Pengalaman Kerja Sebagai Payroll – Mungkin kamu sering mendengar istilah payroll atau justru belum pernah? Belakangan payroll jadi salah satu pekerjaan fovorit di bidang HRD yang biasanya menjadi incaran para mahasiswa fresh graduate.

Bukan tanpa alasan, profesi payroll kerap dibutuhkan berbagai perusahaan yang bergerak di segala bidang. Payroll officer memegang peranan yang cukup penting, tanpanya perusahaan tidak akan bisa melacak proses pengajian dan kondisi keuangan mereka.

Apa itu Payrol? Payroll officer adalah seorang spesialis kompensasi dan perpajakan yang bertugas untuk melacak informasi terkait penggajian perusahaan.

Apa perbedaan HRD dengan Payrol?

HRD adalah singkatan dari Human Resource Departement yang apabila diterjemahkan menjadi Depatemen Sumber Daya Manusia (SDM). Nah payroll adalah sub-posisi di dalam HRD, anggap saja sebagai percabangan.

Apa itu Payroll?

Payroll bisa diartikan sebagai mekanisme pembayaran atau penggajian yang sudah dilakukan oleh perusahaan ke pegawai dalam periode waktu tertentu.

Banyak yang menjelaskan jika mekanisme payroll sebagai mekanisme penggajian yang lebih kekinian di jaman sekarang ini. Payroll mempermudah sisi administrasi atau HR dari satu perusahaan dalam memberi gaji ke semua pegawai setiap bulannya.

Ditambah, untuk perusahaan bertaraf besar yang mempunyai jumlah pegawai sampai beberapa ratus atau bahkan juga beberapa ribu. Nampaknya, benar-benar susah bila hitung dengan manual saat memberi gaji ke pegawai.

Dalam mekanisme payroll, nanti pegawai akan diberi detil berkenaan elemen gaji yang diberi oleh perusahaan.

Misalkan, uang lembur, uang makan, sokongan transportasi, potongan pajak, dan BPJS. Dengan begitu, hal ini menolong pegawai, intinya pegawai baru, dalam pahami tiap detil gaji mereka /bulan.

Orang yang bertugas melakukan hal-hal tersebut adalah admin payroll atau payroll officer. Singkatnya seorang Payroll Officer bertanggung jawab atas penggajian karyawan.

Tugas dan tanggung jawab Payroll Officer

Bekerja sebagai admin payroll akan membuatmu mengemban tugas yang cukup memusingkan sekaligus menyulitkan. Hal ini karena posisi payroll yang berhubungan langsung dengan uang yang menjadikannya cukup berat dari segi tanggung jawab.

Jika kamu bekerja sebagai admin payroll, berikut ini tugas yang akan kamu lakukan:

1. Menyiapkan dan mencari absensi pegawai

Salah satu pekerjaan khusus dari payroll officer ialah untuk menyiapkan dan mencari mangkirsi pegawai.
Umumnya mereka lakukan ide ini mendekati hari penggajian pegawai.

Proses pencarian mangkirsi dapat berlainan setiap bulannya, sama sesuai jam kerja dan kedatangan pegawai.

Walau kelihatan remeh, tanggung jawab satu ini cukup penting agar tidak ada kekeliruan saat gaji pegawai dicairkan.

2. Pencatatan pegawai baru dan keluar

Pekerjaan seterusnya yang penting dikerjakan oleh tiap payroll officer untuk melakukan pencatatan pada pegawai baru dan keluar.

Ini terkait dengan pemberian gaji. Admin payroll perlu menginput identitas pegawai yang baru agar mereka bisa terima gaji di akhir bulan.

Begitu halnya menginput data pegawai yang akan resign atau kontraknya akan usai. Mereka perlu tentukan apa pegawai itu akan dikasih pesangon atau mungkin tidak.

Kemudian, mereka perlu hapus data pegawai itu sesudah hari terakhir kalinya di kantor selesai.

3. Membuat laporan gaji bulanan pegawai

Tugas membuat laporan gaji bulanan adalah pekerjaan khusus seorang Payroll Officer. Mereka biasanya melakukan pekerjaan ini dengan manual buat memberi validasi jika perusahaan sudah lakukan kewajibannya dengan teratur.

Tetapi, bersamaan berjalannya waktu, mereka sekarang bisa manfaatkan bermacam software payroll untuk kepentingan membuat laporan gaji.

Syarat Jadi Staf Admin Payroll

  1. Dapat mengoprasikan komputer.
  2. Bisa mengoprasikan Excel dengan baik sekali.
  3. Kuasai proses payroll dan penghitungan gaji.
  4. Pahami dan kuasai HR Sistem.
  5. Memahami berkenaan penghitungan PPh-21.

Apa Saja Kemampuan yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Staf Payroll?

Berikut ini ialah kemampuan yang diperlukan bila kamu ingin jadi seorang admin payroll, seperti berikut:

1. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Menjaga komunikasi merupakan hal yang penting dalam bekerja dimana saja kamu berada. Bila ingin jadi payroll staff, kamu harus kuasai kekuatan komunikasi dengan baik sekali.

Bisa saja, kamu ditugaskan untuk dapat mengontrol team, bekerja bersama dengan seksi lain atau bahkan juga memberi tutorial pada anggota lain berkenaan penggajian pegawai. Kekuatan komunikasi benar-benar diperlukan pada sektor ini.

2. Memahami Berbagai Peraturan

Kemampuan selanjutnya yang perlu kamu kuasai ialah memahami berkenaan peraturan karena payroll staf harus dapat pastikan jika semua proses penggajian dalam Perusahaan telah sesuai peraturan yang telah ditetapkan.

Karena bagaimana juga, ini terkait dengan perpajakan dan ketentuan hukum yang telah berlaku.

Baca juga: Pengalaman Melamar Kerja Lewat JobStreet

3. Bisa Mengoprasikan Piranti Lunak

Kamu harus kuasai software perkantoran seperti Ms. Office, Excel. Itu adalah kemampuan standar yang diperlukan menjadi admin payroll pada Perusahaan.

4. Sanggup Mencari Solusi

Kenyataannya jadi admin payroll ialah tugas yang kerap mendapati permasalahan. Misalkan saja seperti salah input, penghitungan atau bahkan dengan menyelimpang dari perpajakan dan lain-lain.

Maka dari itu, sebagai seorang staf payroll, kamu harus sanggup mendapati jalan keluar dan pecahkan permasalahan supaya tidak ada di periode mendatang.

Suka Duka Bekerja Sebagai Admin Payroll

Jika kamu ingin bekerja sebagai admin payroll ada baiknya kamu mengetahui apa saja suka duka ketika mengemban tanggung jawab dengan karyawan, khususnya penggajian.

Hal yang sudah pasti adalah kamu akan dibuat pusing dengan perhitungan yang rumit, seperti:

  1. Multi Salary Group
  2. E-Pay Slip
  3. BPJS Calculation
  4. PPh21 Gross, -Up, Mixed

Perhitungan secara manual akan memakan waktu yang tidak sebentar, ditambah jumlah karyawan mempengaruhi kecepatan dan keakuratan kamua dalam menghitung itu semua.

Selanjutnya jika kamu salah dalam melakukan penghitungan gaji ya siap-siap saja kena semprot atasan atau bisa-bisa dimusuhi oleh karyawan yang gajinya salah tadi. Itulah sedikit duka dalam bekerja sebagai Payroll Officer.

Namun jika ditanya tentang suka alias kelebihan dalam bekerja di bidang HR ini ya kamu akan mempunyai posisi yang cukup terpandang di ekosistem perusahaan. Bidang yang kamu kerjakan adalah area yang vital sehingga kemampuan kamu akan sangat diperhitungkan.

Baca jugaPengalaman Kerja Sebagai Pramugari Pesawat, Berapa Gajinya?

Lingkungan kerja yang nyaman, akomodasi ataupun alat penunjang pekerjaan yang selalu disediakan sekaligus insentif yang kamu dapatkan akan membuat pekerjaan kamu lebih nyaman.

Berapa Gaji Admin Payroll?

Rata-rata gaji dasar jadi staff payroll officer di Indonesia ialah sekitaran Rp. 4.206.928. Ini juga terhitung wilayah wilayah masing-masing di Indonesia.

Demikian aartikel tentang pengalaman kerja sebagai admin payroll, tugas dan tanggung jawab payroll officer sekaligus kualifikasi untuk menjadi payroll staff. Pekerjaan ini memang cukup sulit apalagi jika kamu bukan jebolan dari bidang HR.

Write A Comment