Apakah Magang Termasuk Pengalaman Kerja?

Apakah Magang Termasuk Pengalaman Kerja

Apakah magang termasuk pengalaman kerja? Mungkin pertanyaan tersebut sempat terlintas di benak kamu, khususnya bagi yang baru lulus (freshgraduate) dan ingin melamar kerja untuk pertama kalinya. Namun, sebelum itu kita harus tau apa yang dimaksud dengan magang itu sendiri.

Apa itu Magang?

Pengertian intership atau magang adalah sebuah program belajar yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai dunia kerja, khususnya di bidang yang relevan dengan pendidikan yang ditempuh. Perusahaan terkait yang menerima karyawan magang berhak untuk memberikan tugas serta bimbingan selama program magang berlangsung. Setelahnya peserta magang akan diberi nilai dari perusahaan khususnya dari atasan mereka.

Pemagangan adalah bagian dari sistem pelatihan kerja dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja/buruh yang lebih berpengalaman.

Apakah Magang Termasuk Pengalaman Kerja?

Nah, secara teknis karyawan magang pun mempunyai jobdesc yang sama dengan karyawan asli, jika kinerja peserta magang bagus bukan tak mungkin perusahaan tersebut akan merekrut peserta magang untuk bekerja di perusahaan sebagai karyawan resmi mereka. Tentu hal itu dilakukan setelah peserta magang menyelesaikan pendidikan atau sesuai perjanjian antara kedua belah pihak.

Kembali ke pembahasan soal magang apakah sama dengan pengalaman kerja, jawabannya adalah iya! Hal ini cukup krusial karena banyak perusahaan yang mementingkan pengalaman kerja kepada calon karyawan. Pendidikan ataupun gelar tidak semata-mata penting, pengalaman kerja yang mengasah skil inilah yang punya nilai tinggi, khususnya untuk posisi vital dalam perusahaan.

Di atas kertas, magang termasuk dalam praktek kerja lapangan (PKL) tapi durasinya cukup singkat sehingga ilmu yang diperoleh dari program tersebut belum tentu setara dengan orang yang memang pernah bekerja di bidang tersebut. Ya karena memang karyawan resmi umumnya bekerja untuk waktu yang lama sehingga skil yang mereka peroleh lebih banyak bahkan sudah di luar kepala.

Apa Manfaat Magang Bagi Mahasiswa?

Sebagian kampus bahkan mengikut sertakan kegiatan magang ini sebagai salah satu persyaratan untuk lulus dan mengikuti wisuda. Selain itu magang juga punya banyak manfaat bagi pesertanya apalagi untuk urusan dunia kerja kelak.

Berikut beberapa manfaat dari magang.

1. Menambah relasi

Relasi adalah hal yang sangat penting dalam dunia pekerjaan, bahkan orang-orang sering menyebutnya dengan istilah ‘orang dalam’. Dalam perusahaan tempat magang, kamu akan bertemu orang dengan berbagai latar belakang. Bisa jadi salah satu dari mereka akan dapat membantu kamu dalam menemukan pekerjaan ataupun memberi masukan dalam pekerjaan.

2. Menambah nilai diri

Persaingan dalam dunia kerja amat tinggi, hal ini akan berimbas pada kompetensi pencari kerja yang mempunyai kualifikasi sesuai kriteria perusahaan. Bukan hanya termasuk pengalaman kerja, dalam magang pun kemampuan kita akan diasah yang akan menambah nilai dari calon karyawan.

3. Peluang pekerjaan

Anak magang bisa jadi karyawan tetap? Tentu, tidak menutup kemungkinan bahwa instansi/perusahaan tempat kamu ‘berlatih’ itulah yang akan menjadi tempat kamu bekerja kelak. Hal itu bisa terjadi jika kamu dinilai punya kemampuan di atas rata-rata, semua yang kamu lakukan dalam program magang dinilai positif oleh atasan terkait. Dia bisa merekomendasikan kamu kepada perusahaan untuk dijadikan karyawan tetap.

4. Membuka wawasan baru

Bisa dipastikan jika mahasiswa tingkat akhir yang menjalani program magang akan mendapatkan ilmu baru yang sebelumnya tidak pernah didapat dari teori pengajaran. Bukan hanya wawasan dalam pekerjaan melainkan hubungan sosial antara karyawan juga akan memberi gambaran bagaimana mereka harus bersikap.

Baca jugaMengetahui Hak dan Kewajiban Karyawan Kepada Perusahaan

Aturan Magang

Peraturan magang ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 13 tentang ketenagakerjaan. Di dalamnya dijelaskan bahwa permagangan adalah salah satu bentuk dari pelatihan kerja. Hal sensitif yang kerap menjadi pertanyaan seperti magang itu dibayar atau tidak juga tertuang di dalam UU Ketenagakerjaan.

Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pemagangan Pasal 13 ayat 1 menyebutkan bahwa salah satu hak peserta magang ialah memperoleh uang saku. Untuk berapa nominal uang saku yang diberikan adalah sesuai dengan perjanjian yang disepakati oleh peserta magang dan penyelenggara pemagangan.

Di sisi lain, pada pasal 16 Permenaker tersebut pun ditegaskan, setiap penyelenggara magang diwajibkan memberi uang saku kepada peserta magang

Hak Peserta Pemagangan

  • Memperoleh bimbingan dari pembimbing pemagangan atau instruktur
  • Memperoleh pemenuhan hak sesuai dengan perjanjian pemagangan
  • Memperoleh fasilitas keselamatan dan kesehatan kerja selama mengikuti pemagangan
  • Memperoleh uang saku
  • Diikutsertakan dalam program jaminan sosial
  • Memperoleh sertifikat pemagangan atau surat keterangan telah mengikuti pemagangan.

Kewajiban Peserta Pemagangan

  • Mentaati perjanjian pemagangan
  • Mengikuti program pemagangan sampai selesai
  • Mentaati tata tertib yang berlaku di penyelenggara pemagangan
  • Menjaga nama baik penyelenggara pemagangan.

Hak Penyelenggara Pemagangan

  • Memanfaatkan hasil kerja peserta pemagangan
  • Memberlakukan tata tertib dan perjanjian pemagangan.

Kewajiban Penyelenggara Pemagangan

  • Membimbing peserta sesuai dengan program pemagangan
  • Memenuhi hak peserta sesuai dengan perjanjian pemagangan
  • Menyediakan alat pelindung diri sesuai dengan persyaratan keselamatan dan kesehatan kerja
  • Memberikan uang saku kepada peserta
  • Mengikutsertakan peserta dalam program jaminan sosial
  • Mengevaluasi peserta
  • Memberikan sertiflkat pemagangan atau surat keterangan telah mengikuti pemagangan.

Cara Menulis Pengalaman Magang di CV

apakah magang termasuk pengalaman kerja?

Salah satu pertimbangan perusahaan dalam merekrut karyawan adalah pengalaman kerja yang dicantumkan, tidak ada salahnya jika kamu mencantumkan program magang dalam pengalaman kerja karena memang sah dan valid, apalagi kamu seorang freshgraduate.

Tapi gimana caranya menulis pengalaman kerja bagi yang baru lulus kuliah?

  1. Masukan kegiatan resmi yang pernah kamu lakoni, khususnya yang berhubungan dengan bidang yang kamu lamar saat ini.
  2. Lebih jelasnya, masukan kegiatan magang atau KKN atau PKL untuk dijadikan pengalaman kerja.
  3. Jika kamu pernah menjadi freelancer (pekerja lepas) cantumkan saja dalam lamaran kerja untuk menambah nilai diri.
  4. Kegiatan sosial juga bisa menambah nilai jual sebagai soft skill, contohnya mempunyai jiwa kepemimpinan, tanggung jawab, bisa bekerja dalam tim, siap bekerja dalam tekanan dan sebagainya.
  5. Untuk menulis daftar pengalaman kerja, baiknya menggunakan kalimat baku untuk memberi kesan profesional kepada perusahaan.

Dalam program magang ini peserta akan mendapatkan sertifikasi sebagai bentuk validasi bahwa kamu pernah mengikuti kegiatan tersebut. Tidak ada salahnya kamu memberikan fotokopi sertifikat itu untuk diikut sertakan dalam pengalaman kerjamu.

Penutup

Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang mungkin sedang kebingungan dalam menemukan pekerjaan pertama. Untuk mencari tau bagaimana pengalaman kerja di berbagai bidang, gaji, tugas dan sebagainya, silahkan baca artikel lainnya di rubuh.com

Pertanyaan Seputar Kegiatan Magang

Apakah magang atau PKL dapat dicantumkan dalam pengalaman kerja?

Iya, dalam penjelasan singkat di awal artikel ini dijelaskan bahwa karyawan yang mengikuti kegiatan pemagangan dapat dikategorikan telah bekerja.

Apakah magang bisa digaji?

Dilansir dari situs Kementrian Ketenagakerjaan RI, kegiatan magang tidak mendapat gaji melainkan uang saku. Uang saku anak magang ini menjadi hak yang dimiliki setiap peserta magang. Uang saku meliputi biaya makan, transportasi, dan insentif.

Pada artikel ini juga dijelaskan apa saja hak peserta magang dan kewajiban penyelengara pemagangan secara detail. Sayangnya yang terjadi di lapangan belum tentu demikian. Ada saja peserta magang yang tidak diberi uang saku atau nominalnya tidak sesuai yang diharapkan. Hal ini kembali lagi kepada kesepakatan antara kedua pihak.

Berapa lama jangka waktu magang?

Durasi magang bervariasi tergantung dari kebijakan perusahaan serta institut pendidikan, biasanya akan ada minimal jumlah hari dalam program tersebut. Umumnya masa magang berjalan selama 3 bulan sampai 6 bulan dan bisa diperpanjang sesuai kondisi dan kebutuhan.

Magang untuk mahasiswa semester berapa?

Magang dapat dilaksanakan mulai semester 5. Kegiatan Magang dapat menggantikan 9 SKS mata kuliah tidak termasuk Tugas Akhir.

Apakah pengalaman magang bisa dimasukan ke CV?

Tentu kamu bisa memasukannya ke dalam pengalaman kerja di CV tersebut. Sebaiknya diberi penjelasan singkat kamu magang sebagai apa dan apa saja tugasnya sehingga bisa memberi gambaran tentang skil yang kamu miliki.

Apa yang dimaksud dengan pengalaman kerja?

Pengalaman kerja adalah proses pembentukan atau keterampilan tentang mode suatu pekerjaan karena keterlibatan karyawan tersebut dalam pelaksanaan tugas pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *