Gaji  

Cara Mengambil Gaji Youtuber

Cara Mengambil Gaji Youtuber

Perkembangan dunia digital yang semakin hari terasa semakin pesat, membuat sebagian banyak orang(terutama kaum millennial) berbondong-bondong mencoba peruntungan mencari pundi-pundi pendapatan melalui berbagai macam platform layanan digital yang tersedia. Salah satu profesi yang akhir-akhir ini yang menjadi pilihan banyak orang adalah menjadi seorang youtuber.

Youtuber pada umumya dapat diartikan sebagai sebutan yang disematkan pada seseorang yang menggunakan layanan platform digital YouTube. Namun saat ini Youtuber lebih banyak orang yang mengartikan sebagai seseorang yang bukan hanya menjadi pengguna YouTube semata, namun juga rutin dalam melakukan pengunggahan video konten, dengan tujuan akhir menghasilkan uang.

Mungkin bagi orang-orang yang belum mencoba profesi ini, akan mengira menjadi Youtuber adalah sebuah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Hanya perlu mengunggah beberapa video, lalu bisa mendapatkan banyak uang dan menjadi kaya raya seperti Raffi Ahmad. Kalau bermimpi jangan ketinggian kawan, untuk menjadi kaya tidak semudah itu, wkwkwk.

Banyak sekali peraturan-peraturan dan syarat yang harus kamu penuhi jika ingin menghasilkan uang dari YouTube. Kamu harus mengetahui dan memahami algoritma-algoritma YouTube yang mungkin semakin kesini semakin terasa rumit. Butuh kesabaran, kepintaran dan juga kekonsistenan agar menjadi seorang YouTuber yang bisa menghasilkan uang. Tapi kalau kamu punya modal, bisa juga sih lewat jalur belakang, hehehe.

Syarat Untuk Mendapatkan Uang Dari YouTube

Sudah dijelaskan pada uraian di atas, jika kamu ingin menjadi seorang Youtuber yang mampu menghasilkan uang, tidak hanya berpatokan pada seberapa banyak video yang kamu unggah dan juga seberapa lama durasi video yang kamu buat. Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh sebuah channel YouTube, agar dapat melakukan monetisasi dan mendapatkan uang.

Berikut ini adalah beberapa pencapaian yang harus didapatkan dan dilakukan oleh sebuah chanel, jika ingin dinilai layak dan memenuhi kriteria persyaratan agar bisa melakukan monetisasi chanel:

  1. Chanel setidaknya harus memiliki 1.000 subscriber.
  2. Tinggal di wilayah yang termasuk dalam program YouTube Partner.
  3. Video yang diunggah bukan merupakan video plagiat.
  4. Semua konten video yang diunggah, setidaknya telah ditonton selama 4.000 jam tayang dalam setahun.
  5. Melakukan verifikasi dua langkah dan mematuhi pedoman komunitas.

Setelah chanel yang kamu bangun telah memenuhi beberapa kriteria dan syarat yang telah ditetapkan oleh pihak YouTube di atas, kamu dapat melakukan pengajuan permohonan peninjauan monetisasi.

Syarat Mencairkan Uang Dari YouTube Melalui Google AdSense

Jika chanel yang kamu miliki telah dinyatakn lulus dalam penijuan monetisasi, kamu akan dinyatakan layak untuk mendapatkan imbalan dari penggunggahan konten video yang kamu lakukan. Bagi kamu yang ingin melakukan penarikan pendapatan yang kamu miliki di YouTube, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi agar pendapatan yang kamu dapatkan, dapat masuk kedalam rekening pribadi yang kamu miliki.

  1. Memiliki akun Google AdSense.
  2. Menghubungkan akun channel YouTube yang dimiliki dengan akun Google AdSense yang dimiliki.
  3. Melakukan verifikasi Google AdSense.
  4. Minimal saldo yang dimiliki untuk dapat dilakukan penarikan adalah sebesar $100.

Pada umumnya, jika semua persyaratan diatas berhasil untuk dipenuhi dan dinyatakan lolos peninjuaan, pendapatan yang dimiliki akan ditransfer ke akun Google AdSense yang telah kamu kaitkan secara langsung setiap bulannya. Untuk waktu penarikan saldo dari Google AdSense ke rekening pribadi dapat dilakukan setiap tanggal 21 hingga 25 setelah pengiriman pembayarannya dikonfirmasi oleh pihak Google.

Cara Mengambil Gaji Youtuber Melaiui Google AdSense

Setelah kamu mendapatkan konfirmasi pembayaran yang dikirimkan oleh Google ke akun Google AdSense yang kamu miliki, langkah selanjutnya kamu dapat melakukan pencairan dana menuju ke rekening pribadi yang kamu miliki dengan berbagai cara berikut ini:

1. Melalui Western Union

Western Union yang merupakan penyedia layanan transfer uang antar negara, yang saat ini layanannya sudah hampir dapat digunakan di seluruh wilayah di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Untuk melakukan pengambilan gaji Youtuber melalui Western Union, kamu dapat menggunakan langkah-langkah berikut ini:

  1. Lengkapi dokumen kartu identitas (KTP/SIM)
  2. Pastikan nama asli sesuai dengan akun AdSense
  3. Cetak bukti pembayaran dari Google di akun AdSense
  4. Dapatkan kode MTCN atau PIN
  5. Datang ke kantor western union terdekat
  6. Isi formulir western union

2.Melalui Cek

Cara selanjutnya yang dapat digunakan untuk melakukan pengambilan gaji Youtuber adalah melalui cek tertulis. Namun sayanganya cara ini baru bisa digunakan oleh Youtuber  yang tinggal atau berdomisili di Amerika.

3.Melalui Transfer Bank

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk melakukan pengambilan gaji Youtuber adalah melalui transfer bank secara langsung. Cara ini mungkin menjadi cara yang paling mudah dan paling banyak digunakan oleh Youtuber masa kini karena layanannya yang dinilai lebih mudah, simpel dan juga sudah tersedia hampir di seluruh negara.

Berikut ini adalah langkah-langakah melakukan pengambilan gaji Youtuber adalah melalui transfer bank:

  1. Masuk ke akun AdSense yang terkait dengan channel YouTube.
  2. Pada panel navigasi kiri, klik Pembayaran
  3. Klik Tambahkan metode pembayaran
  4. Pilih tombol radio untuk ‘Transfers bank ke rekening bank’
  5. Klik Lanjutkan
  6. Masukkan informasi rekening bank dan klik Konfirmasi dan lanjutkan

Baca Juga: Bagaimana Cara Perhitungan Gaji Youtuber?

Di Negara Indonesia yang kita cintai ini , ada dua jenis Google AdSense yang dapat digunakan, yaitu Google AdSense IDR dan US. Dari dua jenis akun AdSense tersebut memiliki perbedaan dalam segi metode penarikan dana setelah pihak Google menerapkan adanya country akun, sehingga diharapkan para pengguan Google melakukan pendaftaran akun sesuai dengan domisili tempat tinggal.

Pada pengguna akun Google AdSense dapat melakukan penarikan dana melalui transfer bank secara langsung. Sedangkan bagi pengguna Google AdSense dapat melakukan penarikan dana melalui Western Union dan transfer bank.

Sekian informasi mengenai bagaimana cara mengambil gaji Youtuber melalui Google AdSense, semoga informasi tersebut bermanfaat. Terimakasih telah membaca…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *