Pengalaman Kerja di PT Kontak Perkasa Futures

PT Kontak Perkasa Futures

Pengalaman Kerja di PT Kontak Perkasa Futures – KPF merupakan perusahaan pialang berjangka yang sudah berdiri sejak tahun 2000 silam. Saat ini Kontak Perkasa sudah mempunyai 8 kantor operasional yang tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makasar dan Bali.

Selain itu Kontak Perkasa juga terdaftar sebagai anggota dari PT Bursa Berjangka Jakarta dan PT Kliring Berjangka, dengan kata lain mereka adalah perusahaan resmi yang terdaftar sekaligus diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Nah, bagi kamu yang ingin melamar atau akan bekerja di PT Kontak Perkasa Futures maka sebaiknya simak dulu ulasan ataupun pengalaman kerja di perusahaan tersebut yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber yang jelas dan kredibel.

Pengalaman Kerja PT Kontak Perkasa

Seperti diketahui, KPF sering membuka lowongan kerja dengan berbagai posisi, bahkan mereka menyediakan tempat untuk pekerja paruh waktu alias freelance. Untuk posisi kerja yang dibuka ada banyak, misalnya staff kantor, anilisis, manager, admin dan sebagainya lengkap dengan gaji dan fasilitas yang disertakan.

Mulanya PT KPF membuka lowongan ataupun stand di tempat jobfair yang diadakan di Jogja, mereka membuka lowongan kerja dengan beberapa posisi. Ada banyak pencari kerja yang tertarik untuk memberikan amplop coklat mereka ke sana.

Mereka bilang perusahaan ini bergerak di bidang keuangan dan kebanyakan pelamar mencalonkan diri untuk masuk ke Management Trainee. Saat ditanya tentang apa saja job desc dari posisi yang dibuka mereka menjawab kalau sebaiknya pertanyaan tersebut ditanyakan ketika interview nanti.

Tidak sampai sehari, pihak Kontak Perkasa Futures menyatakan kalau saya berhasil losos seleksi administrasi dan berhak untuk mengikuti interview esok hari. Ternyata mudah sekali, pikirku dalam hati.

Kemudian saya mendatangi lokasi tes yang berada di kantor KPF di Yogyakarta. Lobby mereka terlihat wah dan cukup meyakinkan untuk perusahaan yang ‘ngakunya’ bergerak di bidang keuangan. Saya diarahkan untuk menuju ke ruangan tempat peserta melakukan interview.

Pada hari tersebut tidak ada pikiran bahwa PT Kontak Perkasa Futures melakukan penipuan karena kantornya mewah, karyawannya banyak, ruangannya besar dan terlihat profesional.

Ruangan tempat seleksi karyawan baru terlihat seperti meeting room karena ada meja kotak panjang dan kursi yang mengelilinginya, termasuk LCD proyektor.

Disini peserta menunggu giliran untuk dipanggil interview satu persatu. Tiba giliran saya untuk melakannya, di dalam ruangan terdapat ruangan dengan satu orang wanita dengan layar komputer menyala di depannya seolah ingin diperlihatkan kepada saya. Pada layar tersebut menampilkan candle stick yang biasa digunakan untuk menganalisa pergerakan saham.

Interviewnya terasa sangat mudah karena tidak ada pertanyaan sulit yang diajukan, tidak seperti perusahaan lainnya. HRD juga bilang kalau penempatan posisi akan menyesuikan hasil psikotest, ibarat kamu cocoknya dimana ya ditempatkan di sana.

Seleksi Calon Karyawan




Hari berikutnya diadakan psikotest di kantor yang sama tapi dengan ruangan yang berbeda. Ruangan ini diisi oleh banyak peserta, sekitar 50 orang. Uniknya tiap hari dalam kantor KPF diputar alunan musik yang cukup enak untuk didengarkan.

Tidak seperti tes diperusahaan lain yang memberikan penjelasan di awal atau sebelum tes, pihak pelaksana malah mengajarkan peserta yang tidak paham cara mengerjakan. Ini test kok malah dikasih contekan secara langsung?! Karena hal itu, tes yang harusnya mempunyai batas waktu malah jadi lama sekali karena panitia membantu setiap peserta supaya lulus.

Model psikotest yang dilakukan oleh pihak Kontak Perkasa Futures ini tidak ada sakral-sakralnya, terkesan formalitas karena semua peserta bisa lulus dengan mudah.

Pada hari berikutnya dilakukan presentasi oleh pihak KPF yang dilakukan pukul sembilan pagi sampai duabelas siang. Kebanyakan penjelasan hanya menceritakan kisah sukses para karyawan mereka supaya kita (karyawan baru) bisa mengikuti jejaknya. Sayangnya, mereka justru tidak menjelaskan bagian paling penting seperti cara kerja perusahaan dan apa yang akan kita kerjakan nantinya.

Kemudian ada ada beberapa orang yang dipanggil untuk dipindahkan ke ruangan lain. Akhirnya masuk ke pengumuman seleksi, peserta yang ada di ruangan ini (termasuk saya) semuanya lolos dan peserta lain yang tadi dipanggil juga lolos semua. Jadi semua orang yang hadir dinyatakan lolos untuk bekerja di PT Kontak Perkasa Futures.

Lalu untuk apa tes kemarin kalau semuanya lolos? *asli bego bener.

Tahap selanjutnya adalah pengarahan yang dilangsungkan selama dua hari dan 1 bulan masa training. Pengarahan ini diadakan esok hari untuk menjelaskan tentang apa yang kita kerjakan dan berapa gaji yang akan didapat.

Pengarahan dan Training Perusahaan

Hari berikutnya diadakan pengarahan yang dipimpin oleh kepala divisi yang bersangkutan, dia memberi tahu profil perusahaan, job desc, gaji, dan sistem kerja. Hal ini justru membuat kecurigaan saya timbul, kenapa ada gaji awal dan gaji akhir yang nominalnya tidak jelas.

Posisi yang saya tempati adalah Asisten Manager tapi pekerjaan yang saya lakukan malah mengumpulkan data calon nasabah, menghubungi mereka, dan membuat mereka berinvestasi ke KPF. Benar-benar absurd. Si kepala divisi bilang kalau gaji pokoknya kecil tapi kalau kita bisa dapat banyak nasabah dalam satu bulan maka komisi (bonus) yang akan kita terima sangat banyak.

Hanya saja untuk mendapat nasabah pertama justru dimulai dari kerabat, saudara, tetangga dan teman sendiri. Ya, saya disuruh untuk meyakinkan mereka untuk berinvestasi di Kontak Perkasa dengan dalih investasi emas dan saham. Pokoknya semua orang yang punya potensi untuk berinvestasi harus dihubungi. Matab sekali, kan?!

Lucunya, di hari berikutnya hanya tersisa tiga orang padahal waktu itu divisi saya ada sekitar 30 orang yang lolos seleksi. Pada hari ini saya disuruh untuk mengisi data kontak dari orang yang saya kenal. Manager memberi arahan bagaimana cara berbicara dan mempresentasikan layanan atau produk yang ada di KPF.

Gaji PT Kontak Perkasa Futures

PosisiGaji Perbulan
Business AnalystRp 3,906,869
Staf AdministrasiRp 4,070,039
Director of Public RelationsRp 3,000,000
Staf Kantor
Rp 3,874,728
Staf Administrasi Data
Rp 2,874,749
Konsultan
Rp 4,817,142
Assistant Manager
Rp 3,646,287
General Manager
Rp 3,071,409

Pada tabel di atas memang terlihat cukup menjanjikan atau ‘normal’ tentang nominal gaji yang diberikan oleh perusahaan. Namun, pada kenyataannya tidak demikian, untuk pelamar kerja yang baru dan ingin masuk perusahaan sering kali menempati posisi marketing dan sejenisnya.

Intinya pekerjaan dimulai dari mencari nasabah, gaji di atas juga tidak ada gunanya, kenapa? Kontak Perkasa Futures tidak memberikan gaji sepeserpun untuk mereka yang tidak dapat nasabah. Gak dapet nasabah = tidak digaji. Itulah yang kerap kali dilakukan oleh perusahaan pialang dengan embel-embel futures.

Bisa dilihat pada artikel kami sebelumnya yang membahas derita karyawan di perusahaan pialang, seperti:

Syarat Jadi Nasabah

Setahu saya, semua lowongan yang dibuka oleh KPF unjung-ujungnya sama saja, yakni cari nasabah. Muncul pertanyaan, apa yang dimaksud dengan nasabah? Kita disuruh mencari orang yang mau menginvestasikan uangnya sebanyak Rp 100.000.000 ke pihak Kontak Perkasa Futures.

Selanjutnya uang itu diapakan? Dipakai untuk membeli produk berupa saham atau emas digital. Gimana caranya? Ya jual beli saja, tapi kebanyakan nasabah tidak tau cara menganalisa pergerakan saham dan sering memberikan kewenangan transaksi ini kepada pihak KPF.

Padahal pihak KPF, sebut saja anak baru yang ngebet dapet nasabah juga sama saja tidak bisa menganalisa pergerakan saham, ujung-ujungnya kalah, uang hilang, nasabah merasa dirugikan dan ditipu. Sedangkan pialang dapat komisi dari rekrutmen nasabah dan jumlah transaksi nasabah. Nasabah rugi dan untung si pialang tetap untung karena dapat komisi per transaksi.




Berapa komisinya? Ini masih jadi rahasia perusahaan, karena tidak ada artikel yang menyebut secara gamblang berapa komisi yang mereka dapat dari transaksi trading tersebut.

Kesimpulan

Bekerja di PT Kontak Perkasa Futures tidak disarankan karena sistem kerjanya mirip atau bahkan sama saja dengan Multi Level Marketing (MLM) yang dibayar hanya jika dapat nasabah. Kalau kamu merasa cocok untuk bekerja di bidang itu ya silahkan. Tapi dengan catatan harus terbuka dengan nasabah, mereka wajib tau uang mereka larinya kemana, transparan.

Jangan cuma ingin dapat komisi tapi di satu sisi malah merugikan orang lain (nasabah). Oke kamu bisa sukses, kaya dengan komisi transaksi tapi uang tersebut didapat dari kerugian orang lain. Padahal nyatanya sangat jarang nasabah bisa untung dari investasi dengan model seperti ini.

Untuk para pencari kerja juga jangan malas membaca dan mencari tahu profil serta sistem kerja dari perusahaan yang dituju. Situs Rubuh.com hadir untuk mengedukasi pencari kerja supaya tidak kena tipu oleh perusahaan sekaligus memberi gambaran tentang gaji, profil perusahaan dan sistem kerja di posisi tersebut.

Demikian artikel tentang pengalaman kerja di PT Kontak Perkasa Futures, semoga dapat membantu kamu dalam menentukan pilihan pekerjaan. Terimakasih sudah membaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *