Pada artikel kali ini, penulis akan mencoba membagikan kisah pengalaman kerja orang-orang yang pernah bekerja di salah satu perusahaan Food and Beverage (F&B), yang menekuni bidang penjualan minuman, yaitu Chatime.  Bagi kamu yang ingin atau akan bekerja pada perusahaan F&B tersebut, semoga artikel ini dapat menjadi bahan pertimbangan dan juga referensi kedepannya bagimu.

Sebelum membahas secara lengkap mengenai bagaimana cara pendaftaran, gaji karyawan dan juga hal-hal yang menyangkut dengan sistem kerja di Chatime, alangkah baiknya kamu terlebih dahulu mengetahui sedikit gambaran mengenai apa itu Chatime.

Apa itu Chatime?

Secara umum, Chatime merupakan perusahaan F&B yang bergerak dalam bidang penjulan minuman kekininan. Didirikan sejak tahun 2011 dibawah naungan Kawan Lama Group di Indonesia, dengan mempunyai perusahaan induk yang berlokasi di Taiwan.

Mengusung konsep gerai penjualan minuman modern, Chatime berfokus menyediakan minuman sejenis teh, kopi dan minuman modern lainnya, yang dipadupadankan berbagai macam varian rasa dan toping yang cukup banyak digemari banyak kalangan di banyak negara. Kepopuleran Chatime terbukti dengan adanya 1002 gerai Chatime, yang tersebar hingga di 30 negara pada tahun 2017, dan mungkin sekarang sudah menjadi lebih banyak lagi.

Meskipun saat ini sudah banyak sekali perusahaan-perusahaan F&B lainnya, yang juga mencoba untuk terjun ke dalam bidang penjualan minuman modern dengan berbagai macam jenis, varian, rasa dan harga, namun nyatanya Chatime tetap menjadi salah satu nama produk minuman yang tetap laris di pasaran.

Pengalaman Kerja di Chatime

Kembali kepada pembahasan awal mengenai kisah pengalaman kerja orang-orang yang telah bekerja di Chatime, berikut ini ada beberapa hal yang mungkin perlu untuk kamu ketahui jika ingin atau akan bekerja di gerai-gerai Chatime.

Syarat Melamar Kerja Di Chatime

Seperti pada umumnya ketika kamu ingin melamar suatu pekerjaan, tentu ada syarat-syarat dan kualifikasi yang dibutuhkan, agar kamu dapat mendapatkan kesempatan bekerja di Chatime. Berikut ini ada beberapa syarat yang dibutuhkan dan harus dilengkapi, ketika kamu membawa berkas lamaran dan mendaftar di gerai Chatime:

  1. Minimal telah berusia 18 tahun, dan maksimal 28 tahun
  2. Memiliki ijazah minimal SMK Tata Boga/Perhotelan/Pariwisata.
  3. Memiliki pengalaman kerja di bidang yang sama minimal 1 tahun.
  4. Tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 158 cm untuk wanita
  5. Berpenampilan menarik dan berkelakuan baik.
  6. Bersedia bekerja di akhir pekan dan libur nasional.
  7. Bersedia bekerja sesuai dengan lokasi penempatan yang dibutuhkan

Beberapa poin di atas merupakan persyaratan umum yang harus dipenuhi jika kamu ingin mendaftarkan diri sebagai karyawan Chatime. Namun tidak menutup kemungkinan, setiap gerai Chatime akan memberikan persyaratan pendaftaran yang berbeda.

Jika kamu telah membawa beberapa persyaratan yang dibutuhkan dan menilai dirimu telah memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan, prosedur penerimaan karyawan baru di Chatime  sama  saja dengan prosedur penerimaan karyawan di perusahaan-perusahaan lainnya.

Gaji Karyawan Chatime

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah besarnya kisaran gaji pokok yang didapatkan oleh karyawan Chatime, baik karyawan full time maupun part time per bulannya:

Posisi atau Jabatan Besar Gaji
Barista Rp3.500.000 – Rp5.000.000
Karyawan Part Time Rp2.500.000 – Rp3.000.000
Area Manager Rp 8.000.000 – Rp10.000.000
Store Leader Rp5.000.000 – Rp7.000.000
Teknisi Rp3.500.000 – Rp5.000.000
Staff Rp4.000.000 – Rp6.000.000

Besarnya gaji di atas merupakan gaji pokok rata-rata yang diterima oleh para karyawan Chatime, karena di setiap daerah mungkin akan memiliki besaran gaji yang berbeda-beda.

Tunjangan

Selain mendapatkan gaji pokok di setiap bulannya, Chatime juga akan memberikan beberapa tunjangan pada karyawan, guna memotivasi dan memaksimalkan kinerja yang diberikan. Berikut ini adalah beberapa jenis tunjangan yang akan didapatkan jika kamu bekerja sebagai karyawan Chatime:

  1. BPJS
  2. THR
  3. Seragam
  4. Cuti Tahunan
  5. Premi Lembur
  6. Dapat menjadi karyawan part time dengan gaji standar

Baca Juga : Pengalaman Kerja Di Prima Freshmart

Suka Duka Bekerja Di Chatime

Seperti bekerja di perusahaan maupun tempat kerja lain, tentu ada saja poin plus dan minus yang akan kamu rasakan jika bekerja sebagai karyawan di Chatime. Berikut ini adalah pengalaman suka dan duka yang akan kamu dapatkan jika bekerja sebagai karyawan Chatime:

Kelebihan (Suka) :

  • Mendapatkan gaji yang cukup besar – Gaji yang didapatkan oleh karyawan yang bekerja di Chatime termasuk kedalam kategori besar, untuk seorang karyawan yang bekerja di gerai minuman. Bahkan, ada survei yang mengatakan jika gaji barista Chatime, 30% lebih tinggi dibandingkan dari rata-rata nasional.
  • Tempat kerja yang bersih – Sebagai gerai yang menekuni penjualan produk minuman, tentu saja gerai yang kami gunakan harus senantiasa terjamin kebersihannya. Hal ini sekaligus mempengaruhi kenyaman dalam bekerja.
  • Tunjangan yang mumpuni – Jika kamu menjadi seorang karyawan Chatime, kamu berkesempatan mendapatkan berbagai macam tunjangan yang dinilai cukup bagus.
  • Mengasah kemampuan komunikasi – Ditutntut untuk setipa hari bertemu dan melayani orang baru denagn SOP kerja yang berlaku, skill atau kemampuanmu dalam berkomunikasi dan betata krama akan semakin di asah menjadi lebih baik.

Kekurangan (Duka) :

  • Dituntut untuk bekerja cepat – Menjadi seorang karyawan Chatime haruslah diwajibkan untuk cepat dan tanggap dalam melayani konsumen. Maka dari itu, fisik dan juga mentalmu perlu diasah dengan baik karena kamu perlu melayani konsumen dengan jumlah yang banyak setiap harinya.
  • Dipaksa harus ramah – Menjalani kerja sebagai seorang pelayanan pembeli minuman yang dituntut untuk selalu sopan dan ramah bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Apalagi jika kamu merupakan tipe orang yang tidak suka banyak bicara, pasti kamu akan sangat merasa kesulitan.
  • Capek – Sebagai seorang pekerja  yang mengandalkan kekuatan fisik, merasakan capek mungkin menjadi hal y lumrah dan umum yang akan kamu rasakan jika bekerja di Chatime.
  • Jam kerja panjang – Pada umumnya, gerai Chatime akan buka minimal 12 jam. Itu merupakan jam kerja yang cukup panjang bagi seorang karyawan.

Sekian informasi mengenai pengalaman kerja di Chatime yang dapat penulis berikan melalui artikel ini. Semoga dengan membaca artikel ini secara lengkap, kamu dapat mengetahui gambaran besar mengenai bagaimana sistem pendaftaran dan kerja karyawan di Chatime. Terimakasih telah membaca

 

 

Author

Write A Comment