Ketahuilah! Begini Cara Menagih Gaji ke Bos

Begini Cara Menagih Gaji ke Bos

Sudah menjadi barang pasti, jika gaji merupakan pemacu semangat yang utama bagi seseorang dalam melakukan segala pekerjaannya. Maka dari itu, adanya keterlambatan pembayaran gaji yang diterima dari waktu yang telah ditentukan, tentu akan menjadi sebuah permasalahan yang cukup memusingkan. Jika hal tersebut yang kamu alami saat ini, jangan bingung! Karena pada artikel kali ini, rubuh.com akan memberikan sebuah informasi mengenai bagaimana cara menagih gaji ke bos yang baik dan benar.

Dalam dunia kerja, adanya keterlambatan pembayaran gaji merupakan sebuah permasalahan yang mungkin saja terjadi. Entah dikarenakan adanya permasalahan dalam finansial perusahaan ataupun adanya permasalahan pribadi yang kamu miliki dengan perusahaan dimana kamu bekerja, kamu tetap berhak untuk mendapatkan gaji secara tepat waktu.

Tindakan yang dapat kamu lakukan ketika mengalami permasalahan tersebut tentu saja kamu harus melakukan penagihan terhadap pembayaran gaji yang kamu miliki. Namun sayangnya, hal tersebut bukanlah sebuah perkara yang mudah untuk dilakukan, karena bisa saja tindakan penagihan yang kamu lakukan justru dapat mengancam posisimu di tempat kerja karena dianggap sebagai sebuah tindakan yang kurang etis.

Maka dari itu, agar dampak negatif yang mungkin akan terjadi jika kamu melakukan tindakan penagihan gaji yang terlambat tersebut tidak terjadi padamu, lakukan beberapa cara menagih gaji ke bos berikut ini, agar tindakan penagihan yang kamu lakukan tetap terlihat sopan, baik serta mematuhi segala prosedur agar posisimu tetap aman.

Cara Menagih Gaji ke Bos

Begini Cara Menagih Gaji ke Bos

 

Memiliki rasa keraguan ketika ingin melakukan penagihan gaji kepada bos atau atasan merupakan sebuah hal yang wajar yang dialami oleh semua karyawan. Namun jika kamu tidak melakukannya, terjadinya penundaan gaji akan menjadi sebuah permasalahan yang serius karena tentu kamu membutuhkan gaji tersebut guna memenuhi segala kebutuhan yang kamu miliki.

Baca juga:   Cara Menghitung Gaji Borongan

Agar permasalahan tersebut tidak menjadi sebuah permasalahan yang berkelanjutan, gunakan cara menagih gaji bos berikut ini, agar gajimu segera dibayarkan dan posisimu di tempat kerja tetap aman:

1. Menanyakan ke rekan divisi

Hal pertama yang terlebih dahulu harus kamu lakukan ketika ingin menagih gaji yang terlambat ke bos atau atasan adalah menanyakan persoalan adanya keterlambatan gaji tersebut kepada rekan divisi mengenai kapan pembayaran gaji dilakukan. Kamu bisa menanyakan apakah rekan devisimu tersebut sudah atau belum mendapatkan gaji.

Hal ini menjadi hal sangat perlu untuk kamu lakukan guna menghindari adanya miss komunikasi. Karena mungkin saja, perusahaan telah memberikan gaji untuk karyawan, namun pihak payroll belum melakukan pengiriman kepada para karyawan.

2. Melakukan konfirmasi pada pimpinan divisi

Setelah memastikan jika memang kamu mengalami keterlambatan pembayaran gaji setelah bertanya kepada rekan divisi, langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah melakukan konfirmasi kepada pimpinan divisi seperti HRD, kunting, atau mungkin pihak payroll.

Penting untuk kamu ingat, jangan pernah melakukan tindakan penagihan gaji secara langsung kepada bos atau atasan agar menghindari timbulnya permasalahan internal yang lebih besar. Kamu cukup menanyakan permasalahan keterlambatan gaji tersebut kepada kepala pihak divisi yang telah disebutkan di atas, karena sudah pasti mereka tahu tanggal gaji diberikan kepada setiap karyawan di perusahaan apapun.

3. Menyiapkan alasan

Sebelum kamu melakukan cara nomor dua, kamu perlu menyiapkan alasan terlebih dahulu sebelum malakukan tindakan penagihan gaji. Usahakan alasan yang kamu gunakan merupakan alasan yang tepat dan logis, seperti membutuhkan upah atau gaji secepatnya guna memenuhi keperluan yang urgent, seperti memerlukan gaji untuk membayar cicilan rumah,tagihan bulanan atau kebutuhan lainnya yang terasa mendesak.

Baca juga:   Cara Menanyakan Gaji Lewat Chat

4. Melakukan negosiasi

Pemasalahan adanya pembayaran gaji bukan merupakan sebuah permasalahan yang sepele di mata hukum, karena ada ancaman sanksi yang akan diberikan kepada para perusahaan yang telat membayar gai karyawannya. Agar terhindar dari masalah tersebut, negosiasi menjadi tindakan yang mungkin dan paling efektif untuk dilakukan untuk mencari jalan tengah yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Setelah proses negosiasi dilakukan, jalan tengah yang akan diambil guna menguntungkan kedua belah pihak adalah adanya pengunduran pembayaran dengan tempo waktu yang telah disepakati oleh kedua pihak  atau gaji akan dibayar sesuai kemampuan perusahaan jika kendala utama terjadinya penundaan pembayaran gajji karyawan adalah adanya permasalahan pada segi finansial perusahaan.

5. Bersabar

Setelah beberapa cara di atas telah kamu lakukan, cara terakhir dalam hal menagih gaji yang terlambat ke bos atau atasan adalah bersabar atau menunggu hingga gaji milikmu akan dibayarkan. Meskipun ini merupakan sebuah hal yang cukup berat, namun bersabar menjadi sebuah sikap bijak yang akan berdampak baik dalam hal melatih pengelolaan keuangan.

Faktor Penyebab Terjadinya Keterlambatan Pembayaran Gaji

Seperti halnya karyawan, perusahaan atau pemilik tempat kerja sebenarnya juga tidak menginginkan adanya permasalahan keterlambatan pembayaran gaji karyawan mereka. Meskipun menjadi sebuah hal yang dihindari, namun ada beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya permasalahan tersebut.

Beberapa faktor penyebab keterlambatan pembayaran gaji tersebut antara lain:

  1. Masalah administratif: Keterlambatan pembayaran gaji dapat terjadi karena adanya kesalahan administratif dalam pengolahan data atau kelalaian dalam proses administrasi.
  2. Kesulitan keuangan perusahaan: Keterlambatan pembayaran gaji dapat terjadi ketika perusahaan mengalami kesulitan keuangan dan tidak memiliki cukup uang untuk membayar gaji karyawan tepat waktu.
  3. Masalah teknis: Masalah teknis seperti kerusakan sistem komputer atau kesalahan perangkat lunak dapat memperlambat proses pembayaran gaji.
  4. Kepemilikan bank yang berbeda: Jika karyawan memiliki rekening bank yang berbeda dengan perusahaan, pembayaran gaji bisa tertunda akibat waktu yang dibutuhkan oleh sistem perbankan untuk mentransfer uang dari satu bank ke bank lainnya.
  5. Ketentuan hukum: Ada beberapa undang-undang yang mengatur pembayaran gaji di negara tertentu, yang jika tidak dipatuhi dapat menyebabkan keterlambatan pembayaran gaji.
  6. Perubahan jadwal pembayaran gaji: Jika perusahaan memutuskan untuk mengubah jadwal pembayaran gaji, misalnya dari mingguan menjadi bulanan, dapat menyebabkan keterlambatan pembayaran gaji pada awalnya.
  7. Proses persetujuan: Proses persetujuan yang panjang dari manajemen perusahaan dapat memperlambat proses pembayaran gaji, terutama jika perusahaan memiliki struktur organisasi yang besar dan kompleks.
Baca juga:   Cara Menghitung Kenaikan Gaji Berkala Karyawan

Penutup

Itulah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk menagih gaji yang terlambat dibayar ke bos atau atasan dan juga beberapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya permasalahan keterlambatan pembayaran gaji. Semoga dengan mengaplikasikan beberapa cara di atas, permasalahan keterlambatan pembayaran gaji yang kamu alami dapat segera terselesaikan dengan tuntas.

Terimakasih telah membaca….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *