Pengalaman Kerja di PT Rifan Financindo Berjangka (RFB)

Jika kamu seorang pencari kerja pasti sudah sering melihat atau paling tidak familiar dengan PT Rifan Financindo Berjangka yang acap kali membuat lowongan kerja dengan berbagai posisi. Jika kamu berminat melamar di perusahaan tersebut, alangkah lebih baik jika kamu  mengetahui sistem kerja ataupun profil perusahaan.

Oleh sebab itu Rubuh.com akan membahas sedikit tentang profil dan pengalaman kerja di PT Rifan Financindo Berjangka yang diambil dari berbagai sumber, khususnya dari mereka yang pernah bekerja di sana.

Profil PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka (RFB) merupakan perushaan yang bergerak di bidang perdagangan komoditi atau pialang yang saat ini masuk ke dalam 10 daftar perusahaan pilang teraktif dari PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero).

Untuk legalitas berdirinya perusahaan, Rifan Financindo telah terdaftar di BAPPEBTI. Saat ini perushaan tersebut sudah melebarkan sayap di beberapa kota, sebut saja Jakarta (2 kantor), Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Pekanbaru dan Palembang.

Selain itu juga Rifan merupakan anggota dari bursa berjangka di Tanah Air, yakni Jakarta Futures Exchange (JFX) serta anggota dari Indonesia Derivatives Clearing House (KBI). Mereka berkomitmen untuk bekerja di bawah payung hukum bagi semua pihak dalam kegiatan perdagangan berjangka.

Produk Perdagangan

produk pt rifan financindo berjangka

Tugas dan Jabatan Karyawan Rifan Financindo Berjangka

Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur Organisasi PT. Rifan Financindo Berjangka beserta tanggung
jawab dari tiap posisi adalah sebagai berikut:

a. Chieff Bussines Officer
Bertanggung jawab sepenuhnya akan jalannya perusahaan, mulai dari aspek internal perusahaan sampai yang berhubungan dengan aspek eksternal perusahaan, CBO juga sering melakukan meeting bersama dengan VBM, BM, MM, DM dan ADM untuk meningkatkan kinerja dan juga memperbanyak margin.
b. Vice Bussines Manager
Merupakan tangan kanan CBO yang juga atasan dari Branch Manager, yakni bertanggung jawab untuk mengawasi kinerja Branch Manager sampai Account Executive.
c. Branch Manager
Merupakan kepala ruangan yang juga atasan dari Marketing Manager, yakni bertanggung jawab untuk mengawasi kinerja Marketing Manager sampai Account Executive pada masing– masing ruangannya.
d. Marketing Manager
Merupakan atasan dari Division Manager, yakni bertanggung jawab untuk mengawasi kinerja Division Manager sampai Account Executive dengan cara memberikan motivasi, support agar para anak buahnya cepat closing.
e. Division Manager
Division Manager bertugas menemani anak buahnya prospek dengan memberikan penjelasan – penjelasan yang akurat tentang perusahaan kepada calon nasabah yang di prospek, dan mengawasi kinerja para staffnya.
f. Senior Account Executive
Merupakan marketing yang telah menjadi senior, dalam artian SAE telah memiliki beberapa staff. 
g. Account Executive
Merupakan marketing yang memiliki tugas untuk mencari nasabah atau investor, belum memiliki anak buah dan belum mendapatkan gaji tetap dari perusahaan.
h. Secretary of Chieff Bussines Officer
Mencatat absensi harian seluruh staff back office,memberikan surat peringatan kepada back office bila menyalahi peraturan perusahaan, mengurusi seluruh keperluan staff back office seperti peralatan kantor, name tag, belanja bulanan untuk kebutuhan pantry dll.
i. Secretary of Marketing
Mengatur jadwal mobil yang akan dipakai oleh para marketing untuk melakukan prospek baik dalam kota maupun luar kota, memberikan surat peringatan bagi marketing yang menyalahi tata tertib perusahaan, mencatat daftar absensi harian marketing,mengurusi seluruh keperluan marketing seperti vehicle, kartu nama dll.
j. Staff Dealling
Memiliki beberapa tugas penting yaitu menyimpan data – data nasabah, menyampaikan harga saham yang ditawarkan dari bursa kepada pialang/investor pada saat transaksi, menentukan jadi tidaknya harga saham (deal or no deal) kepada pialang/investor, membuat laporan margin in–out kepada para manager maupun pimpinan baik laporan harian maupun laporan bulanan, membuat SP (surat peringatan) yang berkaitan dengan kondisi account investor.
k. Staff Accounting
Memiki tugas menghitung / mengurus gaji seluruh karyawan, mengurusi seluruh keperluan perusahaan, membuat laporan keuangan baik laporan harian maupun laporan bulanan, mengurusi simpan pinjam keuangan dan koperasi untuk seluruh karyawan
l. Staff Human Research Development
Bertugas untuk embuka lowongan pekerjaan, merekrut karyawan, melakukan interview, psikotes dan recruitment test untuk seluruh karyawan yang diterima di perusahaan.
m. Staff Research and Development
Memiliki tugas untuk menyajikan berita terkini dan analisa market setiap saat. Berita – berita utama, berita terakhir dari peristiwa – peristiwa ekonomi indikasi harga dan grafik untuk seluruh karyawan khususnya marketing.
n. Staff Receptionist
Memiki beberapa tugas yaitu menerima telepon ,baik telepon internal perusahaan maupun telepon eksternal, melakukan pegeing untuk arah prospek ataupun memanggil staff maupun marketing, mencatat tamu – tamu yang datang ke kantor dan encatat arah tujuan prospek pada setiap harinya. Receptionist juga harus hafal nama – nama seluruh staff maupun marketing dan juga harus hafal semua line telephone pada setiap ruangan di perusahaan
o. Staff Office Boy
Membersihkan seluruh ruangan kantor,termasuk halaman depan dan halaman belakang, membuatkan minuman untuk seluruh staff dan tamu atau nasabah, membersihkan pantry.
p. Staff Driver
Bertugas mengantarkan seluruh marketing untuk melakukan prospek baik dalam kota maupun luar kota, mengantarkan staff back office dalam hubungannya dengan pekerjaan kantor.
q. Staff Security
Mengatur jadwal driver yang akan mengantarkan marketing untuk prospek ke arah mana.mencatat arah prospek marketing, mencatat keluar masuknya tamu kantor, menjaga keamanan lingkungan kantor serta kenyamanan seluruh pegawai kantor.

Pengalaman Melamar Kerja di Rifan Financindo

Walaupun mempunyai profil perusahaan yang terbilang cukup meyakinkan dan terdaftar secara hukum, dalam artian legalitas perusahaannya jelas, bukan penipu. Namun, di sisi lain banyak sekali perusahaan pialang ataupun berjangka yang mempunyai sistem kerja ‘ngawur’ alias ‘curang’. Apa maksudnya?

Rifan Financindo sering membuka lowongan pekerjaan di berbagai posisi dengan nominal gaji yang menggiurkan dan kualifikasi yang tidak terlalu berat, lulusan SMK saja cukup. Contoh nominal gaji bisa dilihat di bawah ini:

gaji di pt rifan financindo berjangka

Pada waktu pertama kali datang untuk interview kerja di PT Rifan Financindo memang kantornya terlihat mewah dan profesional sekaligus meyakinkan.

Singkat cerita para calon karyawan diarahkan untuk menunggu di ruang training. Setelahnya staf HRD memberikan penjelasan mengenai gaji dan kontrak kerja, selesai memberi pengarahan para calon karyawan dibolehkan untuk pulang kemudian datang kembali esok hari di jam yang sama.

Tes kedua tentang pengetahuan dan pengenalan perusahaan PT Rifan Financindo Berjangka, lalu dilanjutkan dengan final interview. Anehnya, padahal namanya tes pasti ada yang gagal tapi tidak ada yang tersingkir alias keterima semua. Apakah itu artinya semua peserta adalah orang-orang pintar?

Baca jugaWajib Tau, Ini Daftar Nama Perusahaan Penipu

Keanehan kedua, saya melamar di posisi IT malah ditawari masuk ke divisi utama yang entah apa nanti kerjaannya.

On Job Training (OJT)

Karyawn yang sudah mengikuti tes seleksi kemudian mengikuti training selama tiga bulan yang jam kerjanya dimulai dari 8 pagi (biasanya). Pagi-pagi sampai kantor langsung mengikuti meeting pagi, selanjutnya langsung tugas kontakting alias menghubungi calon nasabah.

Peserta OJT ini dibekali teks untuk mempermudah percakapan supaya tidak gagap atau gugup saat komunikasi. Jika kontakting berjalan lancar maka dilanjutkan dengan janji temu dengan nasabah sesuai waktu yang disepakati, jika kamu tidak dapat appoitmen (APP) maka proses kontaking ini diulang terus sampai dapat.

Jika bertemu dengan (calon) nasabah Rifan Financindo Berjangka maka akan ditemani oleh atasan (SBC/SBM) untuk membantu menjelaskan prosedur kerja, benefit, perjanjian dan lain-lain.

Usai bertemu dengan nasabah, karyawan (kamu) akan mem-follow up nasabah untuk memastikan keseriusan mereka bergabung atau berinvestasi di Rifan Financindo. Jika bergabung maka kamu dapat ‘closing, kalau tidak ya balik lagi cari nasabah lain lewat kontakting.

Nominal investasi nasabah ini sangat besar, yakni Rp 100.000.000 ke perusahaan. Gila? Memang. Ya begitulah review kerja di Rifan Financindo. Semua peserta training ini melakukan prosedur yang sama untuk mencari nasabah, rumornya jika karyawan tidak dapat closing maka tidak akan digaji. Benarkah demikian? Simak terus ulasannya sampai selesai!

Tahap closing yang sudah selesai maka karyawan akan diberikan akses resmi serta surat kontrak kerja yang tidak memenuhi target closing maka tidak akan digaji serta syarat ketentuan lainnya. Enaknya sesudah closing maka bisa naik jabatan menjadi Senior Bisnis Konsultan (SBK) yang bertugas untuk mengejar target yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Ya kalau dipikir kerjanya sama aja, target-target juga.

SBK atau BC (Business Consultan) ini kalau kinerjanya bagus bakal naik lagi ke SBC (Senior Business Consultan). Tugasnya maintenance nasabah, memberikan analis nasabah dan lain-lain. Jabatan SBC membutuhkan pengetahuan seputar produk supaya lancar saat presentasi di depan calon nasabah.

Jika ditelaah lebih lanjut, PT Rifan ini mempunyai sistem kerja layaknya MLM yang jika karyawan baru naik jabatan maka diwajibkan untuk mencari karyawan untuk ditempatkan di posisi bawah, bisa dibilang ‘cari anak buah’. Makanya, gak heran kalau perusahaan pialang satu ini selalu buka lowongan kerja.

Gaji Karyawan PT Rifan Financindo

Seperti disinggung sebelumnya bahwa karyawan yang tidak dapat closing maka tidak akan digaji. Hal itu sama dengan perusahaan pialang berjangka lainnya seperti PT Best Profit Future yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Berikut ini daftar jabatan serta gaji di RFB:

  • Marketing: Rp 4.268.607 / bulan.
  • Konsultan Marketing: Rp 4.378.716 / bulan.
  • Finance: Rp 4.578.059 / bulan.
  • Manager Marketing: Rp 4.810.200 / bulan.
  • Staff Administrasi: Rp 4.885.892 / bulan.
  • Staff Administrasi Data: Rp 4.926.121 / bulan.
  • Staff Telemarketing: Rp 4.986.314 / bulan.
  • Assistant Manager: Rp 5.101.052 / bulan.
  • Staff Administrasi Keuangan: Rp 5.155.088 / bulan.
  • Customer Service: Rp 5.172.080 / bulan.
  • Staff Kantor: Rp 5.226.404 / bulan.
  • Business Analyst: Rp 5.228.674 / bulan.
  • Sales Promotion Representative: Rp 5.284.628 / bulan.
  • General Manager: Rp 5.367.710 / bulan.
  • Sekretaris: Rp 5.529.650 / bulan.
  • Business Development: Rp 5.622.373 / bulan.
  • Staff Sales dan Marketing: Rp 5.656.854 / bulan.
  • Staff Marketing: Rp 5.663.163 / bulan.
  • Business Development Manager: Rp 5.764.613 / bulan.
  • Public Relation Staff: Rp 5.766.328 / bulan.
  • Konsultan: Rp 6.059.888 / bulan.
  • Management Trainee: Rp 6.078.341 / bulan.
  • Resepsionis: Rp 6.333.543 / bulan.
  • Financial Consultant: Rp 6.520.572 / bulan.

Ada banyak sekali jabatan di posisi yang berbeda, namun sistem kerjanya mirip-mirip, pokoknya tidak jauh dari yang namanya cari nasabah – closing – gajian. Kalo gak target? Kalau gak closing? Ya kerja suka rela, tidak digaji!

Itulah hebatnya Rifan Financindo yang menipu tapi tidak terlihat menipu. Para karyawan baru, khususnya fresh graduate yang masih polos akan berfikir atau setidaknya kepepet dengan target closing tersebut. The power of kepepet inilah yang bisa menjadi pisau bermata dua, jika karyawan yang sudah berusaha keras, kerja serius tapi tetap tidak dapat closing maka kemungkinan besar dirinya akan mencari nasabah di ruang lingkup keluarga ataupun saudara.

Bayangkan, si karyawan baru tidak berfikir panjang (yang penting target) sedangkan nasabah ingin mendapat keuntungan lewat investasi padahal dua duanya tidak punya ilmu yang cukup dalam melakukan trading ataupun jual beli aset digital (emas misalnya. Selain itu juga jika nasabah tidak tau cara membaca data market maka keputusan untuk membeli maupun jual akan diserahkan kepada pihak pialang.

Pihak pialang sebenarnya dapat keuntungan tiap terjadinya transaksi, entah itu mau rugi atau untuk. Jadi tidak heran kalau mereka atau oknum ini menggunakan uang nasabah tanpa menganalisa market, toh sama-sama dapat untung.

Itulah kenapa banyak nasabah yang mengaku ditipu oleh Rifan Financindo, contohnya?

Kasus Dugaan Penipuan PT Rifan Financindo Berjangka:

  • https://www.suara.com/bisnis/2022/07/26/200152/pt-rifan-financindo-kembali-terjerat-hukum-usai-diduga-lakukan-penipuan-investasi
  • https://www.detik.com/sumut/hukum-dan-kriminal/d-6046141/mantan-kepala-cabang-bank-laporkan-penipuan-berkedok-investasi
  • https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220726134524-12-826257/diduga-menipu-rp600-juta-pt-rifan-dilaporkan-ke-bareskrim
  • https://www.radarbandung.id/2021/06/06/gmbi-kawal-kasus-penipuan-pt-rifan-financindo-berjangka-pn-bandung/

Para nasabah mengaku ditipu ratusan juta bahkan miliaran rupiah oleh RFB. Umumnya pelapor memang mengalami kerugian yang sangat besar karena nominal awal untuk berinvestasi adalah 100 juta rupiah. Oleh sebab itu nama PT Rifan Financindo Berjangka telah dibekukan BAPPEBTI karena tidak mengindahkan peringatan tertulis sebanyak lebih dari tiga kali berturut-turut.

Kelebihan dan Kekurangan Bekerja di PT FRB (Rifan Financindo Berjangka)

Tiap perusahaan tentu mempunyai sisi gelap dan terangnya masing-masing sekaligus jenjang karir yang berbeda. Oleh karena itu kamu perlu tahu apa saja kekurangan dan kelebihan perusahaan lewat penjelasan di atas. Berikut ini rangkuman plus minus kerja di RFB,

Kelebihan Bekerja di Rifan Financindo:

  • Fasilitas perusahaan yang disediakan untuk karyawan cukup baik dan lengkap, mulai dari database perusahaan, fasilitas telpon kantor hingga mobil kantor.
  • Memiliki jenjang karir yang cepat dan jelas apabila memenuhi target yang ditetapkan perusahaan.
  • Fasilitas lingkungan yang mendukung pengembangan diri dan meningkatkan pengetahuan karyawan.

Kekurangan Bekerja di PT RFB:

  • Gaji karyawan baru ditentukan oleh hasil closing nasabah. Dalam hal ini, kemampuan marketing sangat penting karena jika tidak closing maka tidak mendapat gaji.
  • Gaji karyawan yang sudah dipromosikan ditentukan oleh target perusahaan (No Target No Pay).
  • Akses gedung hanya diberikan kepada karyawan yang sudah membuat closing.

Nah itulah suka duka bekerja di perusahaan pialang yang sangat memprioritaskan target nasabah. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mencari pekerjaan yang baik sesuai bakat dan minat masing-masing.

rifan financindo

Tanya Jawab

Berapa lama waktu training?

Training ini tidak punya jangka waktu khusus. Selama kamu belum dapat nasabah (belum) closing maka selama itulah kamu training, namun kamu bisa langsung selesai training jika dapat nasabah, closing seminggu ya berarti selesai training, closing 3 bulan ya berarti selama tiga bulan kamu training.

Gampang gak sih dapat nasabah?

Susah, apalagi sekelas karyawan baru yang tidak punya koneksi apa-apa. Investasi awal nasabah adalah 100 juta, mungkinkah seorang karyawan punya koneksi ke orang kaya yang mudah melepaskan uang sebanyak itu ke orang lain.

Berapa salary atau gaji training?

2 juta jika closing, jika tidak ya gak digaji. Ingat prinsip (No Target No Pay).

PT Rifan Financindo bergerak dalam bidang apa?

PT Rifan Financindo Berjangka (RFB) adalah perusahaan pialang berjangka yang bergerak di bidang perdagangan berjangka komoditi (PBK) yang telah mendapatkan izin dari tahun 2000.

Berdasarkan keterangan Kamus Besar Bahasa Indonesia, pialang adalah perantara dalam kegiatan jual beli atau makelar. Sementara itu, menurut penjelasan di Finansialku.com, pialang atau broker adalah individu atau perusahaan yang menjadi perantara transaksi di antara investor dalam pasar modal.

Berapa komisi karyawan baru?

Tidak ada nominal pasti, karena komisi tergantung jumlah LOT Transaksi nasabah. 1 Lot Rp 150.000

Apakah perusahaan pialang itu haram?

Pialang adalah perantara antara pembeli (nasabah) dengan penjual (pedagang di BBJ) untuk memudahkan jual beli dengan upah yang telah disepakati sebelum terjadinya akad kerja sama tersebut. Dalam islam, hal ini diperbolehkan karena pialang berfungsi untuk membantu dan memudahkan nasabah.

Tetapi jika pihak pialang tidak mengungkapkan cara kerjanya secara transparan atau justru malah mengeruk keuntungan dari para nasabah maka dipastikan hal ini haram.

Jam kerjanya?

Seperti karyawan kantoran yang kerjanya dimulai dari Senin-jumat, masuk jam 8.00, pulang jam 17.00

Bagaimana ciri perusahaan penipu?

Jika namanya mengandung kata future dan berjangka maka kamu wajib mencurigainya, bukan berarti mereka penipu tapi kamu harus mewaspadai perusahaan yang bergerak di bidang tersebut. Anggap saja perusahaan itu benar-benar membayar mahal karyawannya, tapi dari mana uangnya? Hasil menipu nasabah atau apa?

Sempat dibekukan dan saat ini sudah dicabut, hal ini berdasarkan Surat Keputusan Kepala Bappebti No. 3, th. 2022 pada 8 April 2022, pembekuan kegiatan Usaha PT Rifan Financindo Berjangka telah dicairkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *