Pengalaman Kerja Di Prima Freshmart

Pengalaman Kerja Di Prima Freshmart

Mungkin bagi kamu yang tinggal ataupun sedang merantau di kota-kota besar di Indonesia, pasti sering melihat sebuah bangunan toko  dengan sign board bertulisan Prima Freshmart. Mungkin pada awalnya kamu akan berpikir jika Prima Freshmart merupakan sebuah minimarket yang berjualan aneka produk dengan berbagai macam merk, layaknya minimarket-minimarket yang sudah menjamur di pinggir jalan. Meskipun Prima Freshmart juga merupakan toko penjualan, namun dia sedikit berbeda dengan toko-toko minimarket itu.

Prima Freshmart merupakan toko ritel khusus yang menjual berbagai macam produk olahan dari kegiatan ternak ayam seperti, daging ayam, telur dan berbagai macam olahan yang diproduksi oleh FIESTA dan CHAMP, Meskipun begitu, di toko-toko Prima Freshmart juga menjual berbagai macam produk kebutuhan dapur lainnya seperti, beras, bumbu-bumbu dapur dan berbagai macam produk makanan instan.

Prima Freshmart yang merupakan anak dari perusahaan CP Food, telah berdiri sejak tahun 2011 silam dan hingga saat ini telah memiliki  hampir 1200 gerai di Pulau Jawa, Bali dan Sumatera, sehingga seringkali membuka lowongan pekerjaan bagi para fresh graduate ataupun para pekerja profesional, untuk ikut serta membantu mengembangkan perusahaan semanji semakin maju.

Bagi kamu yang ingin melakukan pendaftaran kerja ataupun akan bekerja di Prima Freshmart, melalui artikel ini akan membahas mengenai pengalaman kerja di Prima Freshmart, yang mungkin dapat kamu jadikan sarana belajar untuk lebih mengetahui bagaimana prosedur penerimaan karyawan dan sistem kerja yang diterapkan di Prima Freshmart.

Pengalaman Kerja Di Prima Freshmart

Seperti pada sistem pencarian tenaga kerja perusahaan, kamu yang ingin melakukan pendaftaran sebagai calon karyawan di Prima Freshmart dapat melakukan pencarian dan pengiriman berkas lamaran melalui berbagai aplikasi pencarian kerja seperti Jobstreet, indeed, Linkedin, dan sosial media lainnya. Namun pada waktu itu, saya menemukan sebuah brosur lowongan kerja di Prima Freshmart di sebuah media sosial.

Baca juga:   Pengalaman Kerja di Mixue

Sebagai seorang lulusan sekolah menengah yang tak kunjung mendapatkan pekerjaan, tanpa pikir panjang saya mengikuti prosedur pendaftaran dan pengiriman berkas lamaran, sesuai dengan apa yang dijelaskan pada postingan di media sosial tersebut.

Entah karena saya beruntung atau memang waktu itu Prima Freshmart sedang mencari pekerja dengan volume yang besar, selang beberapa hari saya mendapatkan sebuah informasi melalui whatsapp, untuk diundang mengikuti tahapan seleksi penerimaan karyawan yaitu, interview dan psikotes.

Tanpa pikir panjang saya pun segera menyiapkan dan mengurus segala berkas yang diperlukan dan belajar, karena jadwal seleksi akan dilakukan hanya selang beberapa hari semejak saya menerima pesan pemberitahuan itu. Saya awalnya berpikir jika undangan seleksi tersebut adalah hoax, namun karena saya sudah terlalu lama menjadi pemuda pengangguran yang terus-terusan jadi omongan  tetangga dan juga tempat pelaksanaan seleksi tidak jauh dari rumah saya, saya mencoba membulatkan tekad untuk mengikuti undangan seleksi ini.

Sesuai dengan waktu dan tempat yang tertulis pada undangan, saya pun segera berangkat menuju lokasi yang telah ditentukan. Tepat jam 11 siang saya sampai di lokasi yang berada di lantai dua, dan ternyata disana sudah banyak sekali peserta seleksi yang sudah datang. Bahkan ada juga yang telah selesai mengikuti proses seleksi pertama.

Tahap Psikotes

Tahap seleksi pertama penerimaan karyawan Prima Freshmart yang saya jalani adalah Psikotes. Tak jauh berbeda dengan tahapan psikotes dalam seleksi penerimaan calon karyawan baru di perusahaan-perusahaan lain, saya diminta untuk terlebih dahulu mengisi formulir data diri sebelum mengikuti seleksi tahapan psikotes.

Karena Prima Freshmart merupakan perusahaan retail, soal-soal psikotes yang diberikan kepada saya hampir sebagian banyak berhubungan dengan hal-hal yang berbau hitung-hitungan, Maka dari itu, kamu perlu hati-hati dan teliti dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan.

Baca juga:   Pengalaman Kerja di PT Ungaran Sari Garment

Ikutilah dengan sebaik-baiknya segala aturan main yang diberlakukan di tahapan psikotes ini. Seperti, jangan mulai mengerjakan soal terlebih dahulu sebelum diberikan perintah untuk mengerjakan, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan, agar kamu meninggalkan kesan yang baik terhadap  penyeleksi (Biasanya HRD).

Tahap Interview

Setelah semua peserta seleksi telah selesai mengikuti tahapan psikotes, tes seleksi selanjutnya adalah interview. Proses interview dilakukan secara satu per satu dan peserta lainnya dimita berada di luar ruangan untuk menunggu giliran. Lamanya proses interview yang saya jalani waktu itu sekitar 30 menit.

Hal pertama yang diminta kepada saya ketika mengikuti tahapan interview adalah melakukan perkenalan diri, kemudian dilanjut dengan beberapa pertanyaan yang umum seperti, pengalam kerja, mendapatkan informasi lowongan kerja Prima Freshmart dari mana, skil dan kemampuan yang dimiliki dan sebagainya.

Sebagai bahan pembelajaran bagi kamu yang ingin mencoba melamar di Prima Freshmart, atau mungkin yang akan mengikuti proses seleksi di Prima Freshmart, berikut ini ada beberapa contoh pertanyaan tahapan interview yang seingat saya ditanyakan kepada saya dulu:

  1. Mengapa Anda ingin bekerja di Prima Freshmart?
  2. Apa yang membuat Anda cocok dengan posisi yang Anda lamar?
  3. Apakah Anda memiliki pengalaman kerja sebelumnya di bidang retail? Jika ya, ceritakan pengalaman Anda.
  4. Bagaimana Anda menangani keluhan pelanggan?
  5. Bagaimana Anda mengelola waktu Anda saat bekerja di tingkat yang sibuk?
  6. Bagaimana Anda menjaga agar tidak terjadi kekeliruan dalam mengambil pesanan pelanggan?
  7. Bagaimana Anda memotivasi diri Anda sendiri saat menghadapi tantangan di tempat kerja?
  8. Bagaimana Anda mengelola stres saat bekerja di tingkat yang sibuk?
  9. Apa yang Anda harapkan dari pekerjaan ini?
  10. Apakah Anda memiliki pertanyaan untuk kami?
Baca juga:   Pengalaman Kerja Sebagai Payroll Officer - Suka Duka

Baca Juga : Pengalaman Kerja Di PT Mitracomm Ekasarana

Namun tidak menutup kemungkinan jika beberapa pertanyaan di atas tidak akan ditanyakan kepadamu. Karena pada umumnya, pertanyaan yang diberikan akan disesuaikan dengan posisi apa yang akan kamu lamar.

Setelah proses semua peserta telah selesai melakukan proses interview, pada hari itu juga akan di umumkan siapa saja peserta seleksi yang yang memenuhi syarat dan dinyatakan lolos. Bagi peserta seleksi yang tidak lolos bisa langsung pulang,

Sedangkan bagi peserta yang lolos akan diberikan briefing untuk pemberitahuan tahapan seleksi selanjutnya yaitu tes medical check up, mengikuti sesi orientasi kerja dan tes praktik sebelum melakukan tanda tangan kontrak kerja. bagi peserta seleksi yang gagal bisa langsung pulang.

Terimakasih telah membaca artikel mengenai pengalaman kerja di Prima Freshmart ini, semoga informasi yang terdapat di artikel ini bermanfaat bagimu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *