Tidak semua orang mempunyai kartu kredit karena memang bukan kebutuhan yang sifatnya prioritas. Namun, terkadang adanya kartu kredit ini sangat membantu dalam hal transaksi belanja, baik itu online maupun offline.

Apa itu kartu kredit?
Kartu kredit adalah alat pembayaran secara non-tunai dengan menggunakan kartu yang diterbitkan oleh sebuah bank.

Salah satu kartu kredit yang banyak digunakan masyarakat adalah kartu kredit BRI. Pada era serba modern seperti ini, alat pembayaran yang mudah, cepat, dan dapat digunakan untuk membayar/membeli banyak hal tentu sangat diperhitungkan.

Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh produk keluaran perbankan ini menjadi daya tarik sendiri bagi penggunanya. Bagi penulis sendiri menggunakan kartu kredit BRI untuk membeli tools atau layanan online lainnya demi menunjang kinerja website. Nah, banyak sekali perusahaan luar negeri yang mengutamakan kartu kredit karena transfer bank lokal tidak bisa digunakan.

Bagi para pekerja yang mempunyai gaji tinggi, tentu sangat mudah untuk membuka layanan pembayaran non-tunai ini. Lantas, bagaimana cara membuat kartu kredit BRI tanpa slip gaji? Apakah bisa membuat kartu kredit tanpa slip gaji?

Syarat Pembuatan Kartu Kredit

Secara resmi, pembukaan kartu kredit BRI mempunyai beberapa syarat guna memvalidasi apakah seseorang layak untuk menggunakannya. Perlu diketahui bahwa kartu kredit menggunakan sistem ‘hutang’ alias kredit, kamu bisa menggunakannya di awal tapi harus melunasinya di akhir.

Berikut ini beberapa syarat yang diperlukan untuk membuat kartu kredit BRI:

  1. Berusia minimal 21 tahun
  2. Fotokopi KTP
  3. Slip gaji
  4. NPWP

Lho, katanya bisa bikin kartu kredit BRI tanpa slip gaji tapi kenapa poin tersebut malah muncul di persyaratan? Tenang saja, slip gaji ini bisa dialihkan dengan metode verifikasi lain, seperti rekening koran atau mutasi rekening selama 3 bulan terakhir.

Baca juga:   Cara Menolak Offering Letter Karena Gaji

Penulis pribadi menggunakan mutasi rekening untuk mengajukan pembukaan kartu kredit dan untungnya disetujui.

Cara Membuat Kartu Kredit BRI Tanpa Slip Gaji

Bank Rakyat Indonesia salah satu top perbankan memprioritaskan pemohon yang mempunyai slip gaji.  Namun bagaimana jika dalam proses pengajuan, pemohon tidak dapat melengkapi persyaratan pelampiran slip gaji?

Tenang! Masih ada cara membuat kartu kredit BRI tanpa slip gaji. Berikut adalah metode penggantian yang dapat dilakukan:

Menggunakan Kartu Kredit Berjamin

Secured credit card (SCC) alias kartu kredit dengan jamin memiliki fitur yang tak jauh berbeda dengan kartu biasa. Bedanya, SCC tidak memperhitungkan status pekerjaan dan besaran penghasilan. Sebagai gantinya, kartu kredit dengan jaminan ini mewajibkan dana penjamin pada rekening yang sama dengan bank penerbit SCC.

Bentuk jaminan ini dapat berupa dana tabungan atau deposito. Dengan begitu cara membuka kartu kredit BRI tanpa slip gaji pun lebih mudah disetujui selama dana jaminan tersedia.

Besaran dana juga digunakan pihak bank sebagai besaran limit kartu kredit. Mudahnya, makin banyak dana penjamin, makin besar pula limit kartu yang bisa didapat.

Kartu Kredit Berjamin, merupakah salah satu cara membuat kartu kredit BRI tanpa slip gaji. Namun dalam prosedur pembuatannya, calon pengguna/pemohon harus menyiapkan deposit dalam bentuk uang sejumlah 3 juta terlebih dahulu guna kepentingan jaminan.

Menggunakan Rekening Tabungan

Kamu bisa menggunakan data mutasi rekening

Data yang terlampir pada sebuah rekening koran yang tercetak adalah rincian mengenai alur debit dan kredit, termasuk dari dana hasil transfer masuk atau keluar.

Penggunaan rekening tabungan untuk menggantikan slip gaji sebagai syarat pembuatan kartu kredit BRI dapat dilakukan. Namun besarnya nominal yang terdapat pada rekening tabungan akan menjadi pertimbangan utama oleh bank BRI dalam mengambil keputusan.

Baca juga:   Daftar Pinjaman Online Ilegal Tidak Usah Dibayar

Menggunakan Surat Keterangan Penghasilan(KSP)

Meskipun kelihatannya sama, KSP dengan slip gaji merupakan dua hal yang berbeda. Perbedaan antara dua hal tersebut terletak pada isi. Slip gaji berisikan besarnya nominal pendapatan seorang karyawan(biasanya dalam satu bulan) yang tulis secara rinci dan lengkap. Sedangkan KSP hanya berisikan pendapatan seorang karyawan secara sederhana.

Cara pengajuan Kartu Kredit BRI

Setelah dapat melengkapi semua syarat yang tertera di atas, berikut langkah cara pembuatannya:

Secara Offline

  1. Mendatangi Kantor Cabang BRI terdekat dengan membawa syarat yang dibutuhkan.
  2. Sampaikan keinginan pembuatan kartu kredit kepada Customer Service yang berjaga.
  3. Melakukan pengisian formulir pengajuan.
  4. Tunggu hingga proses penerbitan kartu kredit selesai.

Secara Online

  1. Buka web browser di ponsel ataupun komputer kalian
  2. Kunjungi website https://kartubri.co.id/apply.
  3. Pilih jenis kartu kredit yang ingin digunakan.
  4. Apply kartu
  5. Siapkan syarat dokumen yang dibutuhkan.
  6. Setujui syarat dan ketentuan.
  7. Mulai mengisi.

Cara Cek Pengajuan Kartu Kredit BRI

Cara untuk mengecek status pengajuan kartu kredit BRI dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Menghubungi call center BRI(14017).
  2. Menunggu sms konfirmasi dari pihak BRI setelah 14 hari kerja semenjak  pengajuan dilakukan.

Baca jugaCara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Surat Pengalaman Kerja

Penutup

Pembuatan kartu kredit BRI tetap bisa dilakukan meskipun slip gaji tidak dapat di ikut sertakan dalam persyaratan. Ada beberapa metode penggantian yang dapat dijadikan opsi agar proses pengajuan dapat tetap dilakukan. Namun di balik semua itu, ada satu hal yang juga penting yaitu pemakaian.

Sistem paylater dengan limit yang besar, kadang kala membuat pengguna lupa diri hingga mencapai over limit dan akibatnya akan kesulitan ketika membayar tagihan.Maka dari itu perlu adanya management penggunaan yang bijak agar tidak mempersulit diri sendiri.

Baca juga:   Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Surat Pengalaman Kerja

 

Write A Comment