Pada kesempatan kali ini, penulis akan mencoba menyajikan sebuah artikel yang akan membahas mengenai pengalaman kerja karyawan di PT Ungaran Sari Garment (USG) yang diambil dari berbagai sumber yang cukup terpercaya, sehingga dapat menjadi sebuah bahan referensi pembelajaran dan pengetahuan bagi kamu yang saat ini akan atau merasa tertarik untuk bekerja di tempat tersebut.

PT Ungaran Sari Garment merupakan sebuah perusahaan atau pabrik yang bergerak dalam bidang usaha tekstil dan konveksi. Berdiri sejak tahun 1984 di Ungaran, Jawa Tengah, hingga kini PT. Ungaran Sari Garment (USG) telah berhasil mengembangkan usaha bisnisnya di beberapa daerah besar di Indonesia, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Jawa Barat.

Bukan hanya sebagai sebuah perusahaan garment yang menggeluti bisnis dengan skala lokal (dalam negara) saja, PT USG juga mampu mengembangkan usahanya hingga ke luar negeri (ekspor), untuk memasarkan produk-produk hasil produksi pabrik mereka seperti kaos, baju, celana dan lain sebagainya ke berbagai negara-negara besar seperti Amerika, Jepang, hingga negara-negara Eropa.

Menjadi salah satu perusahaan garment yang telah merambah ke skala internasional, PT. Ungaran Sari Garment juga memastikan produk-produk yang dihasilkan dari pabrik yang dimiliki memiliki standar kualitas yang tinggi. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan digunakannya berbagai macam alat-alat produksi berteknologi tinggi, yang ditunjang dengan para tenaga ahli yang sudah berpengalaman.

Pengalaman Kerja di PT Ungaran Sari Garment

Pengalaman Kerja di PT Ungaran Sari Garment

Meskipun telah menjadi salah satu perusahaan garment yang sudah cukup sukses dalam urusan bisnis lokal maupun internasional, namun PT. Ungaran Sari Garment menginginkan terus adanya perkembangan yang konsisten baik secara internal maupun eksternal, guna mempertahankan hingga meningkatkan kinerja perusahaan yang sudah ada saat ini.

Salah satu bentuk usaha yang dilakukan oleh pihak perusahaan agar tujuan tersebut dapat tercapai adalah dengan senantiasa membuka kesempatan bagi para mereka (job seekers) yang merasa mempunyai keahlian yang kompeten dalam bidangnya dan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh perusahaan, untuk mencoba melamar sebagai karyawan di PT Ungaran Sari Garment (USG).

Baca juga:   Pengalaman Mengikuti Tes Seleksi Magang Bakti BCA

Bagi kamu yang saat ini sedang mencari pekerjaan dan merasa tertarik untuk menjadi karyawan di PT Ungaran Sari Garment, berikut ini ada beberapa informasi terkait sistem rekrutmen karyawan atau tenaga kerja yang mungkin kamu butuhkan.

1. Posisi yang dicari

Berikut ini adalah jenis jabatan atau posisi pekerjaan yang pada umumnya dibuka secara umum untuk pada pencari kerja (job seekers):

  • Operator jahit (Sewing)

Operator jahit atau sewing merupakan sebuah posisi pekerjaan di dalam pabrik garment yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan proses produksi, yaitu mengoperasikan mesin jahit guna merakit bagian-bagian kain sesuai dengan pola dan instruksi yang diberikan.

Oleh sebab itu, keterampilan dan kemampuan pekerja dalam bidang menjahit menjadi hal utama yang dijadikan pertimbangan dalam proses rekrutmen karyawan atau pekerja untuk posisi ini.

  • Operator mesin (Meknik)

Menggunakan bantuan alat atau mesin dalam menjalankan proses produksi pabrik, tentu saja sebuah perusahaan garment membutuhkan tenaga ahli yang kompeten dalam bidang operator mesin atau mekanik mesin jahit.

Seorang operator mesin pabrik garment haruslah memiliki berbagai macam keterampilan atau kemampuan yang cakap untuk menjalan berbagai macam tanggung jawab yang dimiliki seperti, menyiapkan mesin, melakukan perawatan dan pemeliharaan mesin jahit, melakukan troubleshot dan perbaikan pada mesin jahit yang bermasalahan dan lain sebagainya.

  • Quality Control (QC)

Demi menjamin produk yang dihasilkan sesuai dengan kualitas yang telah ditentukan, perusahaan garment membutuhkan peranan seorang Quality Control atau QC. Dalam tugasnya, seorang QC akan bertanggung jawab penuh dalam melakukan pemeriksaan kualitas produk, melakukan pengujian fungsional, melakukan indentifikasi produk cacat, pemantaun proses produksi, dan membuat pelaporan dan dokumentasi.

  • Supervisor

Dalam pabrik usaha garment, seorang supervisor merupakan seorang karyawan bertanggung jawab mengawasi dan mengelola operasional produksi di dalam pabrik. Peranan seorang supervisor yang kompeten penting dimiliki guna menjaga kelancaran operasional produksi, mencapai target produksi, dan memastikan kualitas produk yang dihasilkan.

Baca juga:   Ketahuilah! Begini Cara Menagih Gaji ke Bos

Secara detail, seorang supervisor dalam perusahaan garment memiliki tugas dan tanggung jawab penuh yang meliputi pengawasan kegiatan produksi, melakukan penjadwalan dan koordinasi, menjalankan pelatihan dan pengembangan tim, melakukan penyelesaian permasalahan yang terjadi dalam kegiatan operasional produksi, menjaga kualitas produk dan efisiensi kegiatan produksi. serta menjamin keselamatan dan kepatuhan karyawan praduksi.

  • Manager

Manager dalam pabrik garment merupakan individu yang bertanggung jawab penuh atas pengelolaan keseluruhan operasional dan kinerja pabrik garmen. Dengan adanya kepemimpinan manager yang kuat dan mampu untuk melakukan pengelolaan sumber daya, kontrol kualitas yang ketat, dan kerjasama antar departemen, pertumbuhan pabrik garmen yang efisien dan konsisten dapat tercapai.

Berikut ini adalah tugas seorang menager dalam pabrik garment secara detail:

      • Melakukan perencanaan dan pengaturan.
      • Melakukan pengawasan tim.
      • Pengendalian produksi.
      • Melakukan dan membentuk menejemen kualitas.
      • Melakukan koordinasi dengan departemen lain
      • Melakukan analisa kinerja.

2. Persyaratan dan cara melamar kerja

  • Persyaratan

Bagi kamu yang saat ini merasa tertarik untuk melamar sebagai seorang karyawan di PT Ungaran Sari Garment, berikut ini adalah beberapa persyaratan yang pada umumnya dibutuhkan:

    1. Telah berusia minimal 18 tahun.
    2. Pendidikan minimal SMK Tata Busana/ SMA/ MA semua jurusan
    3. Surat Lamaran Pekerjaan
    4. Daftar Riwayat Hidup
    5. Fotokopi Ijazah Berlegalisir
    6. Fotokopi SKHU/ Transkrip Nilai Berlegalisir
    7. Fotokopi Akta Kelahiran
    8. Surat Izin Orang Tua
    9. Fotokopi KTP 4 lembar
    10. Fotokopi Kartu Keluarga 4 lembar
    11. Fotokopi SKCK Berlegalisir
    12. Pas foto 2×3 (2 lembar), 3×4 (3 lembar), 4×4 (3 lembar)
    13. Memiliki motivasi kerja  yang tinggi untuk menjadi karyawan tetap.
  • Cara melamar

Untuk melamar kerja jadi karyawan di PT Ungaran Sari Garment, seorang job seekers dapat melakukan pelamaran secara online dengan mengirimkan segala berkas atau persyaratan yang dibutuhkan ke halam website resmi perusahan atau melalui berbagi portal situs lowongan pekerjaan yang telah ada seperti JobsDB, Indeed, dan lain sebagainya.

Baca juga:   Cara Menghitung Gaji Karyawan Freelance

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan jasa kirim untuk mengirimkan segala persyaratan yang telah kamu siapkan (CV, Surat lamaran kerja dan sebagainya) ke alamat kantor pusat perusahaan di Jalan Raya Semarang – Solo KM 16, Ungaran, Jawa Tengah.

3. Gaji dan tunjangan karyawan PT Ungaran Sari Garment

Berbicara soal besaran gaji, tentu hal tersebut menjadi sebuah topik yang mungkin paling banyak dicari oleh para pencari kerja, karena kemampuan perusahaan dalam menggaji karyawannya menjadi hal penting yang digunakan sebagai bahan pertimbangan ketika ingin melamar sebuah pekerjaan.

Sebagai sebuah bahan informasi, berikut ini adalah besaran gaji dan tunjangan yang didapat oleh seorang karyawan PT Ungaran Sari Garment, sesuai dengan jabatan yang ia miliki di perusahaan garment tersebut:

NO. POSISI JABATAN GAJI POKOK TUNJANGAN TETAP TUNJANGAN LAINNYA
1 Operator Mesin Rp 3.000.000 Rp 500.000 Rp 250.000
2 Operator Jahit Rp 3.500.000 Rp 500.000 Rp 250.000
3 Quality Control Rp 4.000.000 Rp 750.000 Rp 350.000
4 Supervisor Rp 6.000.000 Rp 1.500.000 Rp 750.000
5 Manager Rp 10.000.000 Rp 2.500.000 Rp 1.500.000

Note : Besaran gaji karyawan ditambah dengan tunjangan yang ada di atas mungkin akan memiliki nominal yang berbeda-beda, karena dipnegaruhi oleh UMK/UMP daerah  di cabang PT USG mana kamu bekerja.

Tunjangan yang diberikan oleh PT USG kepada karyawannya secara terperinci meliputi:

  • Tunjangan kesehatan.
  • Tujangan hari raya.
  • Asuransi karyawan.
  • Fasilitas karyawan.
  • Pelatihan dan pengembangan karyawan.
  • Liburan.

Penutup

Itulah sekilas informasi mengenai pengalaman kerja di PT Ungaran Sari Garment (USG) yang dapat penulis sajikan. Semoga segala informasi yang penulis sajikan pada artikel ini dapat menjadi sebuah bahan referensi pengetahuan yang baik guna dijadikan sebagai bahan pertimbangan lanjutan bagi kamu yang saat ini merasa tertarik untuk melamar sebagai karyawan di perusahaan garment tersebut.

Terimakasih telah membaca..

 

 

Author

Write A Comment