Pengalaman Kerja di PT Solid Gold Berjangka (SGB)

Pengalaman Kerja di PT. Solid Gold Jakarta

Pengalaman Kerja di PT Solid Gold Berjangka – Bagi yang sedang mencari kerja, mungkin kamu menemukan lowongan pekerjaan di PT. Solid Gold Berjangka (SGB) yang merupakan perusahaan pialang berjangka. Di Indonesia, terkadang jumlah pencari kerja dengan lowongan pekerjaan tidak sebanding, karenanya banyak pelamar yang terkesan membabi buta dalam mencari pekerjaan tanpa mencari tahu latar belakang pencari kerja.

Jika kamu ingin menyelidiki perusahaan tersebut maka data dari beberapa pengalaman kerja di PT. Solid Gold Berjangka akan sangat membantu kamu kedepannya.

Profil PT Solid Gold Berjangka (SGB)

Berdiri sejak tahun 2002, PT. Solid Gold Berjangka (“SGB”) merupakan perusahaan pialang berjangka terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Berpengalaman lebih dari 20 tahun di industri Perdagangan Berjangka Komoditi, SGB adalah anggota dari PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero).

Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa PT. Solid Gold Berjangka adalah perusahaan pialang berjangka terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Secara hukum, perusahaan ini resmi yang terdaftar di BAPPEBTI, legal, dan diawasi oleh hukum.

PT. Solid Gold Berjangka
PT. Solid Gold Berjangka Terdaftar di BAPPEBTI

Jadi tidak ada masalah dalam perizinan perusahaan. Selain itu SGB sudah beroperasi di industri perdagangan berjangka dan sekaligus anggota dari PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero).

Apa itu Pialang Berjangka?

Pialang Berjangka adalah badan usaha yang melakukan kegiatan jual beli komoditi berdasarkan Kontrak Berjangka atas amanat nasabah dengan menarik sejumlah uang dan surat berharga tertentu sebagai margin atau jaminan untuk menjamin transaksi tersebut.

Dalam bahasa Inggris, pialang dikenal dengan istilah broker. Pialang juga bisa dikatakan sebagai makelar.

Dimana Saja Kantor SGB?

Saat ini PT. SGB punya 6 kantor yang tersebar di Jakarta, Semarang, Palembang, Makassar, Manado, Bali. Bagi kamu yang berdomisili di kota tersebut mungkin sudah pernah melihat lowongan kerja di sana, atau bahkan sudah berniat untuk bekerja di sana?

Pengalaman Melamar Kerja di PT SGB

Pengalaman Kerja di PT. Solid Gold Jakarta

Pengalaman kerja ini diambil dari berbagai sumber yang pernah bekerja langsung di PT. SGB selama beberapa periode. Pertama, SGB membuka lowongan kerja dengan posisi yang beragam beragam, di antaranya sebagai berikut:

  1. Marketing Research
  2. Business Development Officer
  3. Management Trainee
  4. Assistand Manager
  5. Staff Management

Dengan persyaratan paling rendah untuk posisi MT adalah seperti di bawah ini:

  1. D1/D3/S1 dari semua jurusan (Lulusan baru dan lulusan SMA dipersilakan untuk melamar).
  2.  Memiliki pengalaman dalam kerja tim dan kepemimpinan.
  3. Komunikasi interpersonal dan keterampilan presentasi yang baik.
  4. Berorientasi pada pertumbuhan, cepat belajar, positif dan ‘sikap can-do’.

Program Management Trainee di PT. Solid Gold Berjangka secara strategis merencanakan pendekatan mereka (MT) kepada klien dan menawarkan solusi yang menarik untuk kebutuhan klien. Mereka juga bertanggung jawab untuk memelihara dan mengembangkan hubungan antara klien dan diri mereka sendiri.

Tanggung jawab:

  • Mendapatkan klien baru untuk kebutuhan menjadi investor dan menjaga hubungan dengan
    mereka
  • Membuat media plan dan promosi offline dan online
  • Memahami produk perusahaan ini, pesaing, dan posisi bisnis di pasar
  • Melakukan analisis pasar secara global dan ekonomi kondisi
  • Identifikasi perkembangan pergerakan pasar komoditas
  • Rencanakan pendekatan secara strategis kepada klien dan tawarkan solusi menarik untuk kebutuhan keuangan klien

Persyaratan:

  • Sarjana dari Segala Jurusan
  • Lulusan baru dipersilakan untuk melamar
  • Keterampilan kolaborasi lintas tim yang kuat -Memiliki pemikiran analitis yang baik dan kemampuan komunikasi yang sangat baik
  • Bergairah tentang industri bisnis, pemahaman tentang investasi sangat dihargai
  • Bisa bekerja sama dalam tim dan bisa menjadi pemimpin yang cakap
  • Mempunyai sikap positif dan bersemangat untuk belajar

Keuntungan

  • Fasilitas Tabungan berjangka untuk pembelian asset
  • Pelatihan bersertifikat dari BAPPEBTI
  • Mobil Kantor
  • Studio Podcast
  • Tempat Gym
  • Trip performance ke luar negri

Pengalaman Kerja di PT. Solid Gold Berjangka Semarang

Dalam persyaratan di atas disebutkan bahwa SGB hanya menerima sarjana, namun anehnya ketika melamar kerja untuk posisi tersebut saya langsung dipanggil untuk mengikuti tes dan wawancara di salah satu cabang perusahaan. Padahal saya bukan sarjana melainkan lulusan SMK yang masih bau kencur.

Singkat cerita saya datang ke kantor PT. Solid Gold Berjangka Semarang untuk mengikuti tes sekaligus interview HRD. Rupanya, kantor mereka terlihat profesional, bersih, dan ruangan untuk training pun ber ac. Selesai mengikuti tes, HRD bilang bahwa dalam beberapa hari kandidat akan dihubungi kembali untuk menyampaikan informasi kelolosan, untungnya tiga hari kemudia saya dinyatakan lolos.

Baca jugaPengalaman Melamar Kerja Lewat JobStreet

Pada saat training si HRD terkesan tidak terus terang menjelaskan profil perusahaan SGB yang bergerak di bidang apa dan bagaimana cara kerjanya, jadi terkesan si kandidat yang harus mencari tahu sendiri informasi tersebut.

Untuk detail pekerjaannya pun masih abu-abu, mereka hanya menjelaskan tentang keuntungan yang didapat dari transaksi klien lewat investasi mereka. Ya, selama tiga hari pelatihan kerja kita semua hanya mendapat iming-iming tanpa tahu seluk beluk pekerjaan yang akan kita kerjakan, bahkan nominal gajinya terlihat begitu menggiurkan.

Tapi saya teringat sebuah wejangan, sesuatu yang dijanjikan menjanjikan biasanya tidak menjanjikan. Benarkan demikian? Apa yang dijanjikan PT Solid Gold Berjangka tidak sesuai ekspektasi?

Kemudian tibalah waktunya hari pertama kerja, saya masuk ke ruangan tempat saya bekerja nanti. Ada yang aneh dimana ruangan tersebut tidak ada komputer, tidak ada berkas selayaknya kantor pada umumnya, yang ada hanya meja, kursi dan satu buah telfon kantor. Tampilannya tidak seperti ruang kantor tapi lebih mirip dengan ruang meeting.

Lagi-lagi manager memberi sedikit pengarahan dan sesi tanya jawab, kemudain ada salah satu rekan training yang bertanya soal gaji. Sampai saatnya manager menyebutkan jika kita tidak mendapat klien yang mau berinvestasi senilai Rp 100 juta maka kita tidak mendapatkan uang termasuk gaji pokok, gubrak!

Bak disambar petir, saya tersadar bahwa saya terkena genjutsu tanpa basa-basi saya langsung mengundurkan diri. Gila memang, dikira kenalan saya anak direktur pertamina, yang ada pengangguran madesu yang beli kopi pake gelas aqua, masak iya mereka saya suruh invest 100juta.

Apakah PT Solid Gold Berjangka Penipu?

Dari awal training memang sudah menunjukan kejanggalan dimana mereka (SGB) menawarkan atau mengiming-imingi komisi besar, bisa liburan di luar negeri, fasilitas VIP dan lain-lain. Setelah selesai masa training jika kamu masih melanjutkan kerja di PT Solid Gold Berjangka, maka kamu diminta untuk membuat daftar ‘ring’. Apa itu?

Daftar tersebut berisi nama-nama orang yang kamu kenal, misalnya (daftar ring 1) berisi teman, keluarga, saudara. Daftar ring 2 berisi orang yang di rekomendasikan oleh keluarga, teman, atau kenalan. Daftar ring 3 berisi orang asing yang tidak kita kenal.

Intinya, semua nama yang ada dalam daftar adalah mereka yang berpotensi menjadi nasabah atau investor. Selanjutnya kamu harus menghubungi mereka, kegiatan ini biasa disebut dengan APP.

Kegiatan APP (mencari nasabah) harus sampai ketahap closing alias dapat klien. Lalu kalau kita gak bisa closing gimana? Ya tidak dapat komisi. Tapi masih dapet gaji pokok, kan?

Sayangnya, SGB hanya memberi gaji pokok dengan syarat, apa saja? Kamu harus melakukan APP selama 20 kali dalam sebulan dan harus bisa narik calon pegawai lain sebanyak 10 orang. Jadi malah mirip sama MLM, ora umum!

Baca jugaPengalaman Kerja Sebagai Pramugari Pesawat, Berapa Gajinya?

Kalau syaratnya tidak terpenuhi ya kamu tidak dapat gaji sama sekali. Apes dong? Memang! Tapi, ada juga yang walaupun tidak mendapatkan 10 masih bisa dapat gaji pokok.

Gaji pokok aja pakai syarat biar bisa gajian, tapi ngasih aturan kerja juga ga lazim. Contohnya jika kamu telat masuk kerja, gaji pokok akan dipotong Rp 50.000.

Sumber dari poin di atas adalah dari thread di sini: https://kask.us/ixtYv

lowongan kerja penipuan dari pt solid gold berjangka

Mungkin tidak semua orang baru yang mendaftar akan bernasib serupa, namun hal itu setidaknya bisa menjadi bahan evaluasi bagi pihak SGB supaya tidak ada lagi kandidat karyawan yang merasa ditipu.

Ada banyak pemberitaan bahwa PT SGB diduga melakukan tindak penipuan, bukan ke karyawan melainkan ke nasabah mereka sendiri. Berikut pemberitaan miring tentang PT Solid Gold Berjangka:

  1. Bappebti Didesak Serius Tangani Dugaan Penipuan PT SGBhttps://www.dpr.go.id/berita/detail/id/30440/t/Bappebti+Didesak+Serius+Tangani+Dugaan+Penipuan+PT+SGB
  2. Tertipu Investasi Miliaran, Nasabah Datangi Kantor Solid Goldhttps://m.lampost.co/berita-tertipu-investasi-miliaran-nasabah-datangi-kantor-solid-gold.html
  3. Penipuan Lowongan Kerja, Modus Penipuan Investasi Ala PT Solid Gold Berjangkahttp://www.ashabul-muslimin.my.id/2021/09/penipuan-lowongan-kerja-modus-penipuan.html
  4. SGB Lampung Bantah Tuduhan Penipuan Nasabahhttps://portallnews.id/news/sgb-lampung-bantah-tuduhan-penipuan-nasabah/
  5. Jadi Korban Penipuan Hingga Miliaran, Nasabah Mengamuk di PT Solid Gold Berjangka Bandar Lampunghttps://jambi.tribunnews.com/2020/04/27/jadi-korban-penipuan-hingga-miliaran-nasabah-mengamuk-di-pt-solid-gold-berjangka-bandar-lampung.
  6. Tak Punya Izin, PT SGB Janji Kembalikan Dana Nasabahhttps://www.patrolipost.com/2717/tak-punya-izin-pt-sgb-janji-kembalikan-dana-nasabah/
  7. Mau tanya ini penipuan bukan ya?https://glints.com/id/en/komunitas/qna/mau-tanya-ini-penipuan-bukan-ya/y895VOqw/li
  8. Gugatanhttps://putusan3.mahkamahagung.go.id/direktori/putusan/zaebfaae758da1749de2323131343336.html

Itulah beberapa pemberitaan terkait indikasi penipuan yang dilakukan oleh PT SGB. Penulis mengambil data dari internet sekaligus menyertakan sumber terkait mengenai kebenaran informasi tersebut. Bukan bermaksud menyudutkan pihak Solid Gold Berjangka, tapi jika memang ‘bermain bersih’ maka tidak akan ada pemberitaan negatif dari situs berita nasional.

Sisi lain dari kabar di atas, jika memang ada nasabah yang merasa dirugikan maka pasti ada juga nasabah yang diuntungkan dengan berinvestasi di PT Solid Gold Berjangka.

Pengakuan Nasabah yang Didatangi Tim Marketing SGB

Ada dua orang yang datang, salah satunya saya kenal karena sebelumnya dia memang sudah ijin mau bertamu ke rumah. Mereka menjelaskan bahwa jika mau bergabung (investasi) modal yang dibutuhkan adalah Rp 200 juta lalu dapat 20 unit. Satu unit senilai 1 gram emas antam, 1 gram emas antam senilai Rp 800 ribuan.

Kok ada yang aneh, jika dihitung 20 unit = 20 gram emas
1 gram emas x Rp 800.000 = Rp 16.000.000
Masak modal Rp 200 juta cuma dapat ‘kembalian’ Rp 16 juta

Jika ditanya pertanyaan yang spesifik kebanyakan mereka tidak bisa jawab. Mereka hanya bilang kalau bisa menjual saat harga tinggi dapat 1 poin yang artinya untung 1 juta dalam sehari. Kalau jual pas turun ya rugi.

kerja di pt solid gold berjangka

Sumber: https://www.kaskus.co.id/thread/5b4c9b86c1d77017768b4569/gan-minta-info-ttg-pt-solid-gold-berjangka-semarang/2/?order=asc

Tambahan

Dikarenakan ada komplain dari pihak SGB maka penulis akan menyajikan poin yang sekiranya bisa jadi pertimbangan bagi calon karyawan maupun calon nasabah (investor). Pihak Solid Gold Berjangka hanya memfasilitasi transaksi perdagangan digital, masalah untung rugi maka kembali ke pribadi nasabah itu sendiri. Ada yang tipikalnya ingin kaya dengan cepat tanpa mengetahui fundamental dari perdagangan komoditi, jika sudah merugi yang disalahkan adalah pihak yang memfasilitasi yakni SGB.

Perdagangan digital mempunyai nilai pasar yang naik turun sehingga termasuk dalam instrumen yang beresiko, bisa untung besar dan tapi juga bisa rugi besar. Jika ingin masuk ke investasi perdangangan komoditi, maka pastikan kamu mengetahui sistem kerja yang digunakan perusahaan, legalitas perusahaan, dan fundamental dari trading itu sendiri.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=-f7p8YkbeR0&ab_channel=SolidGoldBerjangkaJakarta

Note: 
Semua sumber dari poin yang ditulis dalam artikel ini telah dicantumkan, silahkan kunjungi tautan yang disediakan pada tiap poinnya guna memvalidasi kebenaran tentang apa yang diberitakan. Penulis tidak megarang tulisan malainkan menyadur dari berbagai media serta portal berita.

Pertanyaan Seputar Kerja di PT. Solid Gold Berjangka

Apakah Bekerja di SGB Bisa Sukses?

Singkatnya, iya! Siapapun bisa sukses di suatu bidang asalkan dia menguasai dan ahli dalam bidang tersebut. Dalam hal ini kamu butuh yang namanya skil bicara dan mampu menjual apapun. Karena penulis malas untuk mengambarkannya, silahkan lihat saja film The Wolf of Wall Street

The Wolf of Wall Street

Apakah di PT Solid Gold Ada gaji pokok?

Tidak hanya mengandalkan gaji pokoknya saja, tetapi bisa mengandalkan akumulasi closingannya. Semakin banyak closing, semakin banyak total gaji karayawan PT Solid Gold Berjangka.

PT Solid Gold Berjangka penipuan apa bukan?

Sebenarnya PT Solid Gold Berjangka, merupakan perusahaan resmi, bukan investasi bodong. Namun modus para karyawan, marekting, pialang saham, hingga pimpinan yang dituding oleh nasabah telah melakukan penipuan.

Sumber: https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/30440/t/Bappebti+Didesak+Serius+Tangani+Dugaan+Penipuan+PT+SGB 

Apa yang dimaksud dengan perusahaan pialang berjangka?

Dikutip dari situs Bappebti, pialang Berjangka adalah badan usaha yang melakukan kegiatan jual beli komoditi berdasarkan Kontrak Berjangka atas amanat nasabah dengan menarik sejumlah uang dan surat berharga tertentu sebagai margin atau jaminan untuk menjamin transaksi tersebut.

Apa yang dimaksud dengan perdagangan berjangka?

Berdasarkan UU No.32/1997 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi, perdagangan berjangka adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan jual beli komoditi dengan penyerahan kemudian berdasarkan Kontrak Berjangka dan Opini atas Kontrak Berjangka.

Apakah PT Solid Gold Berjangka terdaftar di Bappebti?

Berdiri sejak tahun 2002, PT. Solid Gold Berjangka (“SGB”) merupakan perusahaan pialang berjangka terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Berapa Gaji Kerja di SGB?

Gaji pokok di bawah atau setara dengan UMK ditambah bonus dari rekruitment nasabah. Semakin banyak nasabah yang berhasil bergabung, semakin banyak komisinya.

 

 

Respon (2)

  1. Mohon maaf, sebelumnya untuk para editor dan penulis,saya memberikan klarifikasi terkait benar atau tidaknya seputar PT SOLID GOLD BERJANGKA,di semua cabang di Indonesia, bahwa PT Solid gold berjangka,tidak ada unsur penipuan, berkedok investasi.
    Dikarenakan kinerja staf bagian marketing dan education , kurang nya keterbukaan, keterbatasan pengetahuan tentang bidang tersebut.

    Saya mewakili calon kandidat terbaik, perwakilan dari kabupaten Pemalang, lulusan SMK Satya Praja 2 Petarukan, program 3 tahun, bersertifikat badan nasional sertifikasi profesi,dan sudah berpengalaman di dalam dunia teknik informatika,kurang lebih 10 tahun,dari Pendidikan dan belajar secara otodidak dirumah.

    Untuk editor, wartawan dan pihak terkait lebih berhati-hati untuk membuat berita acara dengan mengatakan bahwa PT Solid gold berjangka cabang manapun di Indonesia, tolong perhatikan kembali sebelum berita di posting diberbagai media sosial.

    Saya selaku calon kandidat PT SOLID GOLD BERJANGKA,bisa menuntut balik pihak pihak yang mengatakan bahwa PT Solid gold berjangka itu penipuan berkedok investasi emas dengan iming iming calon nasabah dan tidak memberi pemahaman edukasi kepada masyarakat khususnya masyarakat yang awam.

    Terimakasih atas perhatiannya, tolong kerja samanya demi kebaikan bersama .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *