melengkapi semua persyaratan yang telah disebutkan di atas, kalian bisa langsung melakukan pengajuan pendaftaran menjadi driver di Indriver. Mengutip dari halaman indriverjob.com, berikut adalah cara daftar Indriver motor:

  1. Mengunduh aplikasi indriver di ponsel/smartphone.
  2. Memasukan nomor Hp yang masih aktif.
  3. Memasukan nama lengkap.
  4. Tekan garis tiga di kiri atas, lalu tekan menu Beralih ke pengemudi.
  5. Klik Lewati.
  6. Geser tombol merah Offline ke kanan.
  7. Baca syarat dokumen yang dibutuhkan. Jika sudah, klik Mulai pendaftaran.
  8. Pilih jenis kendaraan yang akan digunakan.
  9. Masukkan identitas dan spesifikasi motor yang akan digunakan.
  10. Masukkan kelengkapan identitas seperti jenis kelamin, tanggal lahir, dan email.
  11. Mengunggah semua swafoto yang diperlukan.
  12. Masukkan nomor SIM, unggah SKCK.
  13. Selesai,

Pendaftaran akun telah selesai dilakukan. Tinggal menunggu proses verifikasi pendaftaran akaun yang biasayanya akan berlangsung selama 1×24 jam. Jika pendaftaran akun dinilai lolos verifikasi, akun akan segera dilakukan pengaktifkan dan langsung dapat melakukan pengambilan orderan.

Keuntungan Menjadi Mitra Driver Di InDriver.

Setiap perusahaan penyedia layanan transportasi online akan memiliki keuntungan tersendiri yang akan diberikan kepada para mitra driver mereka, termasuk Indriver. Berikut adalah beberapa keuntungan yang didapatkan ketika menjadi mitra driver aktif di Indriver.

  1. Tidak diberlakukannya potongan untuk 6 bulan hingga 1 tahun pertama.
  2. Setelah tercatat sebagai mitra driver aktif lebih dari satu tahun, akan dibebankan potongan komisi yang relatif kecil, yakni rentang 0-9,5% dari pendapatan.
  3. Proses pengajuan pendaftaran dan verifikasi yang terbilang cukup cepat.
  4. Mitra driver dapat menentukan sendiri besarnya tarif perjalanan.
  5. Memiliki waktu kerja yang fleksibel.

Berapa Komisi Yang Didapatkan Driver InDriver?

Berdasarkna keputusan yang telah dibuat oleh perusahaan, besarnya komisi yang diberikan kepada para mitra driver Indriver adalah sebesar 10%. Besarnya komisi tersebut dinilai lebih rendah dibanding besarnya biaya komisi yang telah ditetapkan oleh Kementrian Perhubungan yang telah menetapkan besarnya biaya penyewaan aplikasi bagi para mitra paling besar adalah 15%.

Director of Ride-Hailing (APAC) inDrive Roman Ermoshin mengklaim jika besarnya komisi yang ditetapkan oleh Indriver menjadi yang paling rendah dibandingkan dengan komisi yang ditetapkan oleh perusahan ride-hailing lainnya di Indonesia, maupun global.

Cara Daftar inDriver Motor Tanpa SKCK

Banyak sekali pertanyaan yang menayakan apakah dalam melakukan pendafataran mitra driver motor di Indriver bisa dilakukan tanpa menggunakan SKCK?  Jawabannya adalah BISA! Bagi kamu yang mungkin tidak bisa melengkapi persyaratan SKCK ketika ingin melakukan pendaftaRan sebagai mitra driver di Indriver, kamu dapat melampirkan screenshot profil driver akun taxi/ojek online atas nama pribadi, seperti :

  • grabcar / grabbike
  • gocar / gojek
  • Lalamove
  • klik go
  • deliveree
  • okejack
  • Nujek
  • bluebird / goldenbird
  • taksi lokal
  • Dan bisa juga dengan SKBB yang terbaru dari kelurahan / kecamatan

Baca Juga : Apa Itu THP Dalam Gaji Karyawan?

Penutup

Mencoba melakukan pendaftaran sebagai mitra driver di Indriver mungkin dapat menjadi solusi bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan ataupun sedang membutuhkan pekerjaan paruh waktu. Banyak keuntungan yang ditawarkan dan juga memiliki kemudahan dalam melakukan pendaftaran akun, menjadikan Indriver sebagai salah satu perusahaan ride hailing yang bisa dicoba dijadikan mitra. Berbekal artikel tentang cara daftar Indriver motor di atas, seharusnya tidak ada kebingungan ataupun kesulitan lagi jika ingin melakukan pendaftaran.

Bila kamu tertarik untuk menjadi mitra ataupun driver ojek online selain inDrive, kamu bisa membaca bagaimana pengalaman menjadi ojek online. Kisah tersebut diambil dari beberapa pengemudi yang penulis kenal secara pribadi.

 

 

Author

Write A Comment