Pengalaman bekerja sebagai satpam- Jika kamu tertarik untuk bekerja sebagai satpam, ada baiknya kamu tahu apa definisinya, tugas, tanggung jawab, serta jam kerja supaya kamu memiliki gambaran mengenai profesi tersebut. Lantas, satpam itu apa?

Secara singkat, satpam adalah bentuk pengamanan swakarsa yang bertugas membantu POLRI dalam menyelenggarakan ketertiban umum, terbatas pada lingkungan kerjanya.

Satpam adalah warga negara swasta yang memberikan layanan untuk perlindungan properti dan orang untuk atasan atau majikan. Selain itu, satpam juga menerima gaji dari majikannya sesuai dengan undang-undang Komisinya.

Pengalaman Kerja Jadi Satpam

Ini adalah pekerjaan pertama saya dengan perusahaan independen. Kebetulan saya bekerja di toko mobil, sebagai bagian dari unit keamanan (namanya juga satpam). Tugas saya adalah membantu para penjaga menjaga kendaraan mereka agar tetap teratur, mengatur pemeriksaan fisik dan kendaraan setiap hari sehingga masalah apa pun dapat segera terdeteksi.

Saya sudah bekerja menjadi satpam selama dua tahun untuk beberapa perusahaan yang berbeda. Saya selalu bekerja dengan unit keamanan di toko mobil ini yang merupakan salah satu yang terbesar di kota. Tugas satpam di tempat ini adalah membantu unit keamanan untuk menjaga ketertiban kendaraan mereka, mengatur pemeriksaan fisik dan kendaraan setiap hari sehingga masalah apa pun dapat segera terdeteksi.

Hari-hari kerja dihabiskan bersama rekan-rekan yang mengajari saya semua tentang mobil yang harus kami kerjakan, serta mengenalkan saya dengan teknisi dan insinyur sementara mereka membantu saya mempelajari tugas pemeliharaan mobil.

Saya harus tahu bagaimana mengatur sekelompok kecil rekan kerja dan membantu mereka dengan tugas sehari-hari mereka. Saya memotivasi diri sendiri dan suka bekerja sama dengan orang lain.

Baca juga:   Pengalaman Telat Bayar Easy Cash, Apa Akibatnya?

Kerja Sebagai Satpam Pabrik

Selain bekerja di toko mobil, saya pun pernah bekerja di sebuah pabrik gula yang kerjanya tidak terlalu ribet, cenderung mudah asal stamina terjaga saja. Tidak enaknya saat bekerja itu paling jenuh karena tidak ada teman ngobrol dan apabila kita bekerja sesuai aturan perusahaan, dimana satpam ditugaskan untuk menjaga ketertiban supaya buruh patuh pada aturan pabrik.

Contoh kecilnya adalah jam pulang kerja, misalnya perusahaan menetapkan jam pulang pukul 2 siang tapi ada karyawan yang ‘nyolong’ jam kerja dengan pulang lebih awal. Sebagai satpam maka sudah selayaknya untuk mengingatkan mereka untuk mematuhi jam kerja, tapi apa daya satpam tak ada harganya di mata mereka.

Tidak digubris, sekalipun saya bentak malah mereka mengadu ke rekan yang lain hingga membuat saya dimusuhi satu pabrik. Itulah gak enaknya jadi satpam yang menjaga ketertiban lingkungan kerja malah jadi musuh para pekerja (nakal).

Ya, mungkin karena budaya orang Indonesia yang hobi malas-malasan jadi diingatkan untuk kerja sesuai prosedur sudah terasa berat bagi mereka.

Belum lagi urusan menjaga barang seperti inventaris perusahaan yang tidak boleh hilang atau dicuri.

Baca jugaCara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Surat Pengalaman Kerja

Mungkin ada yang berfikir kalau satpam itu enak. Tinggal duduk santai nonton Tv di pos jaga atau main mobel lejen, padahal walau kerjanya kelihatan santai begitu tapi tanggung jawabnya besar, karir satpam pun dipertaruhkan.

Bagi pabrik yang mengunakan sistem parkir konvensional (kuno) maka akan sedikit sulit untuk mendeteksi kejanggalan, seperti pencurian helm, bahkan pencurian motor.

Apalagi sistem kemanan parkiran di pabrik yang saya jaga nggak pakai STNK untuk keluar-masuk kendaraan, melainkan pakai kartu parkiran yang ada nomernya. Cuma ditulis aja di buku. Kartunya satu paket, satu dipasang di sepeda motor, satunya dibawa pemilik kendaraan.

Baca juga:   Pengalaman Bekerja Sebagai Kurir (JNE, J&T, Tiki) Berapa Gajinya?

Untuk masalah kehilangan motor sih masih belum terjadi tapi yang paling sering itu kehilangan helm. Helm adalah kelengkapan motor yang rawan sekali hilang karena mudah dibawa. Seorang satpam pun tak mampu mengawasi dan menandai ratusan helm hanya dengan mata dan ingatan saja.

Beberapa kali ditegur oleh atasan karena kasus pencurian helm, mau bagaimana lagi itu sudah tanggung jawab satpam. Beruntungnya parkiran sudah dilengkapi cctv sehingga mampu dilacak melalui ciri ciri helm maupun pelakunya. Bukan apa-apa, kasus seperti ini berpengaruh pada reputasi satpam selaku penanggungjawab keamanan.

Kadang ada juga karyawan yang meninggalkan kuncinya di motor bahkan mesinnya pun masih menyala. Bak undangan VIP bagi maling untuk mencurinya. Alasan karyawan adalah lupa karena buru-buru takut telat. Ya, memang manusiawi tapi bikin ketar-ketir kalau kecolongan beneran.

Kedatangan mereka yang telat juga kerap membuat parkiran carut marut. Naruh motor seenaknya yang penting masuk kerja. Kalau diingatkan malah lebih galakan mereka karena jumlahnya dirasa lebih banyak. Manusia yang hidup berkelompok punya kecenderungan untuk sewena-wena karena merasa punya kekuatan dan perlindungan.

Solusi mudah tapi cupu ya tinggal foto saja dan melaporkannya kepada Komandan Regu. Selanjutnya disampaikan ke kepala bagian pabrik supaya ditindak siapa saja yang melanggar.

Begitulah kerjaan satpam, jadi yang pertama dimintai pertanggung jawaban kalau kemalingan tapi giliran menegakkan ketertiban dan keamanan kerap diremehkan.

Gaji Satpam

Satpam gajinya berapa sih? Umumnya satpam digaji sesuai UMK masing masing daerah ditambah bonus dan tunjangan, biasanya sih kisaran Rp 3.000.000.

Tapi semua kembali kepada kesepakatan antara pekerja dan pemberi kerja.

Syarat Menjadi Satpam

Persyaratan Umum

  • Pendidikan Minimal SMA Atau Setara
  • Usia Maksimal 35 Tahun
  • Pria
  • Berpengalaman Sebagai Satpam
  • Bersedia Bekerja Dalam System Shift
  • Bebas Narkoba
  • Menyertakan SKCK
  • Lulus Tes Kesehatan
Baca juga:   Pengalaman Kerja Di PT Mitracomm Ekasarana

Pelatihan

  • Memiliki Sertifikasi GADA PRATAMA atau kemampuan bela diri

Tanggung Jawab Pekerjaan

  • Melaksanakan Pengamanan secara menyeluruh di lokasi kerja
  • Melakukan pemeriksaan pada tamu yang akan memasuki area perusahaan
  • Menahan KTP/SIM setiap tamu yang akan memasuki area perusahaan
  • Memeriksa setiap kendaraan yang masuk dan keluar

Penutup

Itulah pengalaman kerja sebagai seorang satpam, mungkin profesi ini tak banyak diminati tapi tetap saja banyak orang yang membutuhkan pekerjaan demi menunjang kehidupannya. Semoga tulisan ini dapat membantu kamu dalam memahami apa itu satpam, tanggung jawabnya, beban kerjanya sampai gajinya.

Jika tertarik untuk mencari tahu pengalaman kerja dan informasi seputar dunia kerja, silahkan kunjungi situs Rubuh.com, terimakasih sudah membaca!

Write A Comment