Lulus Jurusan TKR Bakal Kerja Jadi Apa? Peluang Kerja TKRO

jurusan tkr kerja jadi apa

Bagi yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang SMK, mungkin ada sebagian yang masih binggung dalam memilih jurusan dan kalau sudah masuk ke jurusan tersebut begitu lulus akan kerja sebagai apa? Misalnya kita memilih TKR, lulusan jurusan TKR kerja jadi apa nantinya?

Ya, seperti kita tahu karena mayoritas orang yang bersekolah di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) lebih mengutamakan pekerjaan ketimbang melanjutkan pendidikan ketika lulus kelak. Untuk itu sebaiknya kita tahu apa saja sih peluang kerja di sebuah jurusan sekolah. Walaupun begitu jangan lupa untuk mempertimbangkan aspek bakat dan minat kita di bidang apa, jangan sampai jurusan yang kita pilih malah terasa berat karena tidak menyukai bidangnya.

Apa itu Jurusan TKR?

Teknik Kendaraan Ringan (TKR) adalah satu kompetensi keahlian di bidang otomotif yang menekankan penguasaan (skill) di bagian perbaikan kendaraan ringan. Kompetensi keahlian jurusan TKR menyiapkan peserta didik untuk bekerja di bidang jasa perawatan dan perbaikan di dunia industri.

Lulusan TKR Kerjanya Jadi Apa?

Lalu kalau kita sudah masuk ke jurusan TKR setelah lulus bisa kerja sebagai apa? Kira-kira peluang kerjanya lebih baik atau buruk dibanding jurusan lain? Berapa banyak peluang kerja bagi lulusan TKR?

Pertanyaan seperti itulah yang sering mengusik pikiran peserta didik yang akan atau sudah masuk ke jurusan TKR. Jika ingin mempunyai pekerjaan yang sesuai dengan skil, ilmu, serta minat pastikan kamu benar-benar menguasai bidang tersebut apalagi jika kamu memang menyukainya.

Bagi orang yang suka dan ahli dalam suatu bidang maka mencari kerja bukanlah sesuatu yang sulit. Perusahaan pun merasa diuntungkan karena mendapat karyawan yang punya potensi dan keahlian sesuai dengan harapan mereka. Nah, umumnya lulusan TKR bisa kerja di sektor berikut ini:

1. Mekanik

lulusan tkr kerja jadi apa?

Lulusan TKR yang memiliki keahlian spesifik di bidang otomotif maka peluang untuk bekerja sebagai mekanik sangatlah besar. Oleh sebab itu bengkel, perusahaan mesin, dan sejenisnya sangat membutuhkan jasa di bidang tersebut.

Berapa gajinya? Seorang mekanik digaji menyesuaikan UMK di tempat masing-masing. Hal ini juga dipengaruhi tempat kamu bekerja, apakah tergolong usaha besar atau kecil.

2. Modifikator

Sesuai dengan namanya, seorang modifikator ialah orang yang melakukan modifikasi pada kendaraan. Tugasnya seputar membuat konsep desain dari motor yang akan dimodifikasi, apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan desain tersebut sampai kendaraan modifikasinya terealisasikan.

Seorang modifikator layaknya seorang desainer yang bekerja dengan imajinasinya. Namun, bukan hanya imajinasi saja, bekal pengetahuan dalam merancang kendaraan beserta prosesnya ini adalah hal sangat penting. Lulusan TKR punya kesempatan untuk bekerja di bidang tersebut dengan gaji di atas UMK.

Baca jugaPengalaman Kerja Sebagai Guru, Suka Duka

3. Industri Otomotif

Banyak sekali perusahaan otomotif yang membuka pabriknya di Indonesia dan tentu saja tenaga kerja juga berasal dari kita. Sebuah perusahaan besar akan membutuhkan banyak pekerja pula, jadi peluang untuk bekerja di industri otomotif sangat terbuka bagi lulusan TKR.

Industri otomotif ini seperti apa sih contohnya? Sebut saja PT Astra International, PT Denso Indonesia, PT Yamaha Indonesia dan lain-lain. Sering kali PT tersebut membuka lowongan dengan kuota besar dalam sekali waktu, tapi tingkat persaingan di industri otomotif ini juga sangat tinggi.

Gaji karyawan mereka biasanya berkisar antara Rp 4.000.000 sampai Rp 6.000.000,

4. Operator Alat Berat

operator alat berat

Peluang kerja untuk lulusan TKR yang selanjutnya adalah operator alat berat. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan terutama untuk perusahaan yang bergerak di pertambangan dan pembangunan. Gaji yang ditawarkan pun tak main-main, jika kamu berhasil masuk ke pertambangan maka gaji yang kamu terima bisa sampai puluhan juta.

Tapi jangan salah, tidak sembarang orang mampu bekerja di bidang  itu karena syaratnya lumayan banyak.

Seorang operator alat berat harusnya punya keterampilan serta keahlian dalam mengoperasikan alat berat. Alat berat yang dimaksud seperti: bulldozer, excavator, wheel loader, mobile crane, dan lain sebagainya. Seseorang yang hendak bekerja sebagai operator alat berat tentunya harus memiliki keahlian khusus bukan hanya menjalankan alat berat tersebut melainkan mengoperasikan semua fitur atau toolsnya.

5. Karyawan Dealer atau Showroom

Ilmu yang kamu miliki selama belajar di jurusan TKR tentu sudah cukup banyak untuk tahu seputar dunia otomotif. Berbekal pengetahuan itu kamu bisa bekerja di dealer atau showroom meskipun tidak terlalu berhubungan dengan mesin secara langsung, kamu hanya perlu memahami secara teori dan mampu menjelaskannya dengan baik kepada calon pembeli.

Gaji yang didapatkan sebagai dealer adalah gaji pokok sesuai kesepakatan dan juga bonus penjualan yang nominalnya besar pula.

6. Wirausahawan

Pekerjaan selanjutnya untuk lulusan TKR adalah wirausahawan. Untuk yang satu ini kamu justru membuka peluang kerja karena memiliki usaha mandiri. Tapi perlu diingat bahwa wirausaha memiliki resiko untuk gagal yang tinggi terutama jika tidak dibekali dengan pengetahuan seputar bisnis.

Gaji atau penghasilan wirausaha tidak bisa ditentukan karena nominalnya berbanding lurus dengan pemasukan yang didapat dari usahanya tersebut. Jangan mencoba berwirausaha jika kamu hanya modal nekat, pahami dulu tingkat keilmuan kita, dan pahami marketnya, ya seperti itulah bisnis.

7. Melanjutkan Pendidikan

Lulusan TKR tidak harus langsung terjun ke dunia kerja, kamu bisa melanjutkan pendidikan untuk mendalami pengetahuan seputar otomotif. Jika kamu berpendidikan tinggi maka peluang kerja akan lebih banyak dibanding jurusan TKR yang baru lulus, mengapa?

Sering kali kita dipertemukan dengan syarat kerja yang mengharuskan kandidatnya mempunya pendidikan di atas SMK. Jenjang pendidikan dinilai sebagai tolak ukur seberapa banyak hal yang dikuasai seseoarang. Perusahaan tentu mengutamakan orang yang lebih profesional dalam penguasaan suatu bidang.

Tujuan Jurusan Teknik Kendaraan Ringan

Tujuan kompetensi keahlian TKR, yakni membekali peserta didik (siswa) dengan pengetahuan, sikap, perilaku dan keterampilan dalam beberapa hal, seperti berikut ini:

  • Mampu mengembangkan dan mengaplikasikan keahlian otomotif dalam pekerjaan secara mandiri dan mampu mengisi lowongan pekerjaan di dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang handal.
  • Berbudi pekerti luhur, mampu berkompetisi dan mengembangkan sikap profesional dalam kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan.
  • Menciptakan lapangan kerja atau berwirausaha dalam bidang TKR.
  • Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Tips Memilih Pekerjaan

Meskipun kamu lulusan jurusan TKR, kamu tidak harus berpatokan pada pekerjaan di lingkup otomotif. Mengapa? Realita dunia kerja tak selalu sama seperti apa yang kita bayangkan.

Justru lebih banyak orang yang bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan jurusannya, hal ini disebabkan oleh tingginya kompetisi dalam mendapatkan pekerjaan. Misalnya kuota lowongan pekerjaan hanya tersedia 10 posisi tapi yang melamar ada 80 orang, apalagi efek pandemi yang membuat beberapa perusahaan belum pulih secara finansial.

Maka dari itu tingkatkan pemahaman kita tentang apa yang kita pelajari sebelumnya atau kita bisa menambah skil di bidang lain yang sesuai dengan bakat serta minat.

* Penulis sendiri lulusan TKJ dan pernah bekerja di berbagai bidang berbeda, contohnya: Staf hotel, NOC, IT, Pramuniaga, admin sosmed, fundraiser, pelayan dan pada akhirnya menjadi penulis (blogger). Ya memang begitulah realita kehidupan, kita dituntut bisa menyesuaikan perubahan demi bertahan.

Penutup

Demikian artikel tentang peluang kerja bagi lulusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan) yang bisa menjadi gambaran seperti apa pekerjaan yang bisa kamu miliki kedepannya. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memilih pekerjaan serta jurusan yang sesuai kebutuhan. Terimakasih sudah membaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *