Halo para pembaca sekalian, kali ini penulis akan mengungkapkan bagaimana pengalaman mendaftar dan bekerja di Mie Gacoan. Siapa sih yang tak kenal dengan Mie Gacoan, dia adalah gerai paling viral dari beberapa tahun belakangan.

Tak heran kalau tiap ‘warung‘ cabangnya selalu ramai pengunjung, bahkan ada yang rela antri berjam-jam hanya untuk makan di sana. Lantas, bagaimana pengalaman saya bekerja di Mie Gacoan?

Profil Mie Gacoan

sistem kerja di mie gacoan

Mie Gacoan” merupakan merek dagang dari jaringan restoran mie pedas nomor 1 di Indonesia, yang merupakan bagian dari PT Pesta Pora Abadi. Berdiri sejak awal tahun 2016, Mie Gacoan telah berkembang menjadi raksasa pasar dan menjadi merek terbesar nomor 1 secara nasional.

Dengan konsep bersantap modern dengan harga terjangkau, Mie Gacoan hadir, melayani puluhan ribu pelanggan setiap bulannya. Nama “Mie Gacoan” diambil dari kata “Gaco” yang berarti jagoan atau andalan dalam bahasa Jawa.

Bekerja di Mie Gacoan Service crew

Bekerja di Mie Gacoan bukan hanya tentang mencari penghasilan, tetapi juga tentang memperoleh pengalaman kerja yang berharga dan peluang karir yang menarik. Gacoan sendiri dalam cabangnya selalu memprioritaskan warlok (warga lokal) untuk mengisi posisi kerja yang kosong.

Oleh sebab itu, jika kamu adalah warga sekitar di mana cabang Mie Gacoan dibuka maka itu adalah poin plus karena kesempatanmu diterima kerja di sana lebih besar.

*Saat tulisan ini dibuat, cabang Mie Gacoan sendiri sudah lebih dari 100 lokasi

Proses Pendaftaran

Proses pendaftaran seleksinya melibatkan beberapa tahapan yang harus saya lewati. Pertama, tahapan pengiriman berkas melalui email. Tahapan kedua adalah tes tertulis online yang mencakup soal matematika dan soal persamaan kata.

Selanjutnya, tahapan seleksi dilanjutkan dengan wawancara secara online melalui video call WhatsApp. Wawancara tersebut tidak terlalu bersifat formal, selain hanya melalui telfon daring, gaya bahasa yang digunakan juga seperti obrolan biasa.

Lantas, apa saja pertanyaan yang diajukan oleh interviewer dalam seleksinya?

  1. Perkenalan diri
  2. Pengalaman kerja
  3. Apakah punya kenalan di Mie Gacoan (mungkin orang dalam)?
  4. Kendala yang pernah dialami dari pekerjaan sebelumnya dan cara mengatasinya
  5. Bagaimana jika atasan tidak menyukai anda?
  6. Dan obrolan basa-basi lainnya

Sistem Kerja di Mie Gacoan

Bagi mereka yang lolos seleksi, akan langsung mengikuti training. Singkat cerita saat sudah mulai bekerja secara resmi di resto maka kita langsung dihadapkan dengan situasi dimana resto tersebut ramai pengunjung.

Entah kenapa, Mie Gacoan ini selalu ramai, jadi kita sebagai karyawan di sana cenderung kerepotan dan capek saking sibuknya. Ya, kerja di sini sering diforsir untuk mengeluarkan semua tenaga dan kemampuan.

Jika terjadi banyak antrian pelanggan akan tetap diterima meski keadaan resto penuh tidak ada meja kosong. Untuk orderan ojek online, bagi karyawan Mie Gacoan, mereka tidak boleh mematikan aplikasi ojek online tersebut jadi sebanyak apapun pesanannya tetap akan dibuatkan.

Tak heran kalau bekerja di sini rasanya berat, pulang jarang on time. Apalagi kalau bulan puasa, sangat sulit mengatur waktu kerja dan buka puasa, kita hanya diberi waktu 10 menitan untuk makan dan ibadah.

Dituntut untuk kerja cepat dan tepat sesuai SOC perusahaan. Gaji yang dibawah UMR dan untuk lembur hanya skitar 10rb perjamnya.

Berapa Jam Kerja di Mie Gacoan?

Berbeda dengan restoran lainnya, Mie Gacoan menerapkan sistem operasional selama 24 jam tanpa henti. Hal ini berarti bahwa sistem kerja yang diterapkan menggunakan shift sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya, yaitu:

  • Shift 1: Jam 07:00 hingga 15:00
  • Shift 2: Jam 15:00 hingga 23:00
  • Shift 3: Jam 23:00 hingga 07:00

Namun, terdapat cabang Mie Gacoan yang belum menerapkan sistem 24 jam sehingga jam kerjanya sedikit berbeda. Dalam sistem kerja non-shift, jam kerja pada restoran tersebut umumnya dimulai dari jam 08:00 hingga 17:00 sore.

Karyawan juga memiliki hak untuk mengambil cuti atau hari libur apabila ada kegiatan yang mendesak. Jam kerja di Mie Gacoan mengikuti aturan yang diatur dalam Undang-Undang Cipta Kerja yang berlaku.

Meski begitu, karyawan sering pulang ngaret karena harus beres-beres, mengerjakan sesuatu yang belum selesai, mencari solusi masalah, menghitung uang masuk (untuk kasir) sehingga jam kerja ngaret sampai satu jam.

*Libur 4x sebulan (di luar sabtu minggu dan tnggal merah)

Suka Duka Kerja di Mie Gacoan

Di perusahaan tersebut, terdapat beberapa isu terkait kondisi kerja dan kesejahteraan karyawan yang patut diperhatikan, antara lain:

Suka

  1. Pekerjaannya mudah, tidak terlalu banyak mikir karena yang dominan adalah tenaga
  2. Lingkungan kerja nyaman, banyak teman yang baik hati sehingga saling bahu membahu dan kekeluargaan (beruntung bila dapat cabang yang begitu)
  3. Bertemu orang baru setiap hari, kadang ada saja yang ngajak kenalan. Syaratnya hanya kalau tampangmu cantik atau ganteng
  4. Lebih dekat untuk mengetahui hal managemen keuangan dan managemen Perushaan

Duka

  1. Tidak adanya jenjang karir yang jelas.
  2. Gaji yang belum mencapai Upah Minimum Regional (UMR).
  3. Tunjangan Hari Raya (THR) yang tidak sebanding dengan gaji.
  4. Keterbatasan untuk mendapatkan cuti di hari libur nasional.
  5. Jam kerja yang melebihi batas normal.
  6. Karyawan bertanggung jawab atas kesalahan pelanggan dengan potongan gaji.
  7. Upah perbulan tidak mencapai full karena banyak potongan dari perusahaan, seperti potongan untuk seragam yang seharusnya merupakan jatah wajib dari perusahaan.

Berapa Gaji Kerja di Mie Gacoan?

NAMA POSISI GAJI
Crew Kitchen (Cook, Helper, Dish Washer, dll.) Rp 1.900.000 – Rp 2.500.000 (Sering Dipotong)
Staff Admin & Purchasing Rp 3.500.000 – UMR
Staff Personalia Rp 2.000.000 s.d. Rp 3.000.000
Manager Rp 4.000.000
Staff Accounting & Finance Rp 2.000.000
Asisten Supervisor Rp 2.500.000
Bagian Service (Kasir, Waiters Crew, dll.) Rp 1.900.000
Supervisor Outlet Rp 3.500.000
*Besaran UMK berbeda di setiap kota, misal UMK Jakarta 2023 sebesar Rp 4.901.798 dan UMK Semarang 2023 sebesar Rp 3.243.969

 

Cara Melamar Kerja di Mie Gacoan

Sama seperti perusahaan franchise lainnya, Mie Gacoan juga membuka banyak lowongan pekerjaan untuk beberapa posisi atau jabatan. Berikut adalah beberapa syarat dan kualifikasi umum yang harus dipenuhi oleh para pelamar yang ingin bekerja di Mie Gacoan:

  1. Usia maksimal 27 tahun pada saat melamar kerja.
  2. Pendidikan minimal lulusan SMA atau sederajat.
  3. Siap bekerja di hari libur.
  4. Diutamakan memiliki pengalaman di bidang Food and Beverage (F&B).
  5. Mampu bekerja dalam tim.

Selain syarat di atas, para pelamar juga perlu menyiapkan beberapa dokumen yang perlu dilampirkan saat melamar kerja di Mie Gacoan. Dokumen-dokumen tersebut antara lain:

  • Surat lamaran kerja dan CV (daftar riwayat hidup).
  • Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai.
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Pas foto 4 x 6 dengan latar belakang berwarna merah.
  • SKCK terbaru.
  • Sertifikat pendukung (jika ada).

Contoh Surat Lamaran Kerja

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?
Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download [53.66 KB]

Akhir Kata

Setelah beberapa waktu bekerja di Mie Gacoan, saya merasa perlu untuk menyampaikan beberapa kesimpulan yang cenderung pesimis. Meskipun memiliki potensi untuk menjadi tempat kerja yang baik, namun terdapat beberapa kekurangan yang cukup signifikan yang perlu diperhatikan.

Pertama, sistem jenjang karir yang tidak jelas membuat para karyawan sulit untuk merencanakan masa depan karir mereka di perusahaan ini. Kekurangan ini dapat mengurangi motivasi dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan.

Kedua, gaji yang belum sesuai dengan standar Upah Minimum Regional (UMR) menimbulkan ketidakpuasan di kalangan karyawan. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja dan motivasi karyawan dalam bekerja.

Ketiga, tunjangan Hari Raya (THR) yang tidak sebanding dengan gaji juga menjadi salah satu masalah yang perlu diperhatikan. THR yang kurang memadai dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi karyawan.

Keempat, ketidakmampuan untuk mendapatkan cuti di hari libur nasional membuat karyawan merasa terkekang dan kurang memiliki waktu untuk istirahat dan bersantai.

Kelima, jam kerja yang melebihi batas normal juga menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian serius. Jam kerja yang panjang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan dan keseimbangan kehidupan kerja-keluarga karyawan.

Kesimpulannya, meskipun pengalaman bekerja di Mie Gacoan memiliki beberapa kekurangan, namun saya percaya bahwa dengan perbaikan dan perubahan yang tepat, Mie Gacoan masih memiliki potensi untuk menjadi tempat kerja yang lebih baik bagi para karyawan di masa depan.

Dengan memahami sistem kerja, suka duka, dan informasi penting lainnya tentang Mie Gacoan, diharapkan kamu dapat mempersiapkan diri dengan baik sebelum memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan ini.

1 Comment

  1. Halo bang, aku baru ditahap training bagian Floor Leader atau Floor manager.
    Berbagi cerita disini aku area Malang Jatim.
    Sebelumnya dihari pertama ini yaitu materi dikasih tugas nanti trainingnya lapangan, jadi langsung terjun kesemua bagian resto dari bagian noodle, bevergae, kasih dll.
    Nah, sebelum keterima training kan ada seleksi namanya oje. Disana aku tanya crew asal makasar yang lagi trainging juga gaji 3.5 umr sana. Sedangkan aku ngelamar bagian Floor Leader malang yang umr 3.5 cuma dapet gaji 3.2 di kesepakatannya.
    Dan yang aku merasa ambigu lagi di jam kerja
    Opening (jam 7- 4 sore)
    Closing (jam 4- 1 pagi)
    Middle 1 (jam 11- 8 malam)
    Middle 2 (jam 1- 10 malam)
    Last Middle (jam 3 sore- 12 malam).

    Kalau boleh minta saran gimana, karena aku bingung lajut apa nggak. Secara tempat trainging 3bulan nanti jarak dari rumah 20mnt lebih, aku cewek dan juga jamnya kerja.
    Oh, dan juga mau tanya kalau semisal kan udah ttd kontrak terus aku langsung keluar kerja tanpa ada kabar itu konsekuensinya gimana

    Makasih bang kalau dijawab, salam sehat

Write A Comment