Industri permusikan negara Korea Selatan atau lebih sering di sebut K-Pop menjadi salah satu industri musik yang bisa dibilang cukup besar saat ini. Menjadi salah satu genre musik yang memiliki penggemar fanatik dan ikonik yang tersebar hampir di seluruh dunia menjadikan music K-Pop sebagai salah satu genre musik yang patut untuk diperhitungkan. Namun di balik ketenaran dan kemewahan yang tampak dimiliki oleh para idol-idol K-pop, bagaimana sistem pembayaran gaji mereka? Dan berapa penghasilan para idol-idol K-Pop itu hingga mereka bisa mendapatkan kehidupan mewah seperti itu?

Sumber Pendapatan Idol K-Pop?

Melihat perkembangan industri musik K-Pop yang sudah sangat besar seperti sekarang ini, tentu saja merupakan sebuah ladang bisnis yang menjanjikan bagi para idol-idol musik korea dan tak terkecuali bagi para agensi-agensi yang menaungi mereka.

Memiliki berbagai macam sumber pendapatan dengan nominal yang tentu saja  fantastis, menjadikan idol-idol K-pop yang sudah terkenal dapat menjalani kehidupan yang tampak mewah itu. Berikut adalah sumber-sumber pendapatan para idol K-Pop yang mungkin perlu untuk kalian ketahui:

  1. Penjualan Album.
  2. Tiket Konser.
  3. Penjualan Merchandise.
  4. Pengisi Acara
  5. Akting drama atau pengisi soundtrack drama.
  6. Hak cipta lagu.

Namun dari sekian banyak sumber penghasilan yang didapatkan oleh para idol-idol K-pop tidak serta-merta semua hasilnya akan masuk ke dalam kantung pribadi mereka semua, masih ada perhitungan bagi hasil antara idol dengan management/ agensi yang menaungi mereka.

Bagaimana Sistem Gaji Idol K-pop?

Berikut sistem gaji idol K-pop dan persentase pembagian hasil yang diterpakan oleh beberapa agensi K-Pop terkenal di Korea Selatan :

  SM Entertaiment YG Entertaiment JYP Entertaimnet Big Hit Entertaiment
Lama Kontrak 7 tahun 7 Tahun 7 Tahun 7 Tahun
Penjual Fisik Agensi (95%) Artis (5%) Agensi (50%) Artis (50%) Agensi (50%) Artis (50%) Agensi (50%) Artis (50%)
Penjualan Fisik Terbaru Agensi (90%)

Artis (10%)

Agensi (30%)

Artis (70%)

Agensi (30%)

Artis (70%)

Agensi (30%)

Artis (70%)

Acara Agensi (60%) Artis (40%) Agensi (40%) Artis (60%) Agensi (60%) Artis (40%) Agensi (30%) Artis (70%)
Promosi Luar Negeri Agensi (30%)

Artis (70%)

Agensi (50%)

Artis (50%)

Agensi (50%)

Artis (50%)

Agensi (30%)

Artis (70%)

Adanya persentase pembagian hasil antara artis dengan para agensi ini merupakan hal wajar untuk dilakukan. Selain sebagai management yang menaungi para artis K-Pop yang mengatur segala kegiatan mereka, para agensi ini juga bekerja sebagai pemberi modal pertama seperti pelatihan, tempat tinggal dan makan bagi para artis-artis K-Pop sebelum mereka melakukan debut/ masih sebagai trainee. Bahkan ada yang mengatakan jika para agensi harus mengeluarkan uang sebesar $50.000 atau sekitar 718 juta rupiah  dalam setiap tahunnya guna kepentingan trainee.

10 Idol K-pop Terkaya

Setelah mengetahui banyaknya jumlah sumber pemasukan bagi para idol K-Pop, tidak ada salahnya juga jika kita membahas siapa saja idol K-Pop yang mendapatkan julukan sebagai idol paling kaya dan berapa total kekayaan yang mereka miliki dari hasil penjualan album, hak cipta lagu, akting drama hingga berbagai usaha yang mereka miliki. Berikut adalah 10 idol terkaya beserta total kekayaan yang mereka miliki:

  1. Kim Jae-Joong ( Rp.1,49 Triliun).
  2. PSY (Rp.895,74 Miliar).
  3. Choi Siwon ( Rp.821,09 Miliar).
  4. G-Dragon ( Rp.821,09 Miliar).
  5. Rain (Rp.731,52 Miliar).
  6. IU ( Rp.671,80 Miliar).
  7. Lee Hyori (Rp.597,16 Miliar).
  8. Taeyang ( Rp.522,51 Miliar).
  9. J- Hope ( Rp.507,58 Miliar)
  10. Sandara Park (Rp.447,87 Miliar)

Penutup

Melihat kemewahan yang tampak ditampilkan para idol-idol K-Pop kadang kala memang membuat iri kebanyakan orang. Baju-baju dengan merk terkenal, ponsel keluaran terbaru dan mobil mewah yang merka tunggangi menjadi bukti nyata jika pendapatan yang mereka miliki memanglah luar biasa besar. Namun semua itu tidak serta merta dengan begitu mudah mereka hasilkan dengan begitu saja, banyak pengorbanan, kerja keras bahkan air mata yang harus mereka keluarkan hingga bisa mencapai titik seperti itu.

 

 

 

 

 

Baca juga:   Cara Negosiasi Gaji Saat Interview Kerja

Write A Comment