Cara Mengecek Gaji TikTok Saat ini platform musik video TikTok menjadi salah satu platfrom yang paling banyak digunakan oleh para konten kreator untuk dapat menghasilkan uang. Perkembangan TikTok yang mengalami peningkatan yang luar biasa menjadikannya salah satu platform pilihan utama bagi sebagian banyak orang untuk dapat meraup pundi-pundi rupiah.

Selain menjadi konten kreator, TikTok juga menyediakan fasilitas lain bagi para penggunanya untuk dapat menghasilkan uang melalui platform video musik tersebut. Beragam fasilitas penghasil uang selain menjadi konten kreator antara lain adalah program menjalankan misi, donasi, TikTok maket dan masih banyak lagi.

Jika kamu berminat menjadi seorang konten kreator video ataupun ingin mendapatkan penghasilan dari TikTok dengan cara lain, kamu harus mengetahui bagaimana cara mengecek gaji TikTok. Hal ini  menjadi sangat penting untuk kamu pahami dan pelajari agar kamu dapat mengetahui berapa besar income atau pendapatan yang telah kamu peroleh setelah rutin melakukan pengunggahan video.

Pada artikel kali ini, Rubuh.com akan membahas secara lengkap tentang bagaimana cara melakukan pengecekan gaji pada platform aplikasi TikTok agar kamu menjadi paham seberapa besar pendapatan yang kamu peroleh dari rutinitasmu melakukan upload video atau menjalankan berbagai fitur penghasil uang pada aplikasi TikTok.

Cara Mengecek Gaji TikTok

Cara mengecek gaji TikTok sebenarnya dapat kamu lakukan dengan mudah. Ada dua cara yang dapat kamu gunakan, yaitu melalui  pengecekan secara langsung di aplikasi dan juga melalui website. Penjelasan mengenai dua cara untuk mengecek gaji pada platform TikTok adalah sebagai berikut :

1. Cara Mengecek Gaji Melalui Aplikasi

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui berapa gaji yang kamu peroleh dari TikTok adalah melihatnya langsung pada aplikasi. Mengecek gaji TikTok menggunakan cara ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan, karena kamu hanya perlu masuk pada aplikasi TikTok yang telah rutin kamu gunakan setiap harinya. Berikut ini adalah langkah-langkah bagaimana cara mengecek gaji TikTok melalui aplikasi:

  1. Buka aplikasi TikTok yang berisikan akun yang kamu miliki.
  2. Kilik pada menu pilihan” Profil”
  3. Klik pada ikon yang bergambar “Titik tiga” yang biasanya terdapat pada pojok kanan layar
  4. Pilih menu ” Creator Tools”
  5. Klik “TikTok Creator Funds”

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, besarnya pendapatan atau income yang kamu dapatkan akan ditampilkan pada layar. Namun perlu kamu ketahui, besarnya pendapatan yang kamu dapatkan mungkin berbeda-beda disetiap bulannya. Hal ini karena besarnya pendapatan yang kamu dapatkan tergantung pada jumlah penonton yang kamu dapatkan dari video yang kamu unggah jika kamu menjadi seorang konten kreator.

Sedangkan jika kamu mencoba mendapatkan uang dari TikTok melalui cara lain seperti program menjalankan misi, besarnya pendapatanmu akan tergantung pada berapa poin yang kamu dapatkan dari penjalanan misi tersebut.

2. Cara Mengecek Gaji Melalui Website

Mengecek gaji Tiktok melalui halaman website merupakan cara kedua yang dapat kamu gunakan. Ada beberapa website yang menyediakan fitur layanan kalkulator TikTok untuk mengetahui pendapatan dari penggunanya. Berikut adalah website yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pengecekan gaji:

  • Influencermarketinghub.com
  • Likigram.com
  • Feedpixel.com
  • Plerdy.com
  • Exolyt.com

Lima website di atas telah menyediakan layanan fitur TikTok money calculator yang dapat kamu akses dan gunakan secara gratis. Gar lebih jelas, berikut ada satu contoh mengenai langkah-langkah bagaimana cara melakukan pengecekan gaji TikTok melalui salah satu website, yaitu Feedpixel.com

  1. Buka website Feedpixel.com melalui ponsel atau komputer kamu.
  2. Pada halaman pertama, isikan username dari akun TikTok yang kamu miliki dan ceklist pada kolom Captcha, lalu klik pada menu pilihan “Calculate”
  3. Jika username akun yang kamu masukan benar, kamu akan ditampilkan tentang besarnya pendapatan yang  didapatkan oleh akun yang kamu masukan.

Bukan hanya dapat menghitung pendapatan, Feedpixel.com  juga dapat menunjukkan berbagai informasi mengenai akun yang telah kamu masukan seperti : jumlah pengikut, jumlah konten yang di unggah, jumlah like yang didapatkan dan  juga hasil engagement rate profil dan engagement rate 34 konten terakhir. Selain itu, Feedpixel.com juga dapat kamu gunakan untuk melakukan pengecekan informasi akun orang lain.

Besarnya Gaji TikTok Pemula

Layaknya aturan yang diterapkan pada platform musik video lainnya pada para penggunanya dalam urusan pendapatan, besarnya gaji yang didapatkan oleh seorang tiktokers(sebutan untuk pengguna aplikasi TikTok) tentu saja akan sangat dipengaruhi oleh banyaknya penayangan dari video yang diunggah dan juga jumlah pengikut atau followers yang dimiliki. Sehingga semakin banyak followers dan jumlah penayangan yang dimiliki, maka semakin besar pula pendapatan per bulan yang akan didapatkan.

Mengenai besarnya gaji yang didaptkan oleh seorang pengguna tiktok pemula, mungkin kamu dapat melihat rate pendapatan dari 1000-2 juta followers pada tabel dibawah ini, guna dijadikan seabgai barang pertimbangan:

No Jumlah Followers Rata-Rata Gaji
1  1K  Followers Rp100.000 – Rp300.000
2  10K Followers Rp300.000 – Rp1.000.000
3  100K Followers Rp1.000.000 – Rp3.000.000
4  250K Followers Rp3.000.000 – Rp5.000.000
5 500K Followers Rp7.000.000 – Rp10.000.000
6  1M Followers Rp13.000.000 – Rp50.000.000
7  2M Followers Rp50.000.000 – Rp100.000.000

Baca Juga : Cara Mengecek Bantuan Subsidi Gaji

TikTokers Berpenghasilan Tertinggi Di Dunia

Pendapatan seorang TikTokers yang sudah memiliki jutaan followers memanglah sangat fantastis. Mereka dapat meraup pendapatan milyaran rupiah dalam satu bulan hanya melalui unggahan video yang mereka buat. Melansir dari halaman Forbes, berikut ini ada 5 TikTokers yang memiliki penghasilan tertinggi di dunia pada tahun 2022 lalu :

1. Charli D’Amelio

Cara Mengecek Gaji TikTok

Jumlah pengikut di TikTok : 100,7 juta 

Pendapatan : US$17,5 juta (Rp 257,95 miliar)

2. Dixie D’Amelio

Cara Mengecek Gaji TikTok

Jumlah pengikut di TikTok : 55,3 juta

Pendapatan : US$10 juta (Rp 147,4 miliar)

3. Addison Rae

Jumlah pengikut di TikTok : 85,2 juta

Pendapatan: US$8,5 juta (Rp 125,3 miliar)

4. Bella Poarch

Jumlah pengikut di TikTok : 92,5 juta

Pendapatan: US$5 juta (Rp 73,7 miliar)

5. Josh Richards

Jumlah pengikut di TikTok : 25,8 juta

Pendapatan: US$5 juta (Rp 73,7 miliar)

Dari kelima artis TikTok dunia yang terkenal di atas, apakah kamu menjadi salah satu dari followers mereka?

Berikut adalah informasi mengenai cara mengecek gaji TikTok secara lengkap yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pengecekan pada akun TikTok yang kamu miliki. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan terimakasih telah membaca….

Author

Write A Comment