Bagaimana rasanya bekerja di Indomaret? Pertanyaan tersebut mungkin menjadi krusial jika kamu ingin melamar kerja di gerai tersebut. Penulis akan berbagi sedikit tentang pengalaman bekerja di PT Indomarco Prismatama yang dihimpun dari beberapa sumber.

Setelah sebelumnya sukses dengan tulisan berjudul Pengalaman Bekerja di Alfamart, tak ada salahnya jika Rubuh.com berbagi gambaran tentang sistem kerja di pesaingnya. Semoga dapat membantu kamu dalam membuat keputusan, khususnya memilih pekerjaan.

Anak perusahaan dari Salim Group, yakni PT Indomarco Prismatama (Indomaret) adalah salah satu jaringan retail waralaba terbesar di Indonesia. Minimarket yang satu ini terkenal karena telah menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari bagi masyarakat Indonesia.

Ada pertanyaan menarik, yakni enakan kerja di Indomaret atau Alfamart?

Jawabannya sebenarnya sama saja, tinggal rekan kerja dan lokasi tokomu saja yang membedakan, secara garis besar semuanya sama. Atau kamu ingin mengetahui seluk beluk Alfamart lebih dalam sebagai bahan pertimbangan?

Silahkan kunjungi artikel berjudul Pengalaman Bekerja di Alfamart, Berapa Gajinya?

Tahapan Seleksi Karyawan Indomaret

Poin ini disadur dari beberapa pengalaman karyawan yang bekerja untuk Indomaret pada tahun 2013 ke atas, kemungkinan besar tahapan seleksinya masih sama sampai sekarang. Namun, karena pandemi mungkin saja ini membuat perbedaan dimana seleksi dilakukan tanpa tatap muka (online). Berikut adalah tahap-tahap yang harus dilalui calon karyawan sampai jenjang karir yang disediakan Indomaret:

1. Training. Pelatihan akan dilakukan di kantor pusat masing-masing daerah selama 2 minggu, biasanya pelatihan ini hanya mencakup teori dan sedikit praktek. Kemudian satu kali OJT  (On The Job Training) di toko dan meminta penilaian kerja dari pegawai toko yang bersangkutan.

2. Magang. Nah, status magang di sini lumayan enak karena ditempatkan di toko terkedat dari domisili. Masa magang bisa beberapa bulan dan tergantung kamu atau pihak toko ingin melanjutkannya atau tidak.

3. Karyawan Kontrak. Masa kontrak 1 tahun dan selama di kontrak, ijazah sebagai jaminan ditahan. Kalau sekarang sudah tidak ditahan lagi.

4. Karyawan Tetap. Jika kamu sudah di posisi ini, maka bisa dibilang kamu sudah lumayan aman karena banyak benefit yang akan kamu dapat, di antaranya:

  • Di jamin karyawan tetap.
  • Tersedianya fasilitas jamsostek.
  • Name tag bisa jadi potongan belanja Rp. 15000,- setiap 1 bulan sekali.
  • Seragam dan celana levis.
  • Uang pengobatan dari kontrak hingga tetap.
  • Tabungan hari tua khusus dari perusahaan.
Baca juga:   Beginilah Cara Bikin Slip Gaji Lewat HP

Kriteria dan persyaratan kerja di Indomaret

  • Pria, tinggi minimal 165 cm
  • Wanita, tinggi minimal 155 cm
  • Belum neikah
  • Pendidikan minimal SMA/SMK atau D3 semua jurusan
  • Usia maksimal 24 tahun
  • Siap di tempatkan di mana saja
  • Siap dengan system shifting
  • Siap bekerja pada hari libur, hari besar, hari libur nasional
  • Tidak bertindik
  • Tidak bertato
  • Tidak buta warna
  • Tidak menggunakan narkoba

JIka kamu ingin melamar kerja di Indomaret silahkan kunjungi link berikut: https://career.indomaretgroup.com/jobs – tenang saja, tersedia berbagai posisi di setial lokasi yang sesuai dengan domisili kamu.

Keuntungan Kerja di Indomaret:

  • Gaji tetap menyesuaikan UMK dan bisa naik sesuai jabatan kerja
  • Tidak terlalu banyak berfikir karena bekerja lebih mengutamakan tenaga
  • Dapat fasilitas lain selain gaji, seperti: BPJS ketenagakerjaan, tunjangan/tabungan hari tua, dapat diskon belanja sebulan sekali,
  • Sistem kerja shifting yang bisa direquest, kalau kamu suka begadang bisa minta masuk sif malam terus, hehe.
  • Ruangan kerja nyaman ber-AC dan bersih, yah walaupun tetap kamu (karyawan) sendiri yang membersihkan.

Resiko Kerja di Indomaret:

Kekurangan dan kelebihan bekerja di Indomaret nampaknya agak jomplang karena banyak sekali kekurangan yang saya temukan dari pengalaman karyawan Indomaret. Sepertinya memang banyak sekali karyawan yang menyimpan uneg-unegnya selama bekerja di sana. Tak perlu bertele-tele, mari kita simak kekurangan bekerja sebagai Crew of Store Indomaret berikut daftarnya:

1. Jam kerja ngaret. Sudah pasti jika kamu bekerja sebagai pramuniaga maupun kasir di Indomaret maka jangan berharap bisa pulang ontime karena pasti mundur 1-2 jam. Lho emang ngapain? Banyak hal yang harus diselesaikan sebelum pulang. Misalnya, ngisi dokumen, menghitung uang 1 sif, menghitung brankas, merapikan toko sebelum pulang, dll.

2. Gaji sering dipotong. Kamu tidak salah baca, gaji kamu bakal dipotong. Ini poin paling krusial karena banyak karyawan Indomaret yang memilih resign kalau sudah menyangkut uang.
Khusus bagi kasir, jika nomonal uang fisik hasil penjualan tidak sesuai dengan sistem, bisa lebih tapi lebih sering kurang, maka kamu harus mengantinya dengan uang pribadi.

Baca juga:   Cara Hitung Gaji Prorata atau Prorate

Begitu pula kalau terjadi barang hilang saat dilakukan pengecekan barang. Contoh, barang hilang totalnya Rp. 3.500.000 tapi batas toleransi Indomaret hanya Rp. 3bjuta, maka selisih Rp 500.000 adalah tanggung jawab seluruh karyawan toko.

Jika ada barang yang tanggal kadaluarsanya kelewat tidak bisa direture, maka karyawan wajib membeli/menganti barang tersebut. Belum lagi kalau ada yang tangan panjang, sengaja mencuri/memanipulasi penjualan demi keuntungan pribadi.

3. Begadang untuk SO (Stock Opname) atau penghitungan barang. Tau berapa banyak barang yang ada di toko termasuk gudang? Barang sebanyak itu dihitung dan dicocokan dengan database Indomaret. Penghitunngan dilakukan dari tutup toko (malam) sampai pagi (buka toko), kemudian langsung dilanjut kerja lagi. Kuat? Penulis tidak tau kapan waktu pasti dilakukan SO.

4. Pergantian harga. Dilakukan saat tutup maupun buka oleh semua karyawan di luar jam kerja. Menganti harga semua barang yang dipajang tentu butuh waktu berjam-jam. Gimana, masih kuat?

5. Loyalitas tanpa batas. Mulai dari jam kerja ngaret, melakukan SO dan pergantian harga semuanya dilakukan di luar jam kerja dan dilakukan secara cuma-cuma (gratis). Jam kerja kamu tetap 9 jam, di luar itu kamu tidak dapat apa-apa walaupun lembur berjam-jam.

6. Ekstra sabar menghadapi konsumen. Kamu akan berhadapan dengan berbagai macam orang dan wajib bersikap ramah melayani mereka. Ingat kejadian viral, dimana ada oknum yang protes karena ada telur seharga Rp. 13.000? “Telur apa ini 13 ribu?!” yang dimaksud adalah Kinderjoy.

Berapa Gaji Karyawan Indomaret?

Gaji karyawan Indomaret minimal adalah setara dengan UMR masing-masing tempat kamu bekerja. Misalnya kamu kerja di Jogja maka akan dapat UMR Jogja, begitu juga kota lain.

Gaji UMR ini berlaku untuk karyawan baru yang belum naik pangkat, apalagi kalau bekerja di dalam toko bukan di kantor Indomarco. Ada banyak faktor sih untuk mengukur gajinya, silahkan simak poin-poin di bawah ini:

  1. Pertama, gaji karyawan Indomaret sangat bergantung pada posisi jabatannya. Sebagai contoh, kasir umumnya menerima gaji antara Rp 2.000.000 – Rp 4.000.000 per bulan. Sementara itu, pramuniaga mendapatkan gaji di kisaran Rp 2.000.000 – Rp 2.900.000 per bulan.
  2. Posisi lain seperti Inventory Control (IC) dan Quality Assurance (QA) memiliki gaji yang lebih tinggi, yaitu Rp 2.200.000 – Rp 2.500.000 dan Rp 4.000.000 – Rp 6.000.000 per bulan
  3. Tugas yang lebih kompleks dan tanggung jawab yang besar pada posisi merchandiser, sopir, dan cook helper dihargai dengan gaji yang lebih tinggi, mulai dari Rp 2.500.000 – Rp 4.500.000 per bulan.
  4. Terakhir, office boy mendapatkan gaji di kisaran Rp 1.800.000 – Rp 2.200.000 per bulan.
Baca juga:   Cara Menghitung Gaji Karyawan Freelance

Faktor Lain yang Mempengaruhi Gaji

Selain posisi jabatan, gaji karyawan Indomaret juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, seperti:

  1. Pengalaman kerja: Semakin lama pengalaman kerja, semakin tinggi gaji yang diterima.
  2. Lokasi toko: Gaji di kota besar umumnya lebih tinggi daripada di daerah kecil.
  3. Upah Minimum Regional (UMR): Gaji karyawan Indomaret di setiap daerah mengikuti UMR setempat.
  4. Tunjangan: Selain gaji pokok, karyawan Indomaret juga berhak mendapatkan tunjangan, seperti tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi, dan tunjangan makan.

Gaji karyawan Indomaret bervariasi tergantung pada berbagai faktor. Dengan mengetahui informasi ini, kamu dapat memiliki gambaran yang lebih jelas tentang gaji yang ditawarkan Indomaret untuk berbagai posisi.

Lainnya

  • Gudang Rp 3,826,465/bulan
  • Staff Lapangan Rp 3,666,672/bulan
  • SPB Rp 3,594,457/bulan
  • Helper Rp 3,019,695/bulan
  • Drafter Rp 3,741,694/bulan

Baiklah sekian saja artikel mengenai pengalaman kerja di Indomaret, semoga bisa membantu kamu yang ingin mencari atau bekerja di bidang tersebut.

Situs ini memang berfokus pada sharing alias berbagi pengalaman kerja di berbagai bidang dan berbagai perusahaan. Tujuannya untuk memberi gambaran bagaimana rasanya bekerja di sana, berapa gajinya, apa plus minusnya, cocok tidak dengan persona kita, dan lain-lain.

Terimakasih sudah membaca, salam.

 

Write A Comment

close