Peluang Kerja Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) – Bagi yang akan ataupun sedang mengenyam pendidikan berbasis teknologi informasi kemungkinan kamu akan memperhitungkan peluang kerja di bidang tersebut. Sebut saja teknik informatika, lantas  jurusan TKJ kerja jadi apa kelak? Berkaca pada realita di mana peluang kerja bagi tamatan SMK cukup sulit untuk mendapat pekerjaan yang layak dengan gaji yang ‘lumayan’.

Mengapa demikian, tanyamu? Karena pekerjaan yang posisinya bagus, gajinya layak, jenjang karir jelas, dan sejenisnya sudah diperebutkan oleh para sarjana dengan bidang ilmu yang sama. Tamatan SMK jurusan TKJ umumnya bisa mendapatkan pekerjaan di bidang tersebut tapi dengan posisi yang terbawah, IT Support.

Pertama mari kita samakan persepsi tentang definisi dari Jurusan TKJ itu sendiri.

Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) adalah suatu program pendidikan di bidang teknologi informasi yang mempelajari tentang perangkat keras dan perangkat lunak komputer, jaringan komputer, dan teknologi informasi lainnya. Tujuan dari jurusan ini adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dalam mengatasi masalah teknis komputer dan jaringan, serta memahami dan mampu menerapkan teknologi informasi untuk memecahkan masalah bisnis dan organisasi.

Lulusan jurusan TKJ dapat bekerja di berbagai bidang seperti bidang pengembangan perangkat lunak, jaringan komputer, sistem keamanan informasi, dan bidang-bidang lain yang berhubungan dengan teknologi informasi. Mereka juga memiliki keterampilan dalam instalasi, konfigurasi, dan pemeliharaan perangkat keras dan perangkat lunak, serta dapat bekerja dalam tim dan bekerja sama dengan profesional lain untuk menyelesaikan proyek teknologi informasi.

Pekerjaan Jurusan TKJ dan Gajinya

Mungkin kamu berfikir bahwa peluang kerja bagi lulusan TKJ sangat banyak karena saat ini industri yang perkembangannya paling pesat adalah teknologi di mana hal ini berhubungan erat dengan Teknik Komputer Jaringan. Ya, memang betul demikian tapi perlu kamu sadari bahwa skil yang kamu dapat di sekolah levelnya masih ‘kentang’ alias kepalang tanggung. Misalnya, kamu sudah belajar tentang instalasi jaringan, apakah kamu paham betul jaringan apa yang kamu bangun? Perangkat apa saja yang kamu butuhkan? Bagaimana mengonfigurasi tiap perangkat supaya saling terhubung? Bagaimana jika terjadi masalah?

Materi sekolah umumnya hanya mengajari tentang dasarnya saja, masalah penguasaan materi itu beda cerita.

Guru: Anak-anak hari ini kita belajar instalasi Windows 11. Semuanya harus bisa ya.

Siswa: Cara seting partisi tanpa menghapus data user gimana bu?

Guru: YNTKS (yo ndak tau kok tanya saya)

Siswa: Sudah berhasil instal tapi baru bentar digunain kok malah blue screen, gimana bu?

Guru: YNTKS (lagi)

Jadi pastikan kamu menguasai pelajaran yang kamu dapat, bukan sekadar menghafal materi supaya lulus di ujian tertulis. Jika demikian kamu hanya lulus ujian sekolah tapi tidak dengan ujian kehidupan. Tanyakan saja apa yang ingin kamu ketahui dan apa yang tidak kamu pahami.

Sumber pengetahuan adalah keingintahuan.

Balik lagi ke poin peluang kerja jurusan TKJ. Ada banyak sekali peluang kerja di bidang terkait dengan teknologi informasi dan jaringan, sangat banyak malah. Hampir tiap orang memasukan internet sebagai kebutuhan pokok, siapapun perlu internet untuk informasi maupun komunikasi. Di sinilah peluang kerja lulusan TKJ dibutuhkan.

Jika berhubungan dengan internet sudah pasti tak jauh dari konfigurasi jaringan. Sebuah jaringan sudah pasti berhubungan dengan sumberdaya yang kompleks serta konfigurasi yang cukup rumit. Di sinilah tenaga kerja yang ahli di bidangnya, jika kamu merasa cukup ahli untuk bersaing di pekerjaan tersebut maka ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa kamu ambil, seperti:

Baca jugaPengalaman Kerja Sebagai Guru, Suka Duka

Peluang Kerja Jurusan TKJ

  1. Teknisi komputer – Tugas utama teknisi komputer meliputi menganalisis dan memecahkan masalah teknis komputer, memperbarui dan memperbaiki perangkat lunak dan perangkat keras, dan memastikan bahwa sistem komputer dan jaringan bekerja dengan baik dan efisien. Mereka juga harus berkomunikasi dengan pelanggan dan rekan kerja untuk mengatasi masalah dan memberikan solusi.
    Kisaran gaji seorang teknisi komputer adalah Rp.2.500.000-Rp.3.500.000.
  2. Teknisi jaringan – Tugas utama teknisi jaringan adalah memastikan bahwa jaringan komputer bekerja dengan baik dan efisien. Kisaran gaji seorang teknisi jaringan adalah Rp.3.500.000. Tugas-tugas spesifik teknisi jaringan meliputi:
    • Instalasi dan konfigurasi jaringan: Teknisi jaringan bertanggung jawab untuk menginstal dan mengkonfigurasi jaringan komputer, termasuk switch, router, firewall, dan perangkat jaringan lainnya.
    • Pemeliharaan jaringan: Teknisi jaringan harus memastikan bahwa jaringan komputer berfungsi dengan baik dan melakukan perawatan rutin untuk memastikan kinerja jaringan.
    • Diagnosa dan perbaikan masalah: Teknisi jaringan harus mampu menganalisis dan memecahkan masalah jaringan, termasuk masalah koneksi internet, masalah keamanan, dan masalah performa.
    • Perlindungan jaringan: Teknisi jaringan harus memastikan bahwa jaringan terlindung dari ancaman keamanan seperti virus, malware, dan serangan lainnya.
    • Implementasi teknologi baru: Teknisi jaringan harus memastikan bahwa jaringan komputer selalu up-to-date dengan teknologi terbaru dan bisa mempertahankan kinerja jaringan.
    • Berkomunikasi dengan pelanggan dan rekan kerja: Teknisi jaringan harus berkomunikasi dengan pelanggan dan rekan kerja untuk memastikan bahwa masalah jaringan teratasi dan solusi diberikan.
    • Dalam pekerjaannya, teknisi jaringan harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik dalam teknologi jaringan, termasuk TCP/IP, routing, dan switching.
  3. Administrasi Server – Tugas utama administrasi server adalah memastikan bahwa server komputer bekerja dengan baik dan efisien. Kisaran gaji seorang admin server adalah Rp.3.000.000. Tugas-tugas spesifik administrasi server meliputi:
    • Instalasi dan konfigurasi server: Administrator server bertanggung jawab untuk menginstal dan mengkonfigurasi server, termasuk sistem operasi, aplikasi server, dan perangkat lunak pemantauan.
    • Pemeliharaan server: Administrator server harus memastikan bahwa server berfungsi dengan baik dan melakukan perawatan rutin untuk memastikan kinerja server.
    • Diagnosa dan perbaikan masalah: Administrator server harus mampu menganalisis dan memecahkan masalah server, termasuk masalah performa, masalah kapasitas, dan masalah keamanan.
    • Perlindungan server: Administrator server harus memastikan bahwa server terlindung dari ancaman keamanan seperti virus, malware, dan serangan lainnya.
    • Implementasi teknologi baru: Administrator server harus memastikan bahwa server selalu up-to-date dengan teknologi terbaru dan bisa mempertahankan kinerja server.
    • Berkomunikasi dengan pelanggan dan rekan kerja: Administrator server harus berkomunikasi dengan pelanggan dan rekan kerja untuk memastikan bahwa masalah server teratasi dan solusi diberikan.
  4. Sistem Analis – Seorang System Analyst adalah profesional yang bertanggung jawab untuk menganalisis, membangun, dan memelihara sistem informasi. Kisaran gaji seorang system analyst adalah Rp.5.000.000. Tugas-tugas utama seorang System Analyst meliputi:
    • Analisis kebutuhan sistem: System Analyst harus mengumpulkan informasi dari pelanggan, rekan kerja, dan pemangku kepentingan lainnya untuk memahami kebutuhan sistem dan memastikan bahwa sistem yang dibangun memenuhi kebutuhan tersebut.
    • Perencanaan sistem: System Analyst harus memastikan bahwa sistem yang dibangun memiliki desain yang efisien dan sesuai dengan standar industri.
    • Desain dan implementasi sistem: System Analyst harus memastikan bahwa sistem yang dibangun memiliki desain yang efisien dan sesuai dengan standar industri.
    • pengujian sistem: System Analyst harus memastikan bahwa sistem yang dibangun bekerja dengan baik dan memenuhi standar kualitas.
    • Dokumentasi sistem: System Analyst harus memastikan bahwa sistem yang dibangun dilengkapi dengan dokumentasi yang lengkap dan akurat.
    • Pemeliharaan dan perawatan sistem: System Analyst harus memastikan bahwa sistem bekerja dengan baik dan memelihara sistem untuk memastikan kinerja yang optimal.
    • Berkomunikasi dengan pelanggan dan rekan kerja: System Analyst harus berkomunikasi dengan pelanggan dan rekan kerja untuk memastikan bahwa masalah sistem teratasi dan solusi diberikan.
  5. Data Entry – Tugas utama seorang Data Entry adalah memasukkan informasi ke dalam sistem komputer. Kisaran gaji seorang data entry adalah Rp.3.000.000-Rp.5.000.000. Tugas-tugas spesifik seorang Data Entry meliputi:
    • Memasukkan data ke dalam spreadsheet atau database: Data Entry harus memastikan bahwa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer akurat dan up-to-date.
    • Memverifikasi dan memperbarui data: Data Entry harus memverifikasi dan memperbarui data yang ada di sistem komputer untuk memastikan akurasi.
    • Memindai dan meng-upload dokumen: Data Entry harus memindai dokumen dan meng-upload dokumen ke dalam sistem komputer.
    • Menangani masalah data: Data Entry harus mengatasi masalah data dan memastikan bahwa data yang ada di sistem komputer akurat dan up-to-date.
    • Berkomunikasi dengan rekan kerja: Data Entry harus berkomunikasi dengan rekan kerja untuk memastikan bahwa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer akurat dan up-to-date.
  6. Les Privat Komputer – Peluang usaha les privat komputer bisa menjadi pilihan yang menguntungkan bagi orang yang memiliki keahlian dan passion dalam bidang teknologi informasi. Berikut adalah beberapa alasan mengapa peluang usaha les privat komputer bisa menjadi pilihan yang baik:
    • Kemampuan mengetik tinggi: Banyak orang masih membutuhkan bantuan untuk mempelajari cara mengetik dengan cepat dan akurat. Les privat komputer bisa menjadi solusi bagi mereka.
    • Kemampuan menggunakan software: Banyak orang yang membutuhkan bantuan untuk mempelajari bagaimana menggunakan software atau aplikasi komputer. Les privat komputer bisa menjadi solusi bagi mereka.
    • Kemampuan memahami jaringan komputer: Banyak orang yang membutuhkan bantuan untuk mempelajari bagaimana memahami jaringan komputer. Les privat komputer bisa menjadi solusi bagi mereka.
    • Peluang pasar yang besar: Pasar untuk les privat komputer sangat besar, karena banyak orang yang membutuhkan bantuan untuk mempelajari keterampilan komputer.

    Untuk memulai usaha les privat komputer, kamu harus memiliki keahlian dan pemahaman yang baik tentang teknologi informasi. Kamu juga harus memiliki rencana bisnis yang jelas dan memahami bagaimana mengiklankan usaha kamu ke masyarakat. Untuk kisaran gajinya sendiri tidak jelas karena banyak faktor yang mempengaruhi, tidak ada pengusaha (bekerja mandiri) yang menerima gaji dengan nominal stasis/tetap.

  7. Independen – Artinya buka usaha sendiri, mirip-mirip dengan les privat komputer. Kamu mungkin tidak menyangka bahwa orang yang menulis artikel sekaligus pemilik website rubuh.com ini adalah lulusan TKJ. Ya, hanya lulusan TKJ. Saya lulus di tahun 2015 dan sudah menggeluti beberapa bidang di atas seperti IT support, teknisi jaringan dan pada akhirnya bekerja secara mandiri (independen) bahkan saya mempunyai beberapa karyawan terkait digital marketing.Makanya saya bisa bilang bahwa peluang kerja bagi lulusan TKJ sangat banyak tapi hanya untuk orang yang menguasai ilmu tersebut karena banyak sekali yang memperebutkan satu peluang kerja.Kamu bertanya berapa gaji saya? Hehe, ya rahasia dong. Satu hal yang pasti adalah jumlah pendapatan sesuai dengan pengetahuan. Seseorang yang menjadi profesional di satu bidang akan dihargai sangat mahal.

Baca jugaLulus Jurusan TKR Bakal Kerja Jadi Apa? Peluang Kerja TKRO

Peluang Kerja Jurusan TKJ

Ya itu beberapa poin di atas sudah cukup menggambarkan peluang kerja untuk lulusan TKJ di Indonesia tapi jangan terlalu berpaku pada poin-poin di atas. Kamu tidak harus mengikuti nasehat orang lain, ambilah sesuatu yang kamu mau jika pilihanmu itu lebih bagus daripada nasehat orang lain.

Penulis sendiri tidak menyangka akan bekerja full time sebagai blogger, ataupun internet marketing entah apa sebutannya. Penulis hanya mengambil peluang yang sekiranya menjanjikan dan menguntungkan. Semuanya ilmu yang saya dapat diaplikasikan ke pekerjaan sekarang dan semua pengetahuan itu dipelajari secara otodidak (mandiri) lewat internet. Oleh sebab itu manfaatkan internet dengan sebaik mungkin, jangan hanya memanfaatkannya demi hiburan semata.

Ada quotes bagus yang ingin saya bagikan.

Jika ingin hidupmu berjalan lebih mudah maka ambilan pilihan yang sulit. Sebaliknya, jika ingin hidupmu penuh kesulitan maka ambilah pilihan yang mudah. Bermain media sosial, skrol tiktok dan instagram selama berjam-jam, itu adalah pilihan mudah sekaligus penyebab kenapa hidupmu sulit. Bangun pagi, membuat perencanaan, mempelajari skil, menjadi profesional dll. adalah pilihan yang sulit tapi hal itulah yang akan mempermudah hidup kita kelak.

Lulusan TKJ Kerja Jadi Apa?

SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) adalah sekolah menengah kejuruan yang memberikan pendidikan dan pelatihan keahlian dalam bidang teknologi informasi. Jurusan ini menawarkan pemahaman dan keterampilan praktis tentang perangkat keras dan perangkat lunak komputer, jaringan komputer, dan solusi masalah teknis.

Lulusan SMK Jurusan TKJ memiliki banyak peluang kerja dalam bidang teknologi informasi, seperti teknisi komputer, administrator jaringan, analis sistem, dan profesi lainnya. Mereka juga dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi bidang teknologi informasi atau memulai usaha sendiri dalam bidang ini.

SMK Jurusan TKJ memiliki fasilitas dan teknologi terbaru untuk memberikan pembelajaran yang berkualitas. Siswa akan belajar melalui praktik dan proyek, sehingga mereka bisa mempraktikkan dan mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkan ke dalam bidang kerja.

Pendidikan di SMK Jurusan TKJ juga mencakup materi tentang etika dan profesionalisme dalam bidang teknologi informasi, yang sangat penting untuk menjamin kualitas dan integritas pekerjaan para lulusan.

Secara keseluruhan, SMK Jurusan TKJ memberikan peluang bagi siswa untuk mempelajari dan mengembangkan keahlian dalam bidang teknologi informasi. Dengan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas, siswa akan siap untuk memasuki dunia kerja dan mencapai kesuksesan dalam bidang ini.

Penutup

Tolonglah manfaatkan betul waktu yang kamu punya selagi masih muda, pahami apa yang kamu inginkan dan ketahui bagaimana cara meraih keinginan tersebut. Ibaratnya punya visi dan misi. Semoga artikel ini dapat membantu mencerahkan pemikiran adik-adik SMK yang ingin tahu tentang peluang kerja yang didapatkan jika memilih salah satu jurusan.

Terimakasih sudah membaca artikel tentang jurusan TKJ kerja jadi apa nantinya. Bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat!

FAQ

faq jurusan tkj

Apakah jurusan TKJ bisa kerja di bank?

Lulusan Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dari sekolah menengah kejuruan (SMK) atau perguruan tinggi dapat bekerja di bank, tetapi tidak semua posisi di bank membutuhkan keahlian dalam bidang TKJ. Banyak posisi di bank yang lebih cocok untuk lulusan ekonomi atau keuangan.

Namun, ada beberapa posisi di bank yang membutuhkan keahlian dalam teknologi informasi, seperti teknisi IT, administrator jaringan, atau analis sistem. Lulusan TKJ yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam bidang teknologi informasi dapat mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan di bidang ini di bank.

Sebelum memutuskan untuk bekerja di bank, sebaiknya lulusan TKJ mempelajari dengan baik tentang posisi dan kebutuhan spesifik bank tersebut. Ini akan membantu mereka memahami apakah mereka memiliki keahlian dan pengalaman yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang tersebut.

Lulusan TKJ kuliah jurusan apa?

Lulusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dari sekolah menengah kejuruan (SMK) atau program keahlian teknologi informasi dapat melanjutkan studi ke berbagai jurusan di perguruan tinggi, tergantung pada minat dan tujuan mereka. Beberapa pilihan jurusan yang sering diambil oleh lulusan TKJ meliputi:

  • Teknik Informatika: jurusan ini mencakup pemahaman dan pengembangan teknologi informasi, seperti pemrograman, jaringan, dan sistem informasi.
  • Sistem Informasi: jurusan ini mempelajari bagaimana mengatasi masalah bisnis dengan menggunakan teknologi informasi.
  • Manajemen Informatika: jurusan ini mengkombinasikan ilmu teknologi informasi dan manajemen untuk mengatasi masalah bisnis dan memimpin proyek teknologi informasi.
  • Ilmu Komputer: jurusan ini mempelajari pemahaman dasar teknologi informasi dan pengembangan aplikasi komputer.

Lulusan TKJ juga dapat mempertimbangkan untuk mengambil jurusan lain yang terkait dengan teknologi informasi, seperti elektro, multimedia, atau desain grafis, tergantung pada minat dan bakat mereka.

Penting untuk dicatat bahwa pilihan jurusan setelah lulusan TKJ harus mempertimbangkan bakat, minat, dan peluang kerja di masa depan, sehingga lulusan TKJ harus melakukan riset dan berdiskusi dengan mentor atau konselor sebelum membuat keputusan.

Apakah jurusan TKJ bisa kerja di perkantoran?

Ya, lulusan Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dari sekolah menengah kejuruan (SMK) atau perguruan tinggi dapat bekerja di perkantoran. Dalam perkantoran, ada banyak posisi yang membutuhkan keahlian dalam teknologi informasi, seperti teknisi IT, administrator jaringan, analis sistem, atau operator data entry.

Lulusan TKJ yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam bidang teknologi informasi dapat mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan di bidang ini di perkantoran. Dalam bekerja di perkantoran, lulusan TKJ akan bertanggung jawab untuk mengatasi masalah teknis dan memastikan bahwa sistem informasi dan jaringan bekerja dengan baik.

Sebelum memutuskan untuk bekerja di perkantoran, sebaiknya lulusan TKJ mempelajari dengan baik tentang posisi dan kebutuhan spesifik perkantoran tersebut. Ini akan membantu mereka memahami apakah mereka memiliki keahlian dan pengalaman yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang tersebut.

Write A Comment