Pengalaman Kerja Menjadi Penulis Novel – Jika kalian tertarik untuk menjadi seorang author/penulis novel karena berpikir dapat menghasilkan uang dengan hanya menulis, sebaiknya kalian baca secara lengkap artikel berikut ini, karena akan mengupas secara lengkap pengalaman pribadi saya sewaktu bekerja menjadi penulis novel.

Apa itu Novel?

Ketika belajar di bangku sekolah, pasti pernah mendengar atau bahkan mempelajari apa itu novel. Sebuah karya sastra berbentuk prosa dimana didalamnya author akan menulis sebuah cerita dalam bentuk karangan maupun cerita asli dengan berbagai jenis kategori seperti horor, roman, trailer dan masih banyak lagi.

Novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat pelaku. Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), novel merupakan sebuah narasi prosa yang diciptakan dengan panjang yang cukup dan kompleksitas tertentu.

Cara Penerbitan Novel

Di era digital seperti sekarang, menjadi author ataupun penulis novel nyatanya tidak serumit dan sesulit seperti dulu ketika ingin menerbitkan sebuah karya. Sudah banyak platform-platform penerbit digital yang menyediakan ruang bagi para author novel untuk menunjukan karyanya. Sebut saja Fizzo, Innovel, Webnovel, KBM dan masih banyak lagi.

Tips Menerbitkan Novel

  • Tema yang jelas – Tentukan tema atau ide dalam naskah atau tulisan kamu, kamu bisa memilihnya berdasarkan kepopuleran, keahlian menulismu, sesuatu yang menjadi ciri khasmu, sampai hal yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.
  • Pembaca yang tertarget – Sebagai penulis novel, kamu harus bisa menentukan target pembaca. Umumnya sebuah bacaan haruslah relevan dengan situasi dan kondisi masyarakat itu sendiri.
  • Isinya sesuai dengan tema – Tema, judul dan isi sebaiknya sesuai dan berkaitan satu sama lain. Jangan sampai isi tulisan malah melenceng jauh dari tema yang ditentukan.
  • Tulis alurnya dengan jelas – Penulis novel hendaknya memahami konsep pembuatan alur cerita yang jelas, rapi dan sistematis sehingga pembaca betah menikmati karyamu.
  • Buat sesuatu yang unik – Jika tidak mampu menjadi yang ‘lebih baik’ maka jadilah berbeda. Berbeda dalam alur cerita, konsep dan sebagainya asalkan mampu menggiring pembaca untuk menikmatinya. Sisipkan saja sesuatu yang baru dan berbeda di dalam naskah, jangan selalu mengulang konsep yang sama dengan tulisan sebelumnya.
Baca juga:   Pengalaman Kerja di Domino's Pizza

Pengalaman Kerja Menjadi Penulis Novel

Mungkin sebagian orang mengira jika bekerja menjadi seorang penulis novel merupakan sebuah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Hanya perlu menulis sebuah cerita lalu akan menerima uang. Tidak semudah itu! Banyak usaha dan pemikiran yang harus dikeluarkan agar kalian dapat menerima bayaran.

Menjadi penulis novel (author) sudah saya jalani sejak 1 tahun yang lalu. Kebetulan platform pertama yang saya gunakan adalah Innovel/Dreame. Niat awal hanya ingin mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat, syukur-syukur kalau hasilnya bisa buat tambah-tambah uang jajan.

Saya terbilang cukup beruntung, buku pertama yang saya tulis bisa langsung mendapatkan kontrak dari Innovel. Setiap hari saya harus berpikir untuk mengarang menulis cerita karena harus mengejar target uploud harian selama satu bulanan penuh hingga buku yang saya tulis tamat.

Tak jarang saya harus rela begadang demi mengejar target, karena sesuai aturan yang berlaku bagi penulis hanya boleh libur uploud selama 2 hari saja dalam satu bulan agar memperoleh pendapatan bulanan.

Bahkan saya pernah mengalami gagal gajian dalam satu bulan karena badan yang sudah terlalu capek bekerja sehingga pikiran tidak dapat fokus dan gagal melakukan daily update. Padahal waktu itu saya sudah menulis puluhan ribu kata. Sedih? Tentu saja, namun itu sudah menjadi konsekuensi karena saya gagal memenuhi aturan yang berlaku.

Jumlah Bayaran Yang Didapatkan Dari Menulis Novel

Bayaran atau gaji penulis novel tentu berbeda-beda di tiap platform dan siapa yang menulisnya. Namun, jika berkaca pada pengalaman penulis sendiri maka bisa digambarkan sebagai berikut jika sudah menamatkan satu buku (judul) dalam periode waktu dua bulan di platform Innovel.

Baca juga:   Pengalaman Kerja di Biznet

NO

Jenis Pendapatan

Pendapatan

1

Bonus Sign in

$50

2

Bonus Daily 1

$150

3

Bonus Daily 2

$150

4

Bonus Tamat

$150

Baca juga: Pengalaman Keraj di Terapis Spa, Sistem Kerja & Gaji

  • Bonus Sign In : Bonus yang diberikan setelah buku mendapatkan kontrak.
  • Bonus Daily : Bonus yang diberikan jika dapat mencapai target bulanan.
  • Bonus Tamat : Bonus yang di dapatkan jika dapat menamatkan buku dengan minimal jumlah kata 100.000.

Sistem pembayaran yang digunakan menggunakan Paypal dan payoneer sebelum di transfer ke rekening pribadi. Jadi terlebih dahulu kalian harus melakukan pembuatan akun paypal atau payoner jika belum memilikinya.

Selain 4 sumber pendapatan di atas, masih ada satu lagi sumber pendapatan yang mungkin bisa didapatkan, yaitu Bonus Royalti. Namun menurut saya untuk mendapatkan bonus royalti ini cukup sulit, karena perhitungan  pemberian bonus royalty ini berdasarkan aturan persentase pembaca buku minimal.

Lamanya proses pencairan pendapatan dari mulai pengajuan pencairan hingga uang dapat masuk ke dalam rekening biasanya kurang lebih hampir satu bulan. Namun berdasarkan pengalaman saya, ada kemungkinan pengajuan pencairan dapat mendapatkan penolakan karena penulis dianggap melakukan kecurangan. Apabila pada proses pengajuan pencairan mendapatkan penolakan, otomatis bonus tidak dapat dicairkan lagi/ hilang. Maka dari itu pentingnya berhati-hati dalam melakukan penulisan bab daily

Syarat Dan Cara Pengajukan Novel

Berikut ini adalah cara pengajuan novel di platform Innovel dengan sistem daily/ eksklusif berdasarkan pengalam kerja menjadi penulis novel selama satu tahun:

  1. Buat naskah novel original/bukan plagiat dengan jumlah 6.000 kata, lengkap dengan unsur-unsur pendukung seperti Sinopsis, blub, lattar, alur dan sebagainya guna memudahkan dalam pengisian form pengajuan kontrak.
  2. Kunjungi website resmi pengajuan buku baru platform Innovel (https://www.starywriting.com).
  3. Lakukan pendaftaran akun.
  4. Pilih” Creat New Story”
  5. Isi semua form yang tersedia secara lengkap tentang bagian-bagian buku, mulai dari pengisian bab, lattar, alur dan sebagainya.
  6. Pilih mengajukan kontrak
  7. Tunggu proses review buku dan kontrak penandatanganan dikirim.
  8. Setelah kontrak turun, baca dulu secara lengkap lalu lakukan penandatanganan.
  9. Kalian sudah bisa mulai daily buku.
Baca juga:   Pengalaman Kerja di PT BestProfit Futures, Perusahaan Penipu?

Bagaimana Menjadi Penulis Novel Pemula?

Cara menjadi penulis novel pemula tidak susah-susah amat, kok. Satu syarat yang wajib kamu lakukan adalah membaca! Ya, hal itulah yang paling berkontribusi dalam perkembangan seorang penulis. Tidak ada penulis yang bisa menulis tanpa membaca, kalaupun bisa pastilah tulisannya tidak enak dibaca.

Dalam membaca sebuah karya, kamu bukan hanya menikmati serangkaian kata, melainkan mempelajari bagaimana si penulis tersebut menyusun kata, prosa, konflik dan sebagainya. Carilah arti dari kata yang tidak kamu ketahui, nantinya hal itu akan menambah skil kamu dalam menyusun kalimat.

Penutup

Itulah pengalaman kerja menjadi penulis novel, mungkin memang terlihat mudah lantaran hanya menulis lalu bisa mendapatkan uang. Namun sebenarnya banyak sekali kendala-kendala internal yang saya alami sewaktu menggeluti profesi ini. Ketenangan dan kebugaran fisik sangat berpengaruh agar dapat mengejar target bulanan yang telah ditentukan. Semoga artikel ini bisa menjadi gambaran bagaimana kehidupan seorang penulis novel

 

Author

Write A Comment

close