Cara menghasilkan uang dari internet itu ada banyak, menulis di Kaskus adalah salah satunya. Kaskus sempat sangat populer beberapa tahun silam, namun saat ini mulai tenggelam karena penggunanya banyak bermigrasi ke sosial media lain.

Menulis itu sendiri punya banyak tujuan dan motivasi, bisa hobi atau uang. Penulis bisa dapet honor atau malah dapet horor, saya bahas salah satunya dulu yaitu honor atau uang sebagai imbalan atas jasa serta kerja keras sang penulis.

Berapa Bayaran Menulis di Kaskus?

Sesuai dengan kebijakan Forum kaskus, mereka memberi bayaran kepada para kreatornya dalam besaran yang berbeda berdasarkan view dan poin. Dalam hal ini nilai dari view diubah menjadi poin lalu diubah lagi menjadi uang, contohnya:

  • 1000 view = 100 poin
  • 100 poin = Rp. 1.000
  • Artinya 1 view bernilai 1 rupiah

Mungkin banyak dari kamu akan berkata itu adalah jumlah yang sedikit tapi uang tetaplah uang, iya kan? Untuk mendapatkan uang yang banyak, kamu bisa menulis banyak thread yang jumlah tayangannya akan diakumulasi yang kemudian menjadi penghasilan kamu.

Namun jangan salah, menulis di Kaskus tidak sembarangan, ada beberapa persyaratan bahwa tulisan tersebut pantas untuk dimonetisasi atau tidak. Moderator akan mereview artikel yang kamu tulis dari segi bahasa, topik, dan sebagainya.

Penolakan inilah yang jadi momok menakutkan bagi penulis pemula, salah satunya adalah saya sendiri waktu itu. Pasalnya, kadang penolakan itu dianggap bersifat menyakitkan, sudah membuat tulisan dengan banyak usaha, membaca banyak referensi eh malah gak lolos seleksi.

Untuk itu honor bayaran dan ketakutan dalam menulis perlu agak di kesampingkan, agar mentalitas terbangun dulu, dengan sendirinya nilai materia akan menyusul.

Baca juga:   Pengalaman Kerja di PT Solid Gold Berjangka (SGB)

Gak enaknya nulis di Kaskus atau jadi seorang Kaskus Kreator adalah waktu saya membuat thread atau artikel di nyatakan ‘Tidak Lolos review’ tapi malah tayang di halaman utama dan viewnya puluhan ribu. Tentu saja saya gak dapet apa-apa dari artikel tersebut. Tapi gak papalah kan Sharing is Caring, berbagi artinya peduli.

Enaknya kaskus itu bahasanya gan! Luwes banget, enak banget, gak perlu EYD jadi kayak kita japri via wasap cuy. Para kreator memiliki bahasa yang gokil abis dan gak monoton itulah yang menjadi alasan banyak orang betah nongkrong di forum ini, sebaiknya jika agan masih newbie soal nulis mending nulis di kaskus dulu buat belajar untuk nulis di platform lainya.

Event Kaskus Kreator

Untuk mendapatkan uang yang lumayan cepat (tapi susah) ya tinggal ikut event yang diadakan oleh Kaskus. Misalnya ada event untuk mereview situs/aplikasi, hari raya, maupun hal lainnya. Di sini kamu harus menulis sesuai dengan topik yang diberikan, setelah itu ajukan thread tersebut untuk ditinjau oleh moderator.

Biasanya satu tulisan akan dihargai Rp 30 – Rp 100 ribu rupiah, selain itu juga artikel tersebut akan dibayar juga per-tayangan. Satu tayangan sama nilainya dengan satu rupiah. Untuk tulisan terbaik dalam event tersebut akan memenangkan hadiah sampai Rp 1.500.000.

Sayangnya, saat ini Kaskus sudah jarang mengadakan event seperti itu, mungkin karena penggunanya kian lama kian sedikit.

Namun, tetap saja banyak Konten Kreator yang sudah dapat bayaran besar di forum ini, mereka adalah para senior, para sesepuh yang punya komitmen tinggi dalam urusan tulis-menulis mereka layak jadi panutan bagi pemula seperti ane.

Baca juga:   Pengalaman Kerja di Bank Sinarmas

Singkat kata, itulah sedikit hal yang ane tau soal honor dan horor nya jadi penulis pemula, maapin ya kalau banyak salah. Bagian terpenting adalah ‘Nulis Aja’ lolos gak lolos urusan belakangan, duitnya dikit? inget uang tetaplah uang, kalau tetep gak dapet uang? paling ngga kan dapet pengalaman.

Write A Comment

close